Manfaat Pohon Pinus Untuk Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Oktober 12, 2018
Manfaat Pohon Pinus - Pohon pinus kadang di kenal juga dengan nama Tusam, Pohon Pinus sendiri sering di samakan dengan Pohon cemara hanya saja Pohon Cemara temasuk family Casuarinaceae sedangkan Pinus termasuk family Pinaceae, pinus di kenal dengan aromanya yang harus, sehingga sering orang menjsaudara termudaanya sebagai Terapi.
 Pohon pinus kadang di kenal juga dengan nama Tusam Manfaat Pohon Pinus Untuk Kesehatan
Pohon Pinus
Akan tetapi tidak hanya itu Pinus juga memiliki manfaat lain yang berguna untuk kesehatan tubuh insan, mau tau mirip apakah atau apa sajakah manfaat dari pohon pinus itu sendiri, mari kita coba telusuri lagi, akan tetapi sebelum lebih jauh ada baiknya kalau sahabat-sahabat membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya yakni manfaat bunga anggrek, nah kalau sahabat-sahabat sudah membaca mari langsung simak manfaat tusam di bawah ini

Manfaat Pohon Pinus Untuk Kesehatan

Mengurangi stres
Penelitian di Universitas Kyoto Jepang menunjukkan bahwa berjalan-jalan di hutan pinus selama 15 menit per hari bisa menurunkan stres. Jika di daerah Anda sulit menemukan hutan pinus, maka ini bisa diganti dengan menggunakan minyak esensial pinus atau cemara. Selain meredakan stres, aroma pinus juga bisa menenangkan emosi.

Sembuhkan bronchitis
Kebisaan pinus tak hanya untuk menenangkan diri, tetapi juga bisa meredakan pilek, sinus, sesak napas, dan ronchitis. Caranya mudah, tambahkan tiga tetes minyak esensial pinus pada semangkuk air panas. Kemudian tutupi kepala Anda dengan handuk, dan hirup aroma pinus melalui hidung dan lisan.

Flavonoid dan vitamin C
Pada tahun 1940-an peneliti Prancis menemukan bahwa kulit pohon pinus dan daun jarumnya mengandung banyak vitamin C. Tak hanya itu, mereka juga menemukan bahwa pohon pinus sarat akan antioksidan, ialah flavonol dan bioflavonoid.

Senyawa ini kemudian diekstraksi menjadi Pycnogenol dan dipasarkan menjadi suplemen diet. Pycnogenol juga digunakan sebagai obat jet lag, meringankan peredaran darah, nyeri lutut, kram menstruasi, bahkan obat untuk meningkatkan memori pada orang lanjut usia.

Redakan nyeri otot
Minyak pinus juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot. Caranya, tambahkan lima tetes minyak pinus dengan dua sendok minyak sayur. Lalu pijatkan pada bagian tubuh yang nyeri otot. Namun pilih minyak pinus P. Pinaster, tidak Scotch pinus (P.sylvestris). Scotch pinus bisa membuat kulit iritasi..

Siapa yang menyangka kalau Pohon Tusam juga memiliki manfaat yang beragam untuk kesehatan ya, maka dari itu mari kita selalu lestarikan Hutan ini, dan jagalah lingkungan tempat tinggal kita, jangan hingga terjadi polusi dan sebagainya, ini untuk kesehatan bersama, Oke hingga ketemu lagi di artikel berikutnya, semoga sahabat-sahabat bisa mengambil manfaat dari artikel kali ini, saya ucapkan terima kasih banyak.

Tampilkan Komentar