Manfaat Sayur Sawi dan Sayur Toge

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 24, 2019
Manfaat sayur sawi dan sayur toge - pada artikel sebelumnya juga sudah diterangkan manfaat sawi secara umum, akan tetapi sawi memiliki banyak macam, yang memiliki perbedaan baik dari segi bentuk, warna dan juga manfaat, pada artikel ini akan dibahas perihal manfaat sayur sawi hijau dan manfaat sayur sawi putih.

Seperyi sayur hijau lainnya, sawi hijau memiliki kandungan senyawa fitonutren yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sawi hijau memiliki jumlah kalori yang rendah sekitar 29 kkal 100g serta tinggi akan serang yang dapat membantu memelihara pencernaan dan dapat menurunkan berat badan. Sawi hijau merupakan sumber vitamin A, C, E , K, betakaroten, minerla, antioksidan, kalsium, kalium, magnesium,selenium, zat besi, zeng, mangan dan masih banyak lagi. Yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitamin K nya dapat menyehatkan tulang dan menjaga kekuatannya.

Sawi hijau merupakan muara anti-oksidan flavonoid, sulforaphane, indoles, karoten, zeaxanthin dan lutein yang dapat menyembuhkan beberapa jenis kanker mirip kanker rahim, kanker ovarium, kanker prostat, kanker payudara serta kanker-kanker lain. Sawi merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh yang dapat melindungi tubuh dari rsaudara termudaal bebas.

Menkonsumsi sayur sawi hijau secara rutin dapat mencegah penyakit arthritis, anemia, masalah tulang, kanker, jatung dan penyakit lainnya. Vitamin A pada sawi dapat meningkatkan daya penlihatan dan menjaga kesehatannya.

Sedangkan sawi putih memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

Sawi putih dapat meningkatkan imunitas tubuh serta mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh. Sawi juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Sawi putih juga memiliki senyawa yang bernama Goitrogen yang dapat menyembuhkan gondok.

Kandungan asam folat pada sawi sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Serta dapat menjadi alternatif mengobati anemia karena dapat membantu proses pembentukan sel darah mera.

Selain kedua jenis sayur diatas masih ada pembahasan lain yakni mengenai sayur toge. Inilah beberapa manfaat sayur toge:

1. Meregenerasi kulit

Toge dapat dijsaudara termudaan sayuran yang dapat mencegah penuaan dini sehingga kita akan awet muda. Toge memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal rsaudara termudaal bebas.

2. Selusi kesuburan
Kandungan vitamin E pada toge dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesuburan wanita mirip masalah menstruasi toge juga dapat meningkatkan kesuburan dan memepercepat kehamilan

3. Menyehatkan pencernaan

toge dapat menjaga keasaman pada lambung serta melancarkan pencernaan dan melindunginya dari serangan bakteri yang mengyebabkan penyakit.

4. Untuk kecantikan

Toge dapat mengatasi beberapa masalah kulit mirip noda hitam pada wajah, kulit kering, kulit berjerawat. Toge juga dapat menghaluskan serta mengencangkan kulit

5. Menyehatkan tulang

Kandungan estrogen pada touge diyakini dapat meningkatkan keptata caraan tulang, memelihara kesehatan tulang dan menjauhkannya dari resiko osteoporosis.

Tampilkan Komentar