Blustru Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 09, 2019
 Pada artikel kali ini akan dibahas perihal manfaat buah blustru bagi kesehatan. Apakah anda mengenal blustru? Bagai manakah ciri cirinya?. Agar tidak penasaran ihwal blustru tersebut mari simak artikel dibawah ini.

 Blustru merupakan tanaman semak atau liar yang banyak ditanam dipekarangan rumah, atau pun banyak tumbuh ditepi sungai atau semak semak. Tanaman ini tumbuh merambat sehingga jikalau ditanam sering dirambatkan pada pohon ataupun dibikin kayak pagar untuk perambatannya. Blustru merupakan salah satu tumbuhan yang praktis ditanam serta simpel dalam pemeliharaannya. Blustru sering dimanfaatkan sebagai sayuran dan jikalau sudah matang sabut blustru sering dijadikan sebagai alat untuk menggosok ketika mencuci perabotan rumah tangga.

 Blustru sendiri merupakan tanaman yang termasuk kedalam suku labu labuan serta mempunyai nama ilmiah luffa aegyptica. Selain nama blustru orang mengenal tanaman ini dengan nama luffa. Namun tanaman blustru mempunyai nama yang berbeda disetiap kawasan. Nama lain blustru disetiap kawasan antara lain :
Oyong, Lopang (Sunda)
Blestru, Bestru (Jawa)
Timput, Ketola, Hurung jawa (Palembang)
Dodahala (Halmahera)

Blustru Kaya Manfaat Bagi Kesehatan
Blustru Kaya Manfaat Bagi Kesehatan (Sumber : google.com)

 Blustru merambat dengan sulur sulur dan memiliki panjang batang sekitar 3-10 meter. Daun berwarna hijau muda untuk potongan bawah daun dan berwarna hijau renta untuk daun potongan atas serta daun blustru merupakan daun tunggal. Sementara untuk bunga berwarna kuning pada mahkota bunga dan berkelamin tunggal dalam setiap pohon. Buahnya sendiri berbentuk lingkaran memanjang dengan panjang 10-40 cm serta selindris. Disamping itu buah blustru sendiri memiliki ciri ynag khas yaitu terdapatnya garis tengah disetiap buah dengan ukuran panjang 10 cm. Blustru yang masih muda berwarna hijau yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran sedangkan blustru yang sudah bau tanah berwarna coklat yang sering dimanfaatkan sabutnya sebagai alat gosok mencuci perabotan rumah tangga. Blustru memiliki biji dalam buah dengan warna hitam gepeng serta licin.

 Blustru memiliki banyak sekali kandungan kimia yang bermanfaat bagi kesehatan badan kita. Bagian yang dimanfaatkan dari blustru bagi kesehatan yaitu semua penggalan blustru mampu dimanfaatkan. Sehingga tidak ada bagian blustru yang tidak bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Blustru mempunyai sifat sejuk, serta rasanya manis.

 Kandungan kimia dari blustru

Buah mengandung : luffein (zat pahit), saponin triterpen, cucurbitacin dan citruline.
Batang dan daun mengandung : tanin serta saponin
Biji mengandung : protein, minyak lemak, cucurbitacin B, squalene, spinasterol.
Sabut mengandung : vitamin A, vitamin B, vitamin C, galactan, mannosan, manitosa, xylan, sellulose, xylose, galaktosa, saponin.
Getah mengandung : vitamin B, vitamin C, protein, xylan, lendir, saponin, lemak.
Bunga mengandung : arginin, asam aspartat, glutamin, alanin dan lisin.

 Telah dibahas diatas bahwa seluruh cuilan dari blustru mampu dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Untuk lebih detail wacana belahan pecahan dari blustru yang dimanfaatkan untuk kesehatan badan berikut indikasinya :

Tangkai : cacar pada anak anak
Daun : luka bakar, terlambat tiba bulan, digigit ular, kurap, panu, sesak napas, bisul dan radang testis.
Buah : perdarahan, keputihan, rasa haus, sukar buang air besar, demam, haid tidak teratur, kerikilk sesak, ASI tidak lancar.
Akar : payudara abuh, sakit tenggorokan, migrain, bisul susah pecah, sakit pinggang.
Bunga : wasir, batuk, sakit tenggorokan, bisul, sinusitis.
Kulit Buah : luka, bisul, jerawat diujung usus besar.
Biji : cacingan, wasir, kaki abuh, muka abuh, tangan bengkak, sakit pinggang, kencing batu.
Sabut : rematik sendi, sakit dada, wasir, bisul, pegal linu, sakit perut, abuh payudara, telat tiba bulan, sakit pinggang, watuk berdahak, bisul, Asi tidak lancar.
Arang Sabut : menghentikan pendarahan.
Batang : abuh, tiba bulan tidak teratur, hidung berlendir, rasa baal.

1. Migrain
 Untuk mengatasi kasus migrain menggunakan blustru yang digunakan adalah akaranya. Siapkan akar blustru yang sudah dicuci bersih sebanyak 150 gram. Setelah itu potong menjadi beberapa serpihan kemudian rebus menggunakan air sebanyak 3 gelas serta tambahkan telur bebek sebanyak 2 butir. Biarkan air rebusan yang tadinya 3 gelas menjadi 1 gelas saja. Angkat, saring dan biarkan sampai cuek. Minumlah air rebusan tersebut sampai habis kemudian telur belibis yang ikut direbus dimakan sesudah minum ramuan akar blustru.

2. Obat Sakit Pinggang
 Untuk mengatasi sakit pinggang memakai blustru mampu dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan biji dan menggunakan akar blustru.
- Biji : Siapkan biji blustru secukupnya kemudian disangrai seakan-akan biji kopi. Setelah itu biji blustru tersebut dihaluskan dengan cara digiling. Jika ingin menggunakan untuk sakit pinggang cukup dengan 10 gram abu biji blustru kemudian masukan kedalam air arak sebanyak ½ seloki lalu aduk serta biarkan mengendap. Minumlah air endapan sampai habis dan endapan debu biji blustru dioleskan pada pinggang yang sakit secara merata.
- Akar : Siapkan akar blustru secukupnya dan sudah dicuci higienis. Setelah itu akar blustru tersebut dibakar dengan cara diletakan diatas genting atau sejenisnya akar tidak eksklusif terkena bara api. Kemudian akar blustru tersebut dihaluskan hingga benar benar halus sehingga berupa serbuk. Untuk penggunaaan sama dengan menggunakan biji blustru. Lakukan secara teratur.

3. Melancarkan Haid
 Haid yang tidak teratur membuat kaum perempuan merasa terganggu bahkan ada yang mengalami berbagai gejala. Untuk mengatasi masalah tersebut cobalah menggunakan blustru sebagai solusinya. Untuk mengatasi kasus haid yang tidak lancar yang dipakai dari blustru adalah buahnya. Ambil buah blustru sebesar 5 jari lalu diparut. Seduhlah buah blustru yang sudah diparut tersebut dengan air panas sebanyak setengah gelas dan tambahkan garam secukupnya. Aduk sampai rata kemudian peras untuk diambil airnya. Minumlah ramuan tersebut hingga habis serta lakukan cara tersebut sehari 3 kali.

4. Melancarkan ASI Saat Menyusui
 Untuk melancarkan ASI pada ibu menyusui menggunakan blustru cukup mudah. Konsumsilah buah blustru dengan cara dibikin sayur bening serta tambahkan daun katuk. Lakukan secara teratur sehingga ASI menjadi lancar. Ingat ASI sangat diperlukan bagi bayi sehingga atasi sesegera mungkin kasus ASI yang kurang lancar.

5. Obat Batuk Yang Disertai Sesak
 Batuk yang disertai sesak memang sangatlah mengganggu serta susah untuk bernafas. Cobalah atasi perkara tersebut memakai bunga blustru sebagai alternatif obat tradisional alami. 10 gram bunga blustru dicuci higienis kemudian direbus memakai air sebanyak 4 gelas. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa 1 gelas kemudian angkat dan saring. Tambahkan madu secukupnya dan setelah acuh taacuh ramuan tersebut diminumsampai habis dengan aturan minum sehari 3 kali. Lakukan secara rutin hingga kerikilk yang disertai sesak benar benar sembuh.

6. Mengatasi Bisul yang Tidak Pecah
 Bisul sangatlah menggangu dan mampu menimbulkan demam. Jika bisul tidak mau pecah cobalah atasi dengan tumbuhan blustru. Ambilah akar blustru secukupnya kemudian dicuci sampai bersih. Setelah itu akar blustru tersebut dipotong potong kemudian direbus menggunakan air sebanyak 4 gelas. Biarkan sampai air rebusan tadi tersisa satu gelas. Angkat, saring dan sesudah air rebusan tersebut hangat gunakan untuk mengompres bisul yang tidak mau pecah.

7. Obat Sesak Napas
 Daun blustru ternyata sanggup dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi perkara sesak napas. Hal ini dikarenakan dalam daun blustru terkandung unsur yang mampu mengatasi sesak napas tersebut. Ambilah daun blustru muda sebanyak 5 lembar kemudian basuh higienis agar terbebas dari basil dan penyakit. Setelah itu daun blustru tersebut diasapkan sebentar sampai layu. Makanlah daun blustru tersebut sebagai lalap bersama nasi. Lakukanlah 2 kali sehari secara teratur supaya menerima hasil yang diinginkan.

 Blustru memang merupakan suatu tumbuhan yang tidak sepopuler pare atau sejenisnya. Namun walaupun begitu blustru mempunyai manfaat yang tidak kalah baiknya bagi kesehatan badan. Pemanfaat blustru bagi kesehatan juga sangat mudah dan mampu dilakukan sendiri di rumah. Maka manfaatkanlah blustru sebaik mungkin semoga menerima manfaat yang diinginkan.

 Perhatian : Bagi ibu hamil tidak dianjurkan untuk meminum atau memakan ramuan dari tumbuhan blustru karena mempunyai imbas sampin yang kurang baik bagi kesehatan mereka. Selain ibu hamil, orang yang mempunyai kasus dengan fungsi limpa juag tidak dianjurkan mengonsumsi ramuan dari blustru.

Tampilkan Komentar