Manfaat Kembang Pukul Empat

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 04, 2018
 Kembang pukul empat sering disebut juga dengan kembang sore merupakan tumbuhan yang sering dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman ini mempunyai bunga yang sangat indah dari segi bentuk maupun warnanya. Disebut kembang pukul empat atau kembang sore dikarenakan bunganya yang akan mekar pada sore hari sekitar pukul empat dan akan kuncup kembali pada pagi harinya. Nama ilmiah dari bunga pukul empat yaitu mirabilis jalapa L dan termasuk kedalam keluarga Nyctaginaceae.

Kembang Pukul Empat
 Kembang pukul empat dijadikan sebagai tanaman hias memang cocok karena tanaman ini merupakan tanaman yang tumbuh didataran rendah. Asal mula tanaman ini yaitu berasal dari Amerika Selatan dan kemudian menyebar sampai ke Indonesia. Di Indonesia sendiri kembang pukul empat sudah menyebar hampir diseluruh tempat. Penyebaran tersebut menimbulkan kembang pukul empat ini memiliki nama yang berbeda beda disetiap tempatnya. Nama lain bunga pukul empat disetaip kawasan antara lain :
Jawa                     : segerat, tegerat, kederat.
Bali                       : noja.
Nusa Tenggara     : loro laka, koderat. bungga ledonosok.
Maluku                  : cako rana, kupa oras
Sulawesi               : bunga-bunga perengki, bodoko sina, bunga-bunga paranggi, turaga,
                               pukul ampa,  bunga  tete apa.
Sumatra                : kembang pukul empat, bunga waktu kecil, kembang pagi sore,
                               bunga waktu sore.

 Tanaman kembang pukul empat mempunyai daun yang ibarat jantung dengan panjang sekitar 11 cm dan lebar 5 cm dengan ujung meruncing dan pangkal daun tumpul. warna hijau renta adalah warna daunnya dengan posisi berhadap hadapan. Batangnya tegak dengan tinggi mampu mencapai 80 cm. batang tersebut mempunyai tekstur yang lembap. Bunga memiliki bentuk seolah-olah terompet dengan warna yang cerah seakan-akan kuning, jingga, putih maupun kombinasi. Bunga tersebut memiliki biji dengan warna hitam kecoklatan serta bertekstur keras dan berbentuk bulat telur. Kembang pukul empat juga mempunyai umbi dengan bentuk panjang bundar dengan daging berwarna putih dan kulit berwarna coklat kehitaman.

 Kembang pukul empat memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Hal itu tidak terlepas dari zat yang terkandung dalam kembang pukul empat tersebut. Zat tersebut antara lain betaxanthins, lemak, zat tepung, zat asam lemak, zat asam minyak. Selain itu kembang pukul empat memiliki sifat kimiawi anggun, tidak berbau, sejuk serta rasa netral. Sementara itu efek farmakologisnya sendiri yaitu sebagai peluruh air seni, menghilangkan hambatan anutan darah, antiradang serta memperlancar sirkulasi darah.

Berikut manfaat kembang pukul empat bagi kesehatan tubuh

• Mengobati keputihan
• Mengobati kanker
• Mengobati radang amandel
• Mengobati nanah
• Mengobati jerawat
• Mengobati pembekuan darah
• Mengobati radang sendi yang akut
• Mengobati eksim
• Mengobati kencing elok
• Mengobati radang tenggorokan
• Mengobati amandel
• Mengobati batuk bedarah
• Mengobati infeksi akses air seni
• Mengatasi korengan
• Obat luka
• Obat air seni mengandung lemak
• Mengatasi watu ginjal
• Mengatasi batu empedu
• Obat radang kelenjar prostat
• Obat tukak lambung
• Obat disentri

Inilah beberapa cara dari manfaat kembang pukul empat bagi kesehatan

1. Kanker
 Untuk pengobatan kanker memakai tumbuhan pukul empat, penggalan yang digunakan yaitu penggalan umbinya. Umbi kembang pukul empat ini mempunyai kandungan yang kan membantu untuk memusnahkan kanker.
Bahan : Umbi kembang pukul empat 60 gram
              Rumput mutiara 30 gram
              Air secukupnya
Caranya : umbi kembang pukul empat serta rumput mutiara dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Setelah itu  kedua bahan tersebut direbus dengan air secukupnya dengan waktu sekitar 3 jam. Perebusan tersebut dilakukan pada panic yang terbuat dari tanah liat dengan api kecil. Jika sudah 3 jam kemudian diangkat dan disaring. Minumlah ramuan tersebut secara teratur.

2. Disentri
 Untuk pengobatan disentri manfaatkan penggalan akar kembang pukul empat. Akar tersebut dicampur dengan materi-bahan lainnya yang memiliki manfaat yang sama untuk mengatasi disentri.
Bahan : Akar kembang pukul empat 60 gram
             Patikan kebo 30 gram
             Air 500 cc
Caranya : Cuci terlebih dahulu akar kembang serta patikan kebo sehingga terbebas dari kuman dan kuman. Rebuslah kedua materi tersebut kemudian direbus dengan 500 cc air. Setelah air rebusannya tinggal setengahnya kemudian angkat dan saring serta acuh taacuhkan. Minumlah hingga habis air rebusan tersebut.

3. Radang tengggorokan / Amandel
 Amandel serta radang tenggorokan merupakan penyakit yang menyerang kepingan tenggorokan. Efeknya akan menyebabkan sakit pada tenggorokan serta mengakibatkan meriang. Penyakit tersebut ternyata bisa diatasi memakai dari tanaman kembang pukul empat. Bagian yang digunakan untuk mengatasi penyakit amandel atau radang tenggorokan yaitu serpihan akarnya.
Caranya : Cuci higienis akar kembang pukul empat segenggam sehingga terhindar dari kuman dan basil. Setelah itu kembang pukul empat tersebut dibuat jus. Minumlah jus kembang pukul empat tersebut secara teratur.

4. Radang sendi akut
 Radang sendi memang mengganggu sekali apalagi bagi yang sering bekerja berat. Apalagi jika radang sendi tersebut sudah dalam fase akut / parah. Untuk mengatasi keadaan tersebut gunakanlah ramuan dari kembang pukul empat.
Caranya : Rebuslah kembang pukul empat sebanyak 60 gram sehabis dicuci higienis. Saat merebus kembang pukul empat tambahkan kikil sapi ketika kondisi badan acuh taacuh atau tambahkan tahu dikala kondisi tubuh sedang panas. Setelah itu angkat, saring dan biarkan cuek. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur. Untuk gabungan tahu atau kikilnya dimakan.

5. Pembekuan darah
 Pembekuan darah membuat ajaran darah tidak akan berjalan dengan lancer sehingga bisa menyebabkan aneka macam macam kasus kesehatan. Karena suplai darah yang normal membuat tubuh mampu normal. Jika mengalami pembekuan darah atasilah menggunakan ramuan kembang pukul empat.
Caranya : Cuci terlebih dahulu akar kembang pukul empat sebanyak 15 gram serta temu hitam sebanyak 15 gram juga. Setelah itu kedua bahan tersebut direbus memakai 600 cc air. Biarkan air rebusan tersebut hingga menjadi 200 cc. angkat, saring dan minum.

6. Batuk berdarah
 Untuk mengatasi perkara kerikilk berdarah gunakanlah pecahan bunganya. Bunga yang dipakai yaitu bunga yang berwarna putih. Cara penggunaannya sama seolah-olah cara mengobati amandel atau radang tenggorokan yaitu dibuat jus.

7. Tukak lambung
 Manfaat selanjutnya dari kembang pukul empat yaitu sebagai obat tukak lambung. Tukak lambung ini yaitu sebuah penyakit yang menyerang cuilan lambung. Cara pengobatan dengan kembang pukul empat sangat praktis dan juga sederhana serta bahan-bahannya pun simpel didapatkan.
Caranya : Pertama-tama siapkan akar kembang pukul empat 30 gram, 60 gram daging pengecap buaya serta daging sapi 1ons yang tentunya telah dibersihkan. Setelah itu semua bahan tersebut ditim sampai daging sapinya benar-benar matang. Minumlah airnya hingga habis dan sementara daging sapi serta pengecap buayanya dimakan.

8. Difteri
 Siapkan akar kembang pukul empat sebanyak 15 gram kering dan 30 gram masih segar serta sambiloto 30 gram lalu cuci higienis. Rebuslah semua materi tersebut dengan air secukupnya sampai mendidih. Angkat, saring dan minum secara teratur. Lakukan beberapa kali.

Perhatian :
  •  Jangan menggunakan alat-alat dari besi saat merebus atau meracik ramuan dari kembang pukul empat
  • Gunakan wadah atau tempat merebus dari tanah liat
  • Ibu hamil dihentikan menggunakan ramuan dari kembang pukul empat
  • Sebelum menggunakan ramuan kembang pukul empat berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter

 Semoga artikel perihal Manfaat Kembang Pukul Empat ini membantu anda dalam mencari obat tradisional. Baca juga artikel lainnya ihwal Manfaat Sidaguri Bagi Kesehatan Tubuh. Selamat mencoba dan kalau ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan mohon dibantu dan silahkan beri komentar pada kolom komentar yang telah disediakan di bawah.

Tampilkan Komentar