Manfaat Buah Alpukat dan Tomat Bagi Ibu Hamil

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Maret 16, 2019
Manfaat buah alpukat dan tomat bagi ibu hamil – Buah yang satu ini banyak sekali digandrungi banyak sekali kalangan, karena rasanya yang gurih dan enak disantap dengan banyak sekali kombinasi. Selain rasanya yang enak, buah alpukat mengandung banyak sekalii nutrisi yang baik untuk tubuh. Terutama bagi ibu hamil karena kandungan asam folatnya yang tinggi.


Berikut beberapa manfaat buah alpukat bagi ibu hamil

1. Mencegah terjadinya deformitas

Asam folat yang terkandung dalam alpukat membantu dalam perkembangan oragan tubuh janin. Kekurangan asam folat ketika kehamilan dapat menyebabkan deformitas tulang pada janin, yang mengyang akan terjadikan susunan gigi tidak teratur karena adanya gangguan pada rahang.

2. Mencegah cacat syaraf pada janin

Asam folat dalam alpukat juga dapat mencegah terjadinya cacat pada syaraf janin.

3. Mencegah komplikasi

Asam folat pada alpukat juga dapat mencegah komplikasi yang sering terjadi pada ibu hamil, mirip anemia, susah tidur atau insomnia, perubahan mood dan tekanan darah tinggi.

4. Asupan Kalsium

Alpukat juga mengandung kalsiumyang berguna sebagai zat pembentukan dan pembangunan tulang pada janin.

5. Penuh dengan vitamin E, C, K

Buah alpukat kaya akan vitamin, diantaranya vitamin C yang dapat menambah sistem kekebalan tubuh ibu agar tak mudah sakit, vitamin E yang berperan dalam metabolisme dan vitamin K yang membantu pembentukan sel darah merah, vitamin K juga membantu dalam pembentukan tulang pada janin.

6. Mengandung B1, B2 dan B6

Alpukat kaya akan B1, B2 dan B6 yang membantu ibu mengurangi rasa mual yang sering terjadi ketika masa kehamilan. B2 pada lpukat juga dapat membantu pengraian makanan agar mudah diserap oleh janin. Sedangkan B6 dapat meningkatkan daya tahan ibu hamil

7. Mengatasi masalah pencernaan

Karotenoid yang terkandung dalam alpukat dapat membantu ibu hamil mengatasi masalah pencernaan mirip peradangan dalam lambung dan peradangan pada usus halus

8. Penyerapan nutrisi

Mengkonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu penyerapan nutrisi sehingga nutrisi janin terpenuhi dalam perkembangannya serta dapat mencegah janin dari serangan banyak sekali.

Selain buah alpukat, buah tomat juga sangant bermanfaat bagi ibu hamil, Berikut beberapa manfaat buah tomat bagi ibu hamil

1) Mencegah masalah kehamilan

tomat mengandung banyak kalsium yang sangat dibutuhkan ibu hamil. kalsium pada tomat dapat mencegah terjadinya masalah selama kehamilan baik pada ibu maupun pada janin mirip kram, pengeroposan tulang, masalah pertumbuahan tulang janin, serta masalah perkembangan janin.

2) Pemulihan jaringan

Vitamin A yang terkandung dalam buah tomat dapat mempercepat pemulihan jaringan ketika setelah persalinan dan mencegah infeksi.
3) Membantu pembentukan plasenta

Tomat kaya akan vitamin C yang membantu penyerapat zat besi yang sangat dibutuhkan ibu hamil dalam pembentuklan plasenta, serta membantu ketika proses melahirkan.

4) Pembentukan sel otak janin

Tomat juga mengandung protein yang bermanfaat dalam pembentukan darah, serta pembentukan cairan ketuban dan pembentukan sel-sel janin. Protein pada tomat juga berguna dalam pembentukan sel otak dan sel antibodiserta menjaga agar tulang ibu hamil tetap sehat dan kuat.
5) Sumber energi

Karbohidrat yang terkandung dalam tomat membantu pembentukan energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dalam proses pembentukan plasenta, sel janin, pembuluh darah. Tomat juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh ibu hamil serta merupakan cadangan lemak yang baik bagi ibu hamil.

6) Mengatasi masalah pencernaan

Likopen dan betakaroten dalam buah tomat sangat membantu mengatasi diare pada ibu hamil dan gangguan pencernaan lainnya, tomat juga dapat menjaga fungsi liver ibu hamil agar tetap sehat.

Tampilkan Komentar