Manfaat Tanaman Patah Tulang

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 20, 2018
 Manfaat Tanaman Patah Tulang, Mengatasi Sakit Gigi, Patah Tulang, Menghilangkan Tahi Lalat, Luka Tertusuk Duri, Kapalan, Kutil.

Manfaat Tanaman Patah Tulang

Tanaman obat yang satu ini memiliki nama yang unik. Nama tanaman ini ialah tumbuhan patah tulang. Tanaman patah tulang ini merupakan tumbuhan yang berasal dari benua Afrika yaitu Angola hingga Zanzibar. Meskipun demikian namun tumbuhan patah tulang ini bisa tumbuh subur di tempat tropis dan subtropis. 

 Tanaman patah tulang pada umumnya merupakan tumbuhan yang sering dijadikan tumbuhan hias lantaran memiliki bentuk serta ukuran yang unik. Tanaman patah tulang ini sebetulnya merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di semak semak, hutan, padang rumput dan tumbuh di kawasan dataran rendah hingga tempat dengan ketinggian 600 meter diatas permukaan bahari.

 Tanaman patah tulang bisa tumbuh antara 2-6 meter dan tumbuh tegak. Batang tanaman patah tulang mempunyai cabang banyak, berkayu serta bergetah putih dan beracun. Baik batang maupun cabangnya sama sama berwarna hijau namun untuk cabang karena masih muda biasanya berwarna hijau muda. Percabangan tanaman ini sangat banyak dan cepat dan percabangan tersebut terlihat seperti patah patah sehingga tumbuhan ini dinamakan tanaman patah tulang. Cabang cabang tumbuhan patah tulang berbentuk bulat, halus dan akan membentuk percabangan yang gres setelah cabang tersebut tumbuh sekitar 10 cm. Daun tumbuhan ini jarang yang tumbuh pada ujung ranting muda dengan bentuk lanset, dengan panjang sekitar 22 mm, tumbuh berseling, bawah daun berbulu halus dan berkelenjar. Tanaman patah tulang juga mempunyai bunga yang tergolong bagus dengan warna kuning kehijauan dengan bentuk seakan-akan mangkuk dan tumbuh sekitar bulan oktober.

 Tanaman patah tulang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Berbagai masalah kesehatan ternyata bisa diobati menggunakan ramuan dari tumbuhan patah tulang. pemanfaatan tanaman patah tulang bagi kesehatan mampu dilakukan dengan 2 cara yaitu pengobatan luar dan pengobatan dalam. Akan tetapi dalam pemanfaatan tanaman patah tulang haruslah berhati-hati apalagi potongan getahnya. Bagian getah patang tulang mengandung racun sehingga dalam penggunaannya harus hati-hati dan jangan hingga terkena mata.

 Kandungan kimia dalam tumbuhan patah tulang
zat pahit
alfa-laktucerol
euphorbone
damar
euphol
kautschuk ( zat karet )
taraksasterol

Sifat kimiawi
rasa semula tawar, kedaluwarsa lemah, lama-lama mengakibatkan rasa sangat di pengecap.

Efek farmakologis
getah beracun ( toksik )

Bagian yang dimanfaatkan 
getah, batang, akar, ranting

Berikut manfaat dan cara penggunaan tanaman patah tulang bagi kesehatan badan

Obat sakit gigi
 Sakit gigi terjadi karena kuman atau kuman yang berada pada mulut dan gigi. Kuman dan kuman tersebut biasanya terjadi karena kurangnya menjaga kesehatan ekspresi dan gigi. Untuk mengatsi sakit gigi tersebut tanaman patah tulang merupakan tanaman yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi tersebut. Bagian yang digunakan yaitu serpihan getahnya.
Caranya : Ambilah beberapa batang tanaman patah tulang. Dari batang tumbuhan patah tulang tersebut diambil getahnya yaitu biarkan menetes pada kapas. Tempelkan kapas tersebut pada pecahan yang sakit selama beberapa menit. Lakukan 2 kali sehari hingga sembuh. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan getah tumbuhan patah tulang jangan sampai mengenai gigi sehat.

Menghilangkan tahi lalat besar
 Tahi lalat memang sering menjadi perhiasan pada diri seseorang apalagi jikalau letaknya pada dahi. Namun tahi lalat juga mampu menjadi salah satu yang menciptakan seseorang tidak percaya diri jika tahi lalatnya berukuran besar. Untuk mengatasi tahi lalat besar gunakan ramuan dari tanaman patah tulang. Senyawa kikianya akan mematikan tahi lalat tersebut.
Caranya : Ambilah 1 buah jeruk nipis dan batang tanaman patah tulang secukupnya.belah jeruk nipis lalu gosokan pada cuilan tahi lalat yang akan dibuang. Setelah itu getah dari batang tanaman patah tulang di oleskan pada tahi lalat tersebut secara merata. Lakukan secara rutin sampai tahi lalatnya hilang.

Mengatasi luka akhir tertusuk duri
 Duri yang menusuk serta tertancap dalam kulit memang menyampaikan dampak yang sakit serta sulit untuk mengeluarkannya. Akan tetapi getah tanaman patah tulang sanggup mengeluarkan duri yang tertancap dalam kulit dengan sendirinya. Caranya cukup mudah tinggal mengoleskan getah tumbuhan patah tulang pada belahan kulit yang tertusuk duri. Biarkan beberapa usang dan duri akan keluar dengan sendirinya.

Untuk patah tulang
 Sesuai dengan namanya tumbuhan patah tulang juga bisa mengobati tulang yang patah yang tentunya sudah diperbaiki terlebih dahulu. Getah dari tumbuhan patah tulang akan membantu mempercepat proses penyambungan tulang yang patah. Caranya cukup dengan mengoleskan getah tumbuhan patah tulang pada kulit secara merata diatas tulang yang patah. Lakukan secara rutin.

Obat kutil, kapalan
Bahan : Ranting tumbuhan patah tulang 14 kg
              Param yang terbuat dari trusi halus
              Putih telur
              Air 4 liter
Caranya : Ranting tumbuhan patah tulang yang telah dicuci bersih kemudian direbus dengan air sebanyak 4 liter. Biarkan sampai air rebusan tumbuhan patah tulang tersebut tersisa 2 liter. Angkat, saring dan biarkan hingga hangat. Rendam kepingan tubuh yang terdapat kutil atau kapalan kedalam air rebusan tersebut selama 30 menit. Setelah itu keringkan dan oleskan param dan putih telur secara merata. Agar tidak lepas boleh dibalut atau diperban.

Perhatian :
  • Getah tumbuhan patah tulang berbahaya bagi mata bisa menyebabkan kebutaan
  • Jika getahnya terkena mata segera cuci mata dengan air masbodoh sekitar 15 menit
  • Jika tidak ada air mampu memakai santan atau air kelapa
  • Segera minta pinjaman atau pergi ke medis
 Tanaman patah tulang selain sering dijadikan sebagai tanaman hias ternyata mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi jikalau ingin memanfaatkan tanaman patah tulang harus berhati-hati atau konsultasi terlebih dahulu ke dokter alasannya adalah getahnya mengandung racun.

 Semoga artikel ini membantu dalam mencari tumbuhan obat tradisional. Baca juga artikel ihwal Manfaat Minyak Cendana bagi kesehatan tubuh.

Tampilkan Komentar