Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut Dan Manusia

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Desember 11, 2018
Manfaat Terumbu Karang Bagi Kehidupan Manusia dan juga bagi biota laut itu sendiri, Terumbu Karang mirip yang dapat kita baca terdiri dari Dua kata, Kata pertama terumbu yang bisa kita artikan sebagai endapan batu kapur, merupakan kalsium karbonat, yang dihasilkan oleh hewan karang dan biota-biota lain, Dan Kata kedua merupakan Karang yang mana bisa kita artikan sebagai sejenis hewan yang berasal dari ordo Scleractinia yang bisa menyekresi kalsium karbonat.

 Bagi Kehidupan Manusia dan juga bagi biota laut itu sendiri Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut Dan Manusia
Ilustrasi Keindahan Terumbu Karang

Akan tetapi Terumbu Karang tidaklah bisa di artikan secara terpisah karena jikalau di artikan perkata maka pengertianya mirip di atas, dan maksud dari terumbu karang itu merupakan Sekompulan ekosistem di bawah Laut penghasil kapur (CaCO3) khususnya jenis-jenis karang batu dan alga berkapur, bersama-sama dengan biota yang hidup di dasar lainnya mirip jenis-jenis moluska, krustasea, ekhinodermata, polikhaeta, porifera, dan tunikata serta biota-biota lain yang hidup bebas di perairan sekitarnya, termasuk jenis-jenis plankton dan jenis-jenis nekton.

Nah itu merupakan makna dari Terumbu Karang yang sesungguhnya, semoga kita sudah mengerti ya pengertian dari terumbu karang yang sebenarnya, baiklah kita akan masuk kebagian inti dari artikel ini, yakni manfaat terumbu karang bagi kehidupan, Nah silahkan simak di bawah ini.

Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut 
  1. Secara alami, terumbu karang merupakan tempat asli bagi banyak spesies laut untuk melkamikan pemijahan, peneluran, pembesaran anak, makan dan mencari makan (feeding & foraging), terutama bagi sejumlah spesies yang memiliki nilai ekonomis penting. 
  2. Banyaknya spesies makhluk hidup laut yang dapat ditemukan di terumbu karang menjsaudara termudaan ekosistem ini sebagai gudang keanekaragaman hayati laut. 
  3. Saat ini, peran terumbu karang sebagai gudang keanekaragaman hayati menjsaudara termudaannya sebagai sumber penting bagi aneka macam bahan bioaktif yang dibutuhkan di bidang medis dan farmasi.
Manfaat Terumbu Karang Bagi Manusia
  1. Sumber ikan dan makanan laut lainnya yang mengandung protein tinggi.
  2. Melindungi pantai dan penduduk dari hantaman ombak dan arus.
  3. Sumber penghasilan bagi nelayan (tangkapan ikan).
  4. Kekayaan pariwisata bahari yang berdaya jual tinggi (memancing, menyelam, snorkeling).
  5. Sumber kekayaan laut yang bisa digunakan sebagai obat-obatan alami.
  6. Sebagai laboratorium alam untuk pendidikan dan penelitian. 
Nah banyak sekali tidak manfaat dari terumbu Karang bagi kehidupan insan ataupun kehidupan laut itu sendiri, makanya kami miris banget ketika mendengar informasi wacana pengeboman terumbu karang dan hal sejenisnya, itu perbuatan yang sangat tidak bertanggung jawab dan juga menghancuran keindahan dasar laut yang terbentuk secara ratusan tahun, Mari kita sama-sama jaga Kehidupan di dasar laut di daerah kita, Sampai di sini dulu ya artikel kali ini, baca juga artikel sebelumnya yang telah kami berikan pada kesempatan lalu yakni Manfaat Buang Rosella

Tampilkan Komentar