Manfaat Sayur Kol dan Sayur Oyong

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 14, 2019
Manfaat sayur kol dan sayur oyong - Sayuran ini memeliki bentuk bulat yang terdiri dati daun-daun yang bertumpuk. Daun pali luar biasanya berwarna kehijauan dan yang muda atau baian dalamnya berwarna putih. Kol sering dihidangkan sebagai lalapan atau ditumis serta sering dibuat untuk pelengkap sayur sop. Ko kaya akan nutrisi mirip: serat, mineral, dan merbagai macam vitamin mirip vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K. Kol juga mengandul kalsium, kalium, magnesium, sulfur. Kol memeliki kandungan lemak yang sangat sedikit sekitar 0,1 g, mengandung 15 kalori dalam setian 70 gram kol dan 4,3 g karbohidrat sehingga kol merupakan pilihan yang tepat untuk berdiet. 

Berikut beberapa manfaat sayur kol :

1. Menyehatkan otak

Kol mengandung vitamin K dan anthocyanins yang bermanfaat meningkatkan daya ingat serta menjaga kesehatan otak. Nutrisi dalam sayur kol dapat mencegah terjadinya kerusakan pada saraf serta dapat menyembuhkan penyakit pikun.

2. Menyehatkan mata

Dalam buah kol terkandung vitamin A yang tinggi hal ini membuat kol dapat melindung dan menyehatkan mata, kol juga dapat menangkal katbir yang sering menyerang orang yang telah berumur.

3. Menyehatkan pencernaan

Kol dapat menyehatkan pencernaan, hal ini di karenakan kol tinggi akan kandungan serat. Kandungan sulfur dan mineralnya juga dapat melancarkan saluran pencernaan yang membuat kita jauh dari penyakit diare atau sembelit.

4. Menyehatkan kulit

Kol memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat menjaga kulit tetap terlihat muda dan kencang, kol juga dapat menjadi anti aging yang ampuh karena merupakan sumber vitamin E.

5. Detoksifikasi tubuh

Vitamin C dan sulfur yang melimpah pada sayur kol dapat membuang racun pada tubuh serta melindungi hati dari kerusakan. Kol juga dapat memperbaiki jaringan sel-sel yang rusak dalam tubuh, meningkatkan sistem imun tubuh dan melancarkan metabolisme.

Selain kol, sayuran yang memiliki kulit berwarna hijau dan berwarna putih pada bagian dalamnya yang memiliki banyak manfaat merupakan sayur oyong, oyong memiliki kandungan gizi mirip: energy, lemak, karbohidrat, protein, vitamin A, C, B1 dan K. Juga mengandung kalsium, kalium, sodium, zat besi, fosfor dan mineral. 

Berikut beberapa manfaat sayur oyong:

1. Meringankan ashma

Banyak orang percaya bahwa sayur oyong dapat meringankan sesak nafas atau ashma pada seseorang.

2. Mengobati radang usus

Kandungan dalam oyong dapat mengobati radang usus. Kandungan seratnya juga dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan.

3. Meringankan radang tenggorokan

Kandungan vitamin dalam oyong terutama vitamin C dapat meringankan radang tenggorokan. Apabila anda terserang radang tenggorokan, cukup minum jus oyong yang ditambah dengan madu.

4. Mengatasi mata panda

mata sering kali terdapat lingtenggelam hitam apabila terlalu lelah, oyong dapat mengatasi masalah tersebut. Kandungan vitaminnya dapat menjadi antioksidan alami untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Menyembuhkan penyakit cacingan

Anak seringkali terserang penyakit cacingan. Biji oyong yang sudah tua dapat dijsaudara termudaan obat untuk mengatasi penyakit cacingan yang diderita anak.

Tampilkan Komentar