Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 28, 2018
Tanaman lidah buaya bermanfaat untuk kesehatan, anti radang, mengobati TBC, obat pencahar.


 Lidah buaya adalah tanaman yangsering dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang berasal dari benua afrika sehingga cocok ditanam di tempat tropis. Ciri dari pengecap buaya (aloe vera) ialah mempunyai daun yang khas yaitu panjang agak lancip serta kepingan pinggitnya bergigi makanya dinamakan lidah buaya. Daun tersebut berwarna hijau, berdaging tebal serta memiliki lender jikalau diambil kulitnya. Lendir pada pengecap buaya ialah eksudat dengan rasa pahit.

 Lidah buaya (Aloe barbadensis Milleer) secara umum sering digunakan untuk rambut yaitu sebagai penyubur rambut, menghitamkan rambut dan membuat rambut tetap besar lengan berkuasa. Namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, pengecap buaya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan badan karena terkandung banyak sekali zat yang diharapkan badan. Kandungan dalam pengecap buaya antara lain karbohidrat, vitamin A, kalori, protein, lemak, zat besi, air, vitamin C, kalsium, kalori, thiamin, niasin serta riboflavin. Bahkan selain dimanfaatkan untuk kesehatan, pengecap buaya juga mampu dibuat sebagai kuliner.

1.Anti radang
2.Obat pencahar
3.Parasitiside
4.Memperbaiki pancreas
5.Secara tidak eksklusif melancarkan peredaran darah.
6.Mengatasi tekanan darah tinggi
7.Menyembuhkan wasir
8.Mengobati TBC
9.Mengobati asma
10.Mengobati batuk
11.Menyembuhkan luka bakar
12.Mengobati sakit perut
13.Mengobati eksim
14.Obat urus urus
15.Menyuburkan rambut

 Selain Manfaat Diatas, Berikut Manfaat Lain Lidah Buaya Beserta Caranya :

1. Menyembuhkan Luka
 Lidah buaya mempunyai sifat masbodoh sehingga lidah buaya mampu dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat aneka macam luka. Luka yang bisa disembuhkan antara lain luka bakar, lembab lantaran memar, lecet, akibat sengatan matahari. Caranya : Ambil lidah buaya secukupnya lalu kupas untuk diambil dagingnya. Setelah itu tempelkan daging lidah buaya tersebut pada belahan luka secara merata.

2. Mengeluarkan Racun
 Makanan atau faktor udara sekitar merupakan faktor yang menciptakan badan terjangkit berbagai penyakit. Penyakit tersebut terjadi salah satunya diakibatkan karena adanya racun yang masuk dalam tubuh. Lidah buaya mempunyai kandungan gelatin yaitu suatu zat yang sanggup menyerap racun yang melekat pada usus kemudian dikeluarkan bersama zat sisa.

3. Mengatasi wasir
 Penyakit wasir sangat mengganggu sekali dan membuat tidak nyaman si penderita khususnya dikala duduk. Untuk mengatasi kasus wasir tersebut coba dengan tanaman obat pengecap buaya. Tanaman obat ini mempunyai zat yang bisa mengatasi kasus penyakit wasir. Caranya : Ambil pengecap buaya 1 batang dan basuh hingga higienis. Setelah itu haluskan lidah buaya tersebut hingga halus lalu seduh dengan air hangat secukupnya. Saring dan tambahakan madu atau susu agar rasa pahit yang ditimbulkan dari lidah buaya berkurang. Minumlah ramuan lidah buaya tersebut secara rutin sehari 3 kali.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah
 Semua tahu bahwa masalah kelebihan kadar gula dalam darah merupakan suatu penyakit yang berbahaya karena dari kelebihan kadar gula dalam darah tersebut mampu berakibat fatal dan munculnya penyakit lainnya. Penyakit ini secara umum diakibatkan karena kadar gula dalam darah cukup tinggi. Mengonsumsi tanaman obat lidah buaya ternyata mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga penyakit ini bisa diatasi. Caranya : Ambil beberapa batang lidah buaya cuci bersih dan buang durinya. Setelah itu rebuslah pengecap buaya tersebut dengan 4 gelas air dan biarkan hingga air rebusannya tersisa 1 gelas. Angkat, saring dan masbodohkan. Minumlah ramuan pengecap buaya tersebut secara rutin dengan aturan minum sehari 3 kali.

5. Menghilangkan Jerawat
 Jerawat memang bukan suatu penyakit yang berbahaya dan termasuk penyakit luar. Namun jerawat ini mampu menciptakan penderitannya melaksanakan banyak sekali cara biar terbebas dari kasus jerawat. Hal ini dikarenakan bengkak sering menyerang daerah wajah sehingga sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Coba atasi masalah bengkak tersebut menggunakan tumbuhan obat lidah buaya. Caranya pun sangat mudah yaitu ambil 1 batang lidah buaya yang sudah dicuci bersih kemudian belah menjadi 2 pecahan atau buang pecahan kulitnya. Oleskan daging pengecap buaya tersebut pada belahan wajah yang berjerawat secara merata. Biarkan selama 15 menit lalu cuci sampai higienis dengan air hangat. Lakukan cara tersebut secara teratur.

6. Untuk Perawatan Kulit
 Ingin kulit tetap sehat dan terbebas dari masalah keriput?. Lidah buaya bisa menjadi solusinya. Karena lidah buaya akan memberikan asupan oksigen yang baik ke sel sehingga kulit tetap terjaga kesehatannya. Caranya : Siapkan pengecap buaya secukupnya kemudian kupas untuk diambil dagingnya saja. Lendir yang berwarna kuning buang. Gunakan daging pengecap buaya tersebut sebagai lulur pada kulit secara merata. Lakukan cara tersebut secara teratur pada dikala akan tidur.

7. Untuk Perawatan Rambut
 Manfaat pengecap buaya untuk perawatan rambut sudah bukan diam-diam umum lagi. Selain digunakan secara tradisional, lidah buaya juga menjadi salah satu adonan pembuatan sampo. Manfaat lidah buaya bagi rambut antara lain mengatasi perkara ketombe, melembutkan rambut serta mempercepat proses pertumbuhan rambut. Siapakan lidah buaya 3 batang kemudian ambil belahan dagingnya. Pakailah daging lidah tersebut pada kulit kepala dan rambut dengan cara digosokan sambil dipijat perlahan. Setelah itu balut kepala menggunakan penutup kepala dan biarkan hingga esok hari. Keesokan harinya basuh dengan cara keramas memakai sampo. Hal itu dilakukan sore hari sampai padi hari. Lakukan secara rutin agar alhasil sesuai impian.

 Demikian manfaat dan khasiat lidah buaya bagi kesehatan. Baca juga perihal Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan,

Tampilkan Komentar