Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Agustus 11, 2018
 Daun sirih merupakan salah satu tanaman orisinil Indonesia yang banyak keuntungannya bagi kesehatan. Daun sirih mengandung banyak sekali zat yang baik bagi kesehatan. Manfaat daun sirih bagi kesehatan sebagai obat batuk, mengobati mimisan, obat keputihan, obat luka bakar, obat jerawat, mengobati diare.

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan
Gambar daun sirih (Sumber google.com)

 Kebanyakan orang tua zaman dahulu mengunyah daun sirih yang diyakini menyebabkan gigi berpengaruh dan tidak berlubang. Mengunyah daun sirih biasanya dicampur dengan gambir, pinang ataupun kapur. Namun, daun sirih banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan selain untuk menguatkan gigi.

Daun sirih (Piper Betle) merupakan tanaman merambat dan salah satu tanaman asli Indonesia. Tanaman ini biasa merambat ke pohon pohon dan banyak dijumpai di hutan. Daun sirih banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan lantaran dalam daun sirih banyak terkandung zat yang mampu dimanfaatkan bagi kesehatan.

Zat yang terkandung dalam daun sirih antara lain :

1. Minyak atsiri
2. Tanin
3. Fenil propana
4. Kavicol
5. Cyneole
6. Pati
7. Gula
8. Seskueterpena
9. Diastase
10. Estragol
11. Kavibetol
12. Cadinene
13. Hidroksikavicol
14. Caryophyllene
15. Allylpyrokatekol

Beberapa manfaat daun sirih sebagai tanaman obat serta bagaimana cara meramu dan menggunakannya sebagai obat :

1. Obati pendarahan pada hidung / mimisan
 Caranya: Ambilah 1 lembar daun sirih muda dan lumatkan hingga halus, kemudian gulung sambil ditekan sehingga keluar minyak. Gunakan untuk menyumbat hidung.

2. Mengobati batuk
 Caranya : Rebus 8 lembar daun sirih memakai 4 gelas air dan biarkan hingga tinggal separuhnya. Minumlah air rebusan tersebut dan tambahkan 1 sendok madu. Lakukan secara teratur.

3. Menyembuhkan bronchitis
 Caranya: Daun sirih sebanyak 5 lembar, gula batusecukupnya direbus dengan 4 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minumlah 3 kali sehari 1/3 gelas setiap kali minum.

4. Sebagai obat luka bakar
 Caranya: Peras daun sirih secukupnya, tambahkan madu sedikit, kemudian bubuhkan pada belahan kulit tubuh yang luka akhir terbakar.

5. Mampu menghilangkan basi badan
 Caranya: Rebus 6 lembar daun sirih dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 1/2 gelas, minum secara rutin tiap hari.

6. Obati abses
 Caranya: Cuci daun sirih secukupnya, dan haluskan. Bubuhkan pada jerawat dan sekelilingnya. Kemudian dibalut. Lakukan 2x sehari.

7. Menghilangkan aroma kurang sedap pada lisan
 Caranya: 4 lembar daun sirih,diseduh air panas, tunggu sekitar 1 jam. Gunakan sebagai obat kumur.

8. Mengobati sariawan
 Caranya: 2 lembar daun sirih segar dicuci, lalu kunyah sampai lumat oleh lisan anda. Buang ampasnya.

9. Mengobati keputihan
 Caranya: Rebus 10 lembar daun sirih memakai 3 liter air, angkat kemudian pada kondisi air hangat gunakan untuk mencuci penggalan kemaluan.

10. Obat jerawat
 Caranya: tumbuk 10 lembar daun sirih hingga halus, Seduh dengan dua gelas air panas. Setelah masbodoh, gunakan air seduhan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sehari 2 hingga 3 kali.

11. Mengobati diare
 Caranya: 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Tumbuk semua bahan sampai halus, gunakan sebagai obat gosok pada belahan perut.

12. Mengurangi air ASI berlebih pada Ibu menyusui
 Caranya: ambil daun sirih secukupnya, lalu olesi dengan minyak kelapa, panaskan diatas api hingga layu, hangat-hangat tempelkan diseputar payudara yang bengkak.

13. Mengatasi mata merah dan gatal
 Caranya: rebus 6 lembar daun sirih menggunakan 1 gelas air hingga mendidih. Setelah air rebusan acuh taacuh, gunakan untuk mencuci mata. Lakukan 3x sehari sampai mata anda sembuh.

14. Obat penyakit jantung
 Ambilah daun sirih 3 lembar, biji kemukus 7 butir, mawang merah 3 siung, jintan putih 1 sendok kemudian tumbuk sampai benar benar halus semua materi tersebut. Setelah semua bahan tadi dihaluskan tambahkan air panas secukupnya lalu diperas dan disaring. Minumlah ramuan tersebut dengan hukum minum sehari 2 kali secara teratur.

15. Mengatasi Kanker
Daun sirih ini adalah tanaman yang mengandung zat yang baik bagi tubuh sehingga manfaatnya pun sangat banyak. Selain manfaat diatas, daun sirih juga mampu untuk obat tradisional penyakit kanker. Caranya : basuh higienis terlebih dahulu beberapa lembar daun sirih. Setelah itu daun sirih tersebut direbus dengan 4 gelas air. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa 1 gelas. Angkat, saring dan biarkan sampai hangat. Minumlah ramuan daun sirih ini sampai habis dan lakukan cara ini secara rutin dan teratur yaitu sehari 3 kali.

16. Melancarkan Buang Air kecil
Jika mengalami perkara dengan buang air kecil, coba atasi menggunakan ramuan dari daun sirih. Zat yang terkandung dalam daun sirih sanggup mengatasi perkara buang air kecil tidak normal. Caranya yaitu siapkan daun sirih dan cuci bersih. Setelah itu daun sirih yang sudah dicuci dibikin jus. Jus tersebut bisa ditambahkan susu atau madu supaya rasanya lezat. Minumlah ramuan daun sirih tersebut dengan aturan minum seminggu sekali minum.

Daun sirih yang sering dikunyah untuk menjaga kesehatan gigi, ternyata memiliki manfaat lain yang begitu banyak. Untuk itu manfaatkan daun sirih sebagai salah satu obat tradisional alami untuk aneka macam penyakit yang disebutkan diatas.

Demikian ulasan mengenai sejumlah khasiat daun sirih untuk kesehatan dan obat. Baca juga tentang Manfaat Daun Sirsak bagi Kesehatan.Semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar