Manfaat Kembang Kertas Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 11, 2018
Manfaat Kembang Kertas Bagi Kesehatan, Mengatasi gatal-Gatal, Biang Keringat, Haid, Bisul.

 Kembang Kertas
 Kembang kertas atau nama populernya kembang bugenvil merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan atau tepatnya dari Meksiko. Kembang kertas (bougainvillea glabra choisy) ini cocok tumbuh di Indonesia lantaran daerahnya yang beriklim tropis. Dalam penelitian menyebutkan bahwa bunga kertas banyak ditemui sampai ketinggian 1400 diatas permukaan bahari. Bunga kertas merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam keluarga asteraceae.

 Pada umumnya tumbuhan kembang kertas ialah salah satu naman yang sangat sulit untuk tumbuh tegak meskipun ada yang tumbuh tegak. Tanaman ini sering dijadikan tanaman hias lantaran memiliki keindahan yang terdapat pada serpihan bunganya. Bunga tersebut memiliki bentuk serta warna yang sangat indah bila dipandang sehingga kembang kertas ini banyak dibudidayakan sebagai tumbuhan hias.

 Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa dalam tanaman kembang kertas terdapat berbagai senyawa kimia yang baik bagi kesehatan tubuh. Dari kandungan tersebut kembang kertas sanggup menjadi obat aneka macam penyakit seolah-olah nanah, hepatitis, gatal-gatal, biang keringat, aneka macam perkara haid/datang bulan. Kandungan dalam kembang kertas antara lain 6-o-rhamnosysophoroside, betanidin, 6-o-P-saphoroside, isobetanidin. Rasa dari kembang kertas ialah hangat, kelat dan pahit. Sementara itu imbas farmakologisnya ialah melncarkan peredaran darah.

Berikut manfaat kembang kertas bagi kesehatan beserta cara penggunaannya

1. Hepatitis
 Manfaat yang pertama dari bunga kertas bagi kesehatan yaitu sebagai obat hepatitis. Penyakit hepatitis tergolong penyakit berbahaya sehingga perlu segera mungkin diobati. Selain berobat ke dokter cobalah menggunakan ramuan dari bunga kertas. Untuk pengobatan hepatitis ini penggalan yang dipakai ialah kepingan batangnya.
Caranya : Pertama-tama siapkan batang bunga kertas yang tentunya sudah dicuci bersih sebanyak 15 gram. Batang bunga kertas tersebut selanjutnya direbus dengan air sebanyak 2 gelas. Jika air rebusan batang bunga kertas tersisa setengahnya lalu angkat dan saring. Minumlah air rebusan batang bunga kertas tersebut 1 hari sekali pada ketika masih hangat serta minum secara teratur supaya alhasil maksimal.

2. Bisul
 Selanjutnya manfaat dari kembang kertas adalah untuk mengatasi penyakit abses. Pada umumnya pengobatan penyakit infeksi dilakukan hanya pengobatan luar saja. Hal itu dimaksudkan supaya bengkak cepat matang dan pecah. Bagian yang dipakai adalah serpihan bunganya yang dipadukan dengan daun sosor angsa.
Caranya : Cuci bersih bunga kertas serta daun cocor belibis secukupnya. Jika sudah bersih kemudian kedua bahan tersebut dihaluskan dengan cara ditumbuk. Balurkan ramuan tersebut pada kepingan bengkak secara merata kecuali pecahan mata bengkaknya. Balut biar tidak lepas dan ulangi beberapa kali kalau ramuan tadi sudah mengering.

3. Terlambat tiba bulan
 Datang bulan atau haid memang sesuatu yang selalu dialami oleh perempuan dikala menginjak usia cukup umur. Datang bulan tersebut terjadi setaip bulan dengan waktu yang hampir sama. Akan tetapi banyak sekali perempuan yang sering mengalami telatnya tiba bulan sehingga menciptakan gelisah. Jika terjadi hal demikian cobalah minum ramuan dari bunga kertas. Dengan minum ramuan dari bunga kertas secara teratur akan mengembalikan datangnya haid secara normal.
Bahan : Bunga kertas 15 gram
              Lidah buaya 90 gram
              Temu hitam 15 gram
Caranya : Cuci bersih ketiga bahan tersebut dan untuk pengecap buaya ambil potongan dagingnya saja. Ketiga bahan tersebut selanjutnya direbus dengan air sebanyak 2 gelas. Angkat jika air rebusannya tinggal setengahnya. Saring dan minum sehari 2 kali dengan hukum minum setengah gelas tiap kali minum.

4. Gatal-gatal dan biang keringat
 Selain pemakaian dalam, tumbuhan kembang kertas juga mampu menjadi obat yang mujarab untuk pengobatan luar. Pemanfaatan pengobatan luar tersebut yaitu untuk mengobati gatal-gatal maupun biang keringat. Bagian yang dipakai untuk mengobati gatal-gatal dan biang keringat yaitu kepingan bunganya yang dipadukan dengan tumbuhan obat lain.
Caranya : Pertama-tama siapkan bunga kertas, daging lidah buaya serta daun sirih yang telah dicuci higienis secukupnya. Untuk daun sirih dan kembang kertas dipotong potong supaya bercampur setelah diramu. Ketiga materi tadi lalu direbus dengan air secukupnya sampai mengental seperti gel. Angkat dan biarkan menjadi hambar. Oleskan gel tersebut pada penggalan badan yang gatal-gatal ataupun yang terdapat biang keringat secara merata. Lakukan berulang secara teratur sampai penyakit tersebut sembuh maksimal.

5. Sakit berlebihan saat datang bulan
 Manfaat selanjutnya dari kembang kertas ialah untuk membantu meringankan sakit dikala datang bulan. Dalam faktanya ada sebagian wanita yang mengalami sakit berlebih dikala datang bulan. Hal itu dikarenakan ada faktor-faktor tertentu yang menciptakan sakit berlebih.
Caranya : Siapkan bunga kertas 15 gram, daging pengecap buaya 70 gram serta bunga mawar 15 gram yang tentunya sudah dicuci bersih. Rebuslah ketiga bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga air rebusannya berkurang menjadi 1 gelas. Angkat, saring dan minum ramuan tersebut ½ tiap kali minum yaitu sehari 2 kali pada pagi dan malam hari.

 Semoga artikel perihal Manfaat Kembang Kertas ini membantu dalam mencari obat tradisional alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar