Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 14, 2018
 Tanaman pengecap mertua tidak aneh lagi bagi kita semua. Karena tanaman ini sering kali menjadi tanaman hias dan banyak sekali dikembang biakan. Selain mempunyai bentuk dan warna yang indah, pengecap mertua ini juga mudah sekali tumbuh sehingga banyak ditanam.

tanaman pengecap mertua
 Tanaman pengecap mertua atau nama lainnya bunga sanseveria (Sansevieria Trispasciata Prain) merupakan tanaman yang berasal dari benua Afrika tropis. Tanaman ini cocok ditanam didaerah dengan ketinggian 1-1000 meter diatas permukaan bahari. Pada umumnya tanaman ini ditanam untuk tanaman hias atau pagar rumah.

 Tanaman lidah mertua mempunyai akar rimpang yang menjalar sehingga sangat kokoh. Lidah mertua juga termasuk kedalam tumbuhan terna menahun. Daun pengecap mertua termasuk kedalam daun tunggal dengan tekstur keras, permukaan licin, berkumpul sebagai roset akar dan kaku.ujung daun runcing sementara pangkalnya menyempit. Tepi daun berwarna kuning sementara permukaan dan belakang daun berwarna hijau garis garis yang bergelombang. Bunganya sendiri termasuk kedalam bunga beragam yang akan mekar pada malam hari.

Kandungan Tanaman Lidah Mertua
kardenolin
abamagenin
zat aktif pregnane glikosid,
polifenol
saponin

Kelebihan tumbuhan lidah mertua dibanding tanaman hias lainnya
mudah dirawat
memiliki tingkat penyerapatan tinggi terhadap pulusi
menghasilkan zat O2 tanpa menghasilkan zat CO2 sehingga cocok ditanam didalam rumah
Bagian yang digunakan
Daun, Batang dan akar.

Nama daerah tanaman lidah mertua
• Jawa : Pancing Towo
• Melayu : Lidah Jin
• Sumatera : Letah Menyawak
• Madura : Mandafika

Berikut manfaat tumbuhan pengecap mertua bagi kesehatan beserta cara penggunaannya


1. Batuk

Bahan : Daun lidah mertua 25 gram
 Caranya : Bersihkan daun lidah mertua dengan cara dicuci hingga bersih. Daun pengecap mertua tersebut selanjutnya direbus dengan 3 gelas air. Jika air rebusan daun lidah mertua tersebut tersisa 1 gelas, angkat dan saring. Minumlah air rebusan daun lidah mertua tersebut secara teratur sehari 2 kali dengan aturan minum ½ gelas tiap kali minum.

2. Penyubur rambut

Cuci higienis daun lidah mertua secukupnya. Haluskan daun lidah mertua tersebut dengan cara ditumbuk. Basahi rambut kemudian balurkan daun pengecap mertua tersebut pada rambut sampai kulit kepala secara merata sambil dipijat perlahan. Biarkan beberapa usang lalu bersihkan dengan air dan sampo. Lakukan secara rutin dan teratur.

3. Influenza

Bahan : Daun lidah mertua segar 30 gram
 Caranya : Cuci terlebih dahulu daun lidah mertua sampai higienis. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Angkat, saring kemudian minum sehari 2 kali saat sudah masbodoh. Perlu diperhatikan setiap kali minum ½ gelas dan lakukan secara teratur.

4. Diabetes

Bahan : 25 gram daun pengecap mertua segar
Caranya : Cuci bersih daun pengecap mertua agar terhindar dari kuman dan kuman. Rebuslah daun lidah mertua tersebut dengan air sebanyak 3 gelas. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa 1 gelas saja. Angkat, saring dan cuekkan. Minumlah ramuan daun pengecap mertua pagi dan sore hari ½ gelas tiap kali minum. Lakukan secara teratur.

5. Bisul

Bahan : daun lidah mertua
Caranya : Siapkan daun pengecap mertua secukupnya kemudian dicuci terlebih dahulu. Tumbuk hingga halus daun pengecap mertua tersebut. Tempelkan pada jerawat secara merata kecuali serpihan matanya. Ulangi jikalau sudah kering dengan ramuan yang gres.

6. Hipertensi

Bahan : Akar pengecap mertua kering 25 gram
 Caranya : Akar lidah mertua yang sudah dikeringkan dicuci terlebih dahulu sebelum direbus. Jika sudah higienis kemudian direbus dengan 3 gelas air. Biarkan air rebusan tersebut hingga menjadi 1 gelas. Angkat, saring dan acuh taacuhkan. Minumlah air rebusan akar pengecap mertua tersebut 2 kali sehari ½ gelas tiap kali minum. Lakukan secara teratur.

7. Radang jalan masuk pernafasan

Keringkan akar lidah mertua kering sebanyak 27 gram. Setelah itu akar mertua tersebut dicuci bersih. Rebuslah dengan air sebanyak 3 gelas. Angkat kalau air rebusannya tersisa 1 gelas lalu saring. Setelah acuh taacuh air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari adalah pada pagi dan sore hari masing masing ½ gelas tiap kali minum.

8. Diare

Akar lidah mertua kering direbus sebanyak 27 gram dengan 3 gelas air. Biarkan air rebusan tersebut menjadi 1 gelas. Angkat, saring dan cuekkan. Minumlah air rebusan akar pengecap mertua tersebut 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari secara teratur masing masing ½ gelas tiap kali minum.

9. Keseleo

Bahan : Daun pengecap mertua secukupnya
 Caranya : Cuci higienis daun pengecap mertua secukupnya. Setelah itu daun pengecap mertua tersebut dihaluskan dengan cara digiling atau ditumbuk. Balurkan pada tempat yang keseleo secara merata kemudian dibalut menggunakan kain supaya tidak terlepas.

10. Radang usus

 Bahan : 25 gram akar pengecap mertua kering
 Caranya : Rebus akar lidah mertua kering yang sudah dicuci higienis dengan 3 gelas air. Jika air rebusannya tersisa 1 gelas kemudian angkat dan saring. Minumlah secara teratur air rebusan tersebut pagi dan sore hari masing masing ½ gelas tiap kali minum.

 Itulah artikel yang bisa disampaikan mengenai Manfaat Tanaman Lidah Mertua bagi kesehatan. Semoga artikel kali ini membantu dalam mencari tanaman obat tradisional. Jika ingin menggunakan ramuan dari tumbuhan pengecap mertua khususnya pemakaian dalam, alangkah baiknya bila berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Tampilkan Komentar