Manfaat Tanaman Mondokaki

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 15, 2018
 Tanaman yang diciptakan sang maha pencipta sangat majemuk dan bervariasi. Tanaman tumbuhan tersebut tersebar diseluruh pelosok Dunia. Setiap tumbuhan memiliki fungsi sendiri sendiri namun semua tanaman diciptakan pasti mempunyai manfaat. Seperti halnya tanaman mondokaki yang ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berbagai penyakit mampu diobati dengan tumbuhan mondokaki ini. Untuk lebih jelasnya simaklah artikel di bawah ini.

Mondokaki
 Tanaman mondokaki merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga Apocynaceae. Tanaman ini dalam bahasa latin disebut Ervatamia divaricata L. Burk. Mondokaki meskipun banyak tumbuh di negara kita, bukan berarti merupakan tumbuhan endemik negara kita melainkan tumbuhan yang berasal dari India. Iklim tropiklah yang menciptakan mondokaki ini tumbuh subur di negara kita lantaran tanaman ini cocok tumbuh di tempat beriklim tropik. Tanaman mondokaki sering ditanam dipekarangan rumah sebagai tanaman hias atau ditanam area pertamanan. Dijadikan sebagai tanaman hias dikarenakan bunga tumbuhan mondokaki ini sangat indah serta mengeluarkan busuk yang sedap.

 Tanaman mondokaki merupakan tanaman perdu tegak dengan ketinggian mencapai 4 meter. Mondokaki ini tumbuh subur didataran rendah yaitu pada ketinggian 1 – 400 m diatas permukaan bahari. Batangnya mengandung getah serta bercabang banyak. Letak daun berhadapan serta termasuk daun tunggal. Daun mondokaki memiliki bentuk seolah-olah telur yang memanjang dengan bentuk runcing pada ujung dan pangkal daun. Tepa daun rata dengan permukaan daun mengkilap dan daun tersebut cukup tebal seakan-akan kulit. Warna daun mondokaki yaitu berwarna hijau. Bunga mondokaki memiliki warna yang indah yaitu berwarna putih dengan balutan warna kuning ditengahnya. Bunga yang tumbuh biasanya double atau sepasang. Mondokaki merupakan tanaman yang mempunyai akar tunggang sehingga sangat kokoh.

 Penyebaran tanaman mondokaki di negara kita bisa dibilang berkembang sangat cepat lantaran tanaman ini hampir ditemui disetiap tempat. Dengan begitu tumbuhan ini juga memiliki nama yang berbeda beda disetiap daerahnya. Nama lain mondokaki diantaranya :
Jawa : bunga wari, mondokaki
Nusatenggara : bunga nyingin
Sunda : kembang susu, kembang mantega

 Manfaat mondokaki bagi kesehatan yang begitu banyak tidak terlepas dari kandungan zat kimia yang terdapat pada tanaman tersebut. Zat zat tersebut terdapat pada semua serpihan tumbuhan mondokaki. Kandungan kimia dalam mondokaki antara lain lupeol, dregamin, koronandin, tabernaemontanin, tann, korin, koronarin, kortin, vobasin. Sifat kimiawi mondokaki yaitu rasa asam serta sejuk. Sedangkan efek farmakologisnya sendiri yaitu antipiretik, toksin, anthelmintik, analgesik, ekspektoran, dan hipotensif. Bagian yang dimanfaatkan untuk kesehatan adalah bunga, daun, kulit batang serta akar.

Manfaat tumbuhan kondo kaki bagi kesehatan

Akar :
• Gondok
• Batuk (tussis),
• Antikanker;
• Sakit gigi;
• Diare;
• tenggorokan bengkak dan sakit ;
• Tulang patah (fraktur);
• Cacing kremi;

Getah daun :
• Mencegah timbulnya radang pada luka;
• Kekeruhan kornea, radang mata (conjuntivitis);

Daun :
• Terkilir.
• Tekanan darah tinggi
• Bisul
• Radang kelenjar payudara
• radang kulit
• Batuk berdahak
• Digigit anjing ajaib
• luka

Cara penggunaan tumbuhan mondokaki bagi kesehatan badan


radang kulit bernanah

Cara 1 :
Bahan : Bunga mondokaki 15 gram
              Sambiloto 30 gram
Caranya : Bunga mondokaki serta sambiloto dicuci higienis. Selanjutnya kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus dan tambahkan minyak kelapa secukupnya sambil diaduk rata. Tempelkan pada serpihan kulit yang mengalami radang secara merata dan balut supaya tidak lepas namun jangan kencang kencang.
cara 2 :
Bahan : Bunga mondokaki segar secukupnya
Caranya : Cuci sampai bersih bunga mondokaki tersebut sebelum digunakan. Jika sudah dicuci higienis bunga tersebut kemudian dihaluskan dengan cara digiling atau ditumbuk. Campurkan minyak kelapa secukupnya lalu aduk merata. Ubarkan ramuan tersebut pada kulit yang mengalami peradangan secara merata. Ulangi kalau ramuan telah kering.


Radang payudara

Bahan : Daun mondokaki 20 helai
              Air garam 2 sendok makan
Caranya : Cuci terlebih dahulu daun mondokaki hingga bersih. Tumbuk sampai halus dan tambahkan air garam sebanyak 2 sendok makan. Gunakan ramuan tersebut untuk mengurapi kepingan payudara yang sakit kemudian dibebat. Lakukan sehari 2 kali supaya akhirnya maksimal.


Gondok

Bahan : Akar mondokaki 10 gram
              Air 400 cc
Caranya : Rebus 10 gram akar mondokaki yang telah dicuci bersih dengan 400 cc air. Biarkan hingga air rebusan tersebut hingga tersisa setengahnya. Angkat, saring dan dinginkan. Minumlah air rebusan tersebut hingga habis. Lakukan secara teratur sampai gndoknya sembuh.


Sakit gigi

Bahan : Akar mondokaki secukupnya
Caranya : Cuci higienis akar mondokaki yang akan digunakan. Setelah itu akar mondokaki tersebut dikunyah memakai gigi yang sedang sakit. Lakukan pengunyahan tersebut beberapa lama kemudian buang ampasnya.


Sakit mata

Bahan : Daun mondokaki secukupnya
Caranya : Cuci terlebih dahulu daun mondokaki tersebut. Setelah dicuci higienis kemudian dibilas dengan air matang. Haluskan daun mondokaki tersebut dengan cara ditumbuk. Peras dan saring untuk diambil airnya. Gunakan air perasan daun mondokaki tersebut sebagai obat tetes mata.


Batuk

Bahan : Daun mondokaki 15 helai
              Kulit jeruk mandarin 10 gram yang telah dikeringkan
              Jahe 10 gram
              Air 500 cc
Caranya : Cuci higienis semua bahan kemudian rebus dengan 500 cc air. Jika air rebusannya tinggal 200 cc angkat dan saring. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur hingga batuknya sembuh.


Diare

Bahan : Akar mondokaki 15 gram
Caranya : rebuslah akar mondokaki sebanyak 15 gram dengan 600 cc air. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa setengahnya. Angkat, saring dan dinginkan. Minumlah ramuan akar mondokaki tersebut sedikit sedikit.

 Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga artikel lainnya perihal Manfaat Daun Pepaya dan Manfaat Daun Salam.

Tampilkan Komentar