Pengertian Manfaat Dan Fungsi Klorofil

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 09, 2018
makna, manfaat dan fungsi Klorofil. Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan istilah “klorofil”.  Klorofil berasal dari Bahasa Inggris , chlorophyll yang berarti  zat hijau daun. Klorofil  merupakan pigemn yang dimiliki oleh aneka macam organisme dan menjadi salah satu molekul yang memiliki peran utama dalam fotosintesis.
Klorofil memberi warna hijau pada daun tumbuhan hijau dan alga hijau, tetapi juga dimiliki oleh aneka macam alga lain, dan beberapa kelompok bakteri fotosintetik. Molekul klorofil menyerap cahaya merah, biru, dan ungu, serta memantulkan cahaya hijau dan sedikit kuning, sehingga mata insan mendapatkan warna ini. Pada tumbuhan darat dan alga hijau, klorofil dihasilkan dan terisolasi pada plastisida yang disebut kloroplas.
 Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan istilah  makna Manfaat Dan Fungsi Klorofil
ilustrasi
Fungsi Klorofil
Klorofil merupakan salah satu metabolism sekunder yang potensial. Zat hijau daun ini tak hanya penting, dalam proses fotosintesis tumbuhan saja, tetapi juga sangat berguna untuk menunjang kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.
Seorang penelitian bernama Franz Miller menganjurkan penggunakan klorofil sebagai obat istimewa kerena keberadaannya dapat memperbaiki kondisi kesehatan yang buruk. Selain itu klorofil juga merupakan zat pewarna hijau bagi tumbuhan.
(Campnbell.A, 1974) Klorofil atau yang biasa dikenal dengan zat hijau daun, sama sperti namanya merupakan kandungan yang menyebabkan warna hijau pada tanaman.
Apa yang dilkamikan klorofil? Klorofil ini akan menyerap energi dari matahariuntuk memfasilitasi berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan. Klorofil ini dalam tanaman sama mirip darah pada insan. Zat ini sangat berperan dalam fungsi metabolism mirip pertumbuhan dan respirasi (pernapasan) tumbuhan. Yang lebih menarik lagi, komposisi kimia klorofil hamper sama dengan komposisi darah insan.
Bedanya, atom pusatl klorofil merupakan magnesium sedangkan atom pusatl insan merupakan besi. Hal ini, ditambahkan dengan pentingnya klorofil dalam proses metabolism tumbuhan menarik perhatian ilmuan untuk mencari tahu kemungkinan apakah klorofil bisa mendatangkan manfaat yang sama pula pada insan.
Hasilnya, banyak penelitian yang telah menemukan manfaat dari klorofil bagi kesehatan insan yang mengkonsumsinya.

Manfaat klorofil bagi kesehatan
  1. Klorofil mengandung antioksidan, antiperadangan, dan zat yang bersifat menyembuhkan luka. Kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat lain dari klorofil :
  2. Klorofil berfungsi membantu pertumbuhan dan perbaikan tumbuhan
  3. Klorofil membantu menetralkan polusi yang kita hirup maupun yang kita dapatkan melalui asupan makanan. Karena itu, klorofil merupakan suplemen yang sangat bagus bagi perokok.
  4. Klorofil secara efisien melepaskan magnesium dan membantu darah membawa oksigen yang dibutuhkan ke semua sel di jaringan-jaringan tubuh.
  5. Klorofil juga terbukti berfungsi mengasimilasikan kalsium dan mineral-mineral berat lainnya.
  6. Klorofil potensial dalam menstimulus sel-sel darah merah untuk menyediakan suplai oksigen.
  7. Bersama dengan vitamin lain mirip vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E, klorofil terbukti bisa membantu menetralkan rsaudara termudaal bebas yang berusak sel-sel dalam tubuh.
  8. Klorofil juga berperan sebagai deodoran dalam mengurangi bau verbal, air seni, sisa pembuangan, serta menghilangkan bau badan.
  9. Klorofil juga mengurangi kebisaan zat-zat karsinogen untuk mengikat diri pada DNA dalam organ-organ utama dalam tubuh.
  10. Klorofil bermanfaat dalam mengatasi gangguan hasil pembentukan batu kalsium oksalat.
  11. Klorofil juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi luka secara
Manfaat lain dari klorofil merupakan membersihkan : misalnya, bekerja untuk membersihkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami dan tanpa efek samping.
Menyeimbangkan : misalnya, membantu menyeimbangkan hormon dan kandungan asam basa dalam tubuh yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh insan untuk memaksimalkan kondisi tubuh yang sehat.
Demikian Uraian Lengkap Tentang Klorofil, sahabat-sahabat jangan lupa membaca artikel kami sebelumnya yang tentunya tidak kalah menarik, yakni Manfaat Tumbuhan Kaktus, selamat membaca.

Tampilkan Komentar