Manfaat Daun Pare Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Agustus 06, 2018
 Manfaat Daun Pare bagi kesehatan, mengobati batuk, daya tahan tubuh, obat cacingan anak, menyuburkan rambut.

Daun Pare

 Tanaman pare merupakan suatu tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran. Bagian yang dimanfaatkannya yaitu bagian buahnya. Buah pare ini mempunyai rasa yang sangat khas yaitu pahit. Namun selain itu ada juga serpihan lain dari tumbuhan pare yang bisa dimanfaatkan yaitu untuk kesehatan tubuh. Bagian tersebut adalah daunnya.

 Daun pare ialah sejenis daun sayng tergolong kedalam daun tunggal. Bentuknya panjang bundar serta menjari dengan ukuran panjang sekitar 8 cm serta lebar sekitar 3-4 cm. Pangkal daunnya mirip jantung serta tangkainya mempunyai letak berseling. Warna naun pare sendiri ialah hijau muda ketika daunnya masih muda serta hijau bau tanah bila sudah renta dan akan menguning bila daunnya akan gugur.

 Daun pare ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan lantaran dalam daun pare terkandung berbagai senyawa yang memang sangat dibutuhkan oleh badan demi kesehatan. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun pare yaitu vitamin A, vitamin D, saponin, lemak, asam trikosanik, momordin, resin, asam resinat, charantine, momordicine. Dari kandungan senyawa tersebut daun pare bisa mengobati aneka macam penyakit yang mengganggu kesehatan badan antara lain untuk sakit gigi, cacingan, batuk, wasir, menyehatkan rambut.

Berikut manfaat daun pare beserta cara penggunaannya

1. Obat Sakit Gigi
 Sakit gigi sering terjadi karena banyak sekali faktor baik itu gigi berlubang atau yang lainnya. Namun semua itu pada intinya lantaran kuman yang berada pada verbal. Sakit gigi ini sangatlah mengganggu bahkan banyak orang yang mengakibatkan sakit gigi sebagai penyakit yang menciptakan ketidaknyaman berlebih. Karena selain menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, sakit gigi ini juga menciptakan selera makan berkurang. Cobalah atasi sakit gigi tersebut memakai ramuan dari daun pare. Ambilah daun pare sebanyak 5 lembar dan cuci bersih. Setelah itu daun pare tersebut diremas-remas. Tambahkan air hangat serta garam sedukupnya lalu diperas dan disaring. Gunakan ramuan tersebut untuk dijadikan obat kumur sehari 3 kali sampai sakit giginya sembuh.

2. Obat Batuk
 Penyakit batuk terdiri dari berbagai macam jenis antara lain batuk kering, batuk berdahak. Semua jenis batuk tersebut sangatlah mengganggu si penderita. Pada artikel sebelumnya telah dibahas aneka macam obat tradisional untuk mengatasi penyakit batuk. Selain obat tradisional yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, daun pare juga mampu mengatasi penyakit batuk. Caranya : Daun pare sebanyak 9 lembar dicuci higienis. Setelah itu seduh dengan 3 sendok air lalu diremas-remas dan saring. Minumlah air daun pare tersebut sehari 2 kali secara rutin hingga batuknya sembuh.

3. Menghilangkan Bekas Luka
 Luka sering menimbulkan bekas yang bisa menurunkan percaya diri seseorang apalagi bekas lukanya lumayan besar serta terdapat pada daerah yang sekitar wajah, tangan, kaki yang jarang tertutup. Daun pare ternyata bisa mengobati atau menghilangkan bekas luka tersebut. Senyawa dalam daun pare mampu mengatasinya secara perlahan asalkan penggunaannya dilakukan secara rutin. Caranya sangat mudah yaitu lumatkan daun pare secukupnya dengan ditambah air panas sedikit sampai benar-benar halus. Peras dan saring untuk diambil airnya. Air perasaan tersebut dicampur tepung beras sebanyak 2 sendok makan dan aduk hingga rata. Oleskan pada belahan badan yang terdapat bekas luka secara merata setiap hari.

4. Baik Untuk Rambut
 Jika ingin mempunyai rambut yang sehat dan subur cobalah gunakan ramuan daun pare. Daun pare ini mampu menyuburkan rambut sehingga terhindar dari berbagai kasus rambut terutama perkara kebotakan rambut. Lumatkan daun pare sebanyak segenggam. Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata sambil di massage. Biarkan beberapa menit kemudian basuh bersih memakai sampo. Lakukan cara tersebut setiap hari secara teratur.

5. Obat Cacingan
 Apakah anak anda mengalami cacingan?. Jika mengalami atasilah menggunakan daun pare. Caranya : Seduhlah 7 lembar daun pare dengan 1 gelas air panas. Tambahkan madu 1 sendok makan dan aduk rata. Setelah hambar saring dan minumlah sebelum sarapan. Ulangi cara tersebut sampai kasus cacingannya teratasi secara maksimal.

 
Demikian manfaat dan khasiat daun pare bagi kesehatan, serta baca juga artikel wacana Manfaat Daun Remujung bagi Kesehatan. supaya bermanfaat.

Tampilkan Komentar