Manfaat dan Fungsi Kalium Untuk Kesehatan Tubuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Desember 23, 2018
Manfaat Kalium - Kalium mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, mirip yang kita ketahui semuanya bahwa kalium ini merupakan elektoit yang memepunyai peran yang cukup banyak untuk menjalankan fungsi tubuh insan sehari-hari. Kalium bersifat basa dan 5% kalium ini berasala dari total kandungan mineral yang ada ditubuh kita. Kalium mudah diserap, tapi hampir 90% nya akan dibuang melalui ginjal, sehingga ia juga sangat penting untuk mengeluarkan limbah atau racun dari dalam tubuh. dan ketika kalium bekerja dengan natrium, Kalium akan mengatur air dan keseimbangan asam-basa dalamk sel-sel tubuh.

 Kalium mempunyai peranan yang sangat penting bagi  Manfaat dan Fungsi Kalium Untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Sumber Kalium

Dalam tubuh yang sehat, tubuh  secara alami akan menyeimbangkan kadar kalium. Namun, penyakit-penyakit yang mempengaruhi ginjal dan hati dapat menguras kadar kalium tubuh melalui buang air kecil yang berlebihan maupun karena kelurnya keringat yang begitu banyak. Kehilangan cairan yang berlebihan, mirip halnya  diare atau muntah dan juga dikala kita berlatih begitu sering, juga dapat menguras kadar kalium dalam tubuh. Karena itulah kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium apalagi bagi para atlet karena atlet ini selalu melkamikan aktifitas yang menguras tenaga mirip atlet pesepeda dan atlet lari ini merupakan salah satu olahraga yang banyak mengeluarkan cairan tubuh merupakan keringat bila kita terlalu banyak mengeluarkan kan keringat dan tidak diimbangi dengan asupan makanan yang mengandung kalium tubuh kita akan mengalami lelah dan mudah capek.

Kandungan kalsium bisa kita dapat dari buh-buhan dan sayuran tetapi biasanya para olahragawan lebih sering memilih minuman olahraga untuk mendapatkan asupan kalsium, tetapi setelah diteliti dabandingkan dengan minuman olahraga ternyata  buah pisang dianggap sebagai penghasil energi alami dalam dunia kebugaran. Sebuah studi penelitian mendukung anggapan ini, dimana daya tahan pesepeda lebih berlimpah ketika ia mengonsumsi pisang ketimbang minum minuman olahraga. Karena itu kita harus lebih jeli lagi bila ingin menambah jumlah kalium ditubuh kita, di bawah ini merupakan sayuran dan buah-buhan yang banyak mengandung kalium.

Sumber Makanan Yang Kaya Kalium
  • Pisang
    Tahu kah anda ternyata satu buah pisang berukuran sedang memiliki kandungan 524 miligram kalium. Sekitar 11 persen dari 4.700 miligram pisang harus dikonsumsi untuk mendapatkan tenaga ekstra. Wah banyak sekali ya kandungan kaliumnya jadi mulai sekarang jangan pernah nolak ya kalau disuruh makan pisang
  • Kentang
    selain pisang kentang juga mempunyai kandungan kalium yang tinggi. Kentang yang berukuran medium memiliki kandungan kalium sekitar 442 miligram dan mendorong antioksidan beta karoten.
  • Kacang
    Beberapa varietas kacang kaya serat dan protein. Satu cangkir kacang putih kaya kalium sebesar 1.189 miligram. Satu cangkir kacang kapri memiliki 707 miligram kalium. Satu cangkir kacang kedelai memiliki kandungan kalium 970 miligram.
  • Alpukat
    Satu buah alpukat mengandung lebih dari dua kali kandungan kalium pada pisang. Yakni sebanyak 975 miligram,
  • Ikan
    sekitar 85 gram ikan halibut dalam kemasan memiliki kalium sebanyak 449 miligram. Makanan laut yang baik selain halibut merupakan salmon dan simpanseng.
Sekarang udah tau kan ternyata untuk mendapatkan asupan kalium gak perlu makan, makanan yang mahal banyak yang murah meriah mirip pisang. kalium ini memiliki bisanyai manfaat yang sangat penting bagi tubuh antara lain merupakan:

Manfaat Kalium Untuk Kesehatan Tubuh
  • Mengurangi tekanan darah tinggi
    Para ilmuan telah menterperincikan bahwa suplemen kalium bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah Tinggi . Studi yang lain menunjukkan bahwa peningkatan asupan kalium mengurangi risiko kematian hasil penyakit kardiovaskular. Sementara itu tidak semua studi menyetujui dengan efek ini, karena Para peneliti tak menemukan pengaruh suplemen kalium terhadap tekanan darah. Kesimpulan tengah yang bisa diambil merupakan, mungkin mengambil kalium bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi bila penderita tidak mendapatkan cukup mineral ini.
  • Menambah Kecerdasan otak
    Kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak yang sehat. Ia juga membantu membawa oksigen ke otak, agar mendapat makanan yang cukup. Kalium juga berperan mengirimkan neurotransmitter di otak agar dapat mengirim sinyal kepada saraf. Mineral ini juga penting agar saraf kita bisa sehat, sehingga bisa bekerja dengan normal.
  • Menjaga Kesehatan Ginjal
    Ternyata Kalium juga bekerja  untuk menjaga kalsium, agar tidak membentuk batu pada ginjal.  dari pembentukan batu. Ginjal akan menyaring kalium dan mengeluarkannya melalui urine. Dengan demikian, bisa dikatakan kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal
 Sekarang anda sudah taukan manfaat dari kalium ternyata kalium ini mempunyai manfaat yang begitu banyak dalam menjaga kesehatan tubuh kita. semoga artikel kami kali ini bermanfaat untuk anda semua ya. Baca Juga artikel sebelumnya yakni penterperincian Metabolisme.

Tampilkan Komentar