Manfaat Tanaman Kantong Semar

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 24, 2018
 Tanaman kantong semar bagi sebagian orang mungkin tidak mengetahuinya atau hanya mengetahui namanya saja tapi tanamannya tidak tahu. Hal itu dikarenakan tanaman kantong semar di negara kita sudah jarang ditemukan atau dengan kata lain hampir punah. Keadaan tersebut terjadi akhir ulah manusia sendiri yang tidak peduli akan kelestarian tanaman kantong semar. 

Kantong Semar

 Dalam artikel kali ini akan dibahas tentang manfaat kantong semar bagi kesehatan. Namun sebelum menginjak lebih jauh wacana manfaat kantong semar bagi kesehatan badan, sedikit akan diulas tentang tanaman kantong semar tersebut. 

 Kantong semar yaitu tanaman tropis yang memiliki bentuk yang unik serta indah. Tanaman ini sanggup tumbuh sampai dengan 20 meter. Tanaman ini tumbuh tidak tegak melainkan menempel pada batang pohon lain atau dengan kata lain memerlukan tanaman lain untuk tumbuh. Disebut tanaman kantong semar karena dari tanaman tersebut tumbuh seolah-olah bunga yang memiliki kantung yang menyerupai semar sehingga dinamakan tanaman kantong semar.

 Kantong semar adalalah tumbuhan karnivora atau pemakan daging. Cara mencari makannya yaitu membiarkan serangga hinggap dikantong semar tersebut yang kemudian terjebur kedalam cairan didalamnya kemudian memakannya. Namun kantong semar jenis ini lebih jarang dibanding jenis lainnya.

 Dalam kantong semar tersebut terdapat cairan yang ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dari cairan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk, sakit mata, kekurangan cairan tubuh, dan sebagainya. Menurut penelitian menyebutkan bahwa cairan dalam kantong semar tersebut mempunyai tingkat keasaman yang tinggi sehingga mampu langsung diminum.

 Berikut beberapa manfaat dari tanaman kantong semar bagi kesehatan tubuh

1. Mencegah kehilangan cairan tubuh
 Bagi anda yang sering menjelajah gunung, hutan, mendaki dan sebagainya sudah niscaya memerlukan asupan air yang banyak. Namun kalau perbekalan yang dibawa sudah habis maka alternatifnya ialah mampu minum air dari kantong semar. Air yang terdapat dalam kantong semar tersebut memiliki tingkat keasaman yang baik sehingga bisa diminum. Dengan demikian badan anda akan tetap terjaga dari kasus kehilangan cairan tubuh meskipun perbekalan air sudah habis.

2. Menyobati sakit mata
 Manfaaat yang pertama dari tanaman kantong semar yaitu sebagai obat penyakit mata. Berbagai penyakit mata bisa diatasi dengan tanaman kantong semar seolah-olah mata merah balasan bubuk, iritasi. Cara penggunaannya sangat praktis dan simpel sekali. Ambilah cairan dari tanaman kantong semar kemudian campurkan air secukupnya dan aduk rata. Gunakan ramuan tersebut untuk mengompres mata yang mengalami sakit. Lakukan secara rutin sampai sakit matanya sembuh.

3. Mengatasi luka bakar
 Luka akbat terbakar juga mampu diatasi menggunakan ramuan dari kantong semar. Bagian yang dimanfaatkan adalah cuilan cairannya. Cairan dalam kantong semar tersebut akan membantu mempercepat proses pengeringan luka bakar serta mencegah abses pada luka bakar tersebut. Ambilah cairan dari kantong semar secukupnya kemudian oleskan pada penggalan badan yang terdapat luka bakar secara merata. Lakukan beberapa kali sampai luka bakarnya sembuh maksimal.

4. Mengatasi sakit perut
 Cairan dalam kantong semar memang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan selain manfaat diatas, cairan tersebut juga mampu dijadikan obat untuk mengatasi sakit perut. Cairan tersebut bekerja cepat yaitu membantu meredakan peradangan yang terjadi pada kepingan lambung. Dengan demikian maka secara otomatis sakit perut yang terjadi mampu dikurangi rasa sakitnya.

5. Mengobati batuk
 Manfaat selanjutnya dari kantong semar yaitu sebagai obat batuk. Hal ini diyakini sangat efektif lantaran dalam cairan dalam kantong semar mempunyai zat yang baik untuk mengatasi masalah batuk. Caranya cukup mengambil cairan yang terdapat dalam kantong semar kemudian meminumnya. 

Catatan :
Karena tanaman kantong semar termasuk kedalam salah satu spesies tanaman yang sudah langka, maka jika mau memanfaatkannya cukup seperlunya saja atau sesudah memanfaatkan kantong semar tersebut ditanam kembali biar tidak terjadi kepunahan. Sehingga tanaman kantong semar tetap lestari dan tidak punah.
Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua ihwal tanaman obat. Baca juga artikel perihal Manfaat Buah Alpukat dan Manfaat Buah Naga bagi kesehatan badan.

Tampilkan Komentar