Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   September 02, 2018
 Buah Mengkudu sangat bermanfaat bagi kesehatan, mengobati batuk, menyembuhkan demam, menjaga daya tahan tubuh, obat TBC.


  Semua pasti tahu bahwa buah ini banyak mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan. Kenapa mampu begitu? jawabannya karena didalam buah mengkudu terkandung banyak zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat yang terkandung dalam buah mengkudu sangat lengkap antara lain mengandung nutrisi, protein, vitamin, mineral, alizarin, proxeronine, magnesium, sodium, elemens, phenylalanine.
Banyak cara untuk menerima manfaat dari buah mengkudu ini. Bisa dimakan eksklusif, dibentuk jus, atau dengan cara lain. 

Berikut beberapa manfaat dan cara pengolahan buah mengkudu

1. Mengobati Batuk
 Buah mengkudu ternyata mampu mengobati batuk. Caranya: Ambilah satu buah mengkudu matang, kemudian rebuslah buah mengkudu tersebut dengan 3 gelas air dan biarkan hingga tinggal separuhnya. Saring dan biarkan dingin. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari secara rutin.

2. Menyembuhkan Demam
 Caranya: siapkan buah mengkudu yang matang dan kencur. rebuslah ke-2 bahan tersebut dengan 2 gelas air dan biarkan hingga airnya tersisa satu gelas. Saring dan minumlah ramuan tersebut pagi dan sore hari.

3. Obat Hipertensi
 Untuk mengatasi kasus hipertensi atau dengan kata lain darah tinggi mampu menggunakan banyak sekali bahan alami diantaranya ialah memakai buah mengkudu. Penggunaan buah mengkudu untuk penyakit hipertensi memang sudah dikenal semenjak dahulu kala. Caranya : Haluskan 2 buah mengkudu yang benar-benar sudah masak dengan cara diblender sampai benar-benar halus. Setelah itu mengkudu yang telah diblender tersebut disaring sehingga terpisah antara air dan ampasnya. Minumlah air buah mengkudu tersebut sampai habis secara rutin dan teratur. Karena rasa serta aroma buah mengkudu kurang yummy bisa dicampurkan madu.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh
 Daya tahan tubuh merupakan pertahan badan dalam mencegah berbagai serangan terhadap kesehatan. Jika daya tahan tubuh mengalami penurunan, bukan mustahil tubuh akan mengalami berbagai kasus atau timbulnya aneka macam penyakit. Untuk itu, menjaga serta meningkatkan daya tahan badan sangatlah diharapkan. Salah satu cara menjaga serta meningkatkan daya tahan badan yaitu dengan buah mengkudu. Buah mengkudu ini akan menjaga serta meningkatkan fungsi kelenjar timus serta kelenjar tiroid. Caranya yaitu buah mengkudu diblender lalu disaring dan airnya diminum secara rutin dan teratur.

5. Mengatasi Kulit Bersisik
 Buah mengkudu selain bermanfaat untuk kasus kesehatan penggalan dalam tubuh, bisa juga bermanfaat untuk potongan luar tubuh yaitu mengatasi masalah kulit bersisik. Kulit bersisik ini diakibatkan lantaran kurangnya asupan nutrisi yang baik untuk kulit. Agar kulit kembali menjadi sehat dan terhindar dari kulit bersisik cobalah atasi memakai buah mengkudu. Caranya sangat simpel cukup dengan menggosokan buah mengkudu yang sudah matang pada penggalan kulit secara merata. Biarkan beberapa menit agar senyawa yang terdapat dalam buah mengkudu dapat terserap secara maksimal oleh kulit. Bersihkan kulit hingga higienis dengan air dan ulangi cara tersebut secara teratur dan rutin.

 Selain itu buah mengkudu juga bermanfaat untuk:


- Mengobati Tumor

- Mengobati kanker

- Anti basil

- Mengobati alergi

- Menormalkan Tekanan Darah

- Mengobati radang akses kencing

- Obat penyakit kuning

- Sakit tenggorokan

- Obat TBC

 Perhatian:
  Buah mengkudu mempunyai efek samping yang kurang baik bagi ibu menyusui, ibu hamil, mampu mengakibatkan penyakit ginjal, liver. Oleh karena itu disarankan bila ingin memanfaatkan buah mengkudu bagi kesehatan alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

 
 Itulah ulasan perihal Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan. Baca juga artikel ihwal Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan dan Penyakit Lupus dan Cara Pengobatannya. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat dan ada karenanya.

Tampilkan Komentar