Manfaat Minyak Cendana Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 19, 2018
 Manfaat Minyak Cendana Bagi Kesehatan, Sebagai Penghilang Stress, Meningkatkan Kualitas Tidur, Mengatasi Bau Badan, Melancarkan Buang Air Kecil, Antiseptik, Antimikroba.


Manfaat Minyak Cendana Bagi Kesehatan
 Kayu cendana merupakan salah satu jenis kayu yang mempunyai kualtitas baik serta bernilai tinggi. Kayu cendana ini mempunyai kualitas kayu yang super sehingga banyak digunakan untuk materi bangunan, dingklik meja dan lainnya. Kayu cendana juga seiring bertambahnya zaman sudah semakin langka karena banyak peminatnya.

 Cendana tergolong kedalam tanaman parasite ketika masih kecil lantaran memerlukan pohon atau tanaman lain untuk pertumbuhannya. Cendana ini merupakan jenis tumbuhan yang diberi nama ilmiah santalum album.
Cendana selain memiliki kualitas kayu yang baik, juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Manfaat tersebut pada umumnya diperoleh dari pecahan kulit kayu cendana yaitu berupa minyak cendana. Manfaat yang luar biasa dari cendana dikarenakan dalam tumbuhan tersebut terkandung banyak sekali zat kimia yang memang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan kimia kayu cendana yaitu zat samak, minyak atsiri, santen, santalol, santalon, santalen, isovalerilaldehida, santenon, santalal, samtemom, hars.

Efek farmakologis cendana

Analgesik, diuretik, antipiretik, stomakik, karminatif.
Bagian yang dimanfaatkan : Minyak cendana yang dihasilkan dari kulit batang kayu

Berikut Manfaat Cendana Bagi Kesehatan Tubuh

Antiseptik, Antimikroba
 Minyak cendana mempunyai kandungan senyawa kimia yang sanggup menjadi benteng pertahanan tubuh dari serangan bakteri, virus dan kuman. Senyawa tersebut bekerja baik dalam proteksi tubuh. Sehingga minyak cendana termasuk kedalam salah satu antiseptik dan antimikroba yang baik bagi tubuh.

Mengatasi Sress
 Kerjaan yang menumpuk atau keadaan ekonomi yang kurang baik mampu menjadi salah satu penyebab seseorang terkena stress. Stress tersebut membuat keadaan semakin kacau. Untuk itu hindari stress semoga keadaan tidak semakin jelek. Salah satu cara untuk mengatasi perkara stress yaitu dengan menghirup anyir dari minyak cendana. Aroma yang dihasilkan dari minyak cendana akan mengurangi stress dan menenagkan.

Melancarkan Buang Air Kecil
 Bagi anda yang mengalami kasus dengan buang air kecil cobalah obat dengan minyak cendana. Minyak cendana akan mengembalikan kondisi menjadi normal kembali dengan cara membantu menekan rasa sakit yang diakibatkan oleh susah buang air kecil.

Meningkatkan Kualitas Tidur
 Aroma yang dihasilkan dari minyak cendana menciptakan kondisi seseorang menjadi nyaman. Dengan demikian maka berefek juga terhadap kualitas tidur. Dengan nyamannya kondisi tubuh maka tidur pun akan terasa nyenyak dan lelap.

Mencegah Datangnya Jerawat
 Minyak cendana bagi sampaumur mungkin sangat diharapkan. Karena salah satu manfaat dari minyak cendana yaitu mampu mencegah timbulnya bengkak. Pemanfaatan yang teratur diyakini sanggup mencegah timbulnya bengkak secara imbastif. 

Menghilangkan Noda Hitam Di Wajah
 Selain sanggup mencegah timbulnya bisul, cendana juga sanggup mengatasi noda hitam di wajah. Noda hitam di wajah akan hilang dengan penggunaan minyak cendana secara rutin dan teratur karena minyak cendana memiliki kandungan kimia yang berfungsi untuk mengatasi noda hitam.

Mengatasi Bau Badan
 Masalah busuk badan juga mampu diatasi dengan ramuan dari kayu cendana. Bagian yang digunakan adalah minyak cendananya. Sehingga bagi anda yang memiliki kasus dengan kedaluwarsa badan jangan khawatir dan gelisah cobalah atasi menggunakan minyak cendana.

Cara Pemanfaatan Cendana Bagi Kesehatan

  • Ambilah kulit dari kayu cendana secukupnya dan cuci higienis
  • Haluskan kulit cendana tersebut dengan cara ditumbuk atau digiling hingga benar-benar halus
  • Seduh dengan air matang panas kemudian aduk dan biarkan sampai warna air nya berubah
  • Saring dan minum atau oleskan minyak kayu cendana tersebut sesuai dengan kasus kesehatan yang akan diatasi.

Catatan
  1. Bagi yang alergi tidak boleh menggunakan minyak kayu cendana karena alerginya bisa kambuh
  2. Dapat menyebabkan dampak aditif jika pemanfaatan cendana dipadukan dengan anxiolytics
  3. Jika penggunaan minyak cendana lebih dari 2% kadarnya bisa berefek kurang aman yaitu menimbulkan iritasi atau alergi
  4. Ibu hamil dan menyusui tidak boleh menggunakan ramuan dari kayu cendana

 Kayu cendana selain menyampaikan aroma yang harum ternyata mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun bila ingin menggunakan ramuan dari kayu cendana bagi kesehatan alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter semoga aman. 

 Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga artikel perihal Manfaat Daun Senna Bagi Kesehatan.

Tampilkan Komentar