Manfaat Ginseng Jawa Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 25, 2018
 Jika mendengar kata ginseng pasti fikiran kita akan tertuju pada negara korea. Karena ginseng yang terkenal yaitu ginseng yang berasal dari korea. Ginseng juga merupakan salah satu tanaman yang sangat terkenal lantaran mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan badan. Namun ternyata di negara kita ada juga ginseng yang mempunyai manfaat tidak kalah dengan ginseng dari korea yang disebut dengan nama ginseng jawa. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Ginseng Jawa

Ginseng jawa (Talinum paniculatum) merupakan salah satu tumbuhan obat yang banyak ditemukan dipekarangan rumah karena ginseng jawa ini lebih sering dijadikan sebagai tumbuhan hias. Ginseng jawa ini termasuk kedalam tumbuhan perdu yang tumbuh mencapai 60 cm dengan menjalar. Batang ginseng jawa ini mempunyai bentuk bulat, serta pada penggalan pangkalnya mengeras. Daunnya berbentuk oval tebal berdaging, bertekstur licin serta berlendir jikalau diperas. Daun ginseng jawa ini berwarna hijau. Ginseng jawa juga berbunga dengan bentuk oval dan mempunyai warna merah muda dan termasuk kedalam bunga beragam. Akarnya sama seakan-akan ginseng dari korea yaitu seperti ubi rimpang dengan warna coklat.

 Kandungan dalam tanaman ginseng jawa

Vitamin A
Serat
Flavonoid
Minyak atsiri
Saponin
Steriod

 Efek parmakologis 

Antioksidan, anti basil, anti infalamasi, menguatkan paru-paru, mengurangi pembengkakan, mengatur maksimal pada sistem syaraf pusat dan tepi, anti histamin, melancarkan sirkulasi darah, antiveral.



 Inilah beberapa manfaat ginseng jawa bagi kesehatan badan

1. Penambah nafsu makan
Bahan : Daun ginseng jawa secukupnya
Caranya : Daun ginseng jawa dicuci higienis terlebih dahulu. Setelah itu bisa langsung dimakan atau ditumis.

2. Menguatkan paru-paru
Bahan : Daun ginseng jawa secukupnya
Caranya : Cuci terlebih dahulu daun ginseng hingga higienis. Setelah itu rebuslah daun ginseng tersebut sampai mendidih dengan air secukupnya. Angkat saring dan dinginkan. Minumlah air rebusan daun ginseng tersebut secara rutin dan teratur.

3. Mengobati sakit maag
Bahan : Daun ginseng jawa
Caranya : Setelah dicuci higienis daun ginseng jawa tersebut dimakan eksklusif sebagai lalapan. Jika kurang suka mampu dimasak dengan cara ditumis. Pemanfaatan secara rutin dapat mengatasi sakit maag secara ampuh.

4. Melancarkan ASI
Bahan : Daun ginseng jawa secukupnya
Caranya : Setelah dicuci higienis daun ginseng jawa mampu dimanfaatkan dengan cara ditumis atau dibuat lalapan. Pengonsumsian teratur akan menerima hasil yang maksimal. Namun daun ginseng jawa tersebut tidak mampu disimpan terlalu usang lantaran cepat basi.

5. Penambah stamina
Bahan : Akar ginseng jawa 50 gram
             Brem sedikit saja
             Air panas ¾ gelas
Caranya : 50 gram akar ginseng jawa dicuci terlebih dahulu sampai higienis. Selanjutnya diiris iris. Seduh dengan ¾ gelas air panas serta masukan brem sedikit saja. Tutup beberapa menit sampai airnya menjadi hangat. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari pada ketika masih hangat yaitu pada pagi dan malam hari.

6. Obat jerawat
Bahan : Daun ginseng jawa
              Gula merah
Caranya : Siapkan daun ginseng jawa secukupnya kemudian dicuci higienis. Setelah dicuci kemudian tumbuk atau giling sampai halus. Tambahkan gula merah sedikit saja lalu diaduk hingga tercampur. Balurkan ramuan tersebut pada kepingan yang badan yang terdapat nanah secara merata dan dibalut. Agar jadinya maksimal lakukan pengobatan tersebut 2 kali dalam sehari.

7. Mengatasi beri-beri
Bahan : Akar ginseng jawa 5gram
Caranya : Cuci terlebih dahulu akar ginseng jawa tersebut sampai higienis. Setelah itu akar ginseng jawa tersebut dikukus selama ¼ jam. Angkat kemudian direbus menggunakan 1 gelas air sampai benar-benar mendidih. Angkat dan dinginkan. Minumlah air rebusan ginseng jawa tersebut secara rutin dan teratur sehari sekali.

8. Antioksidan
 Kandungan flavonoid yang cukup tinggi dalam daun ginseng jawa menimbulkan tumbuhan ini sebagai salah satu tumbuhan obat yang mempunyai manfaat antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan ini sangat diperlukan badan semoga daya tahan badan dapat terjaga dengan baik. Caranya sangat mudah cukup dengan mengonsumsi daun ginseng jawa secara teratur.

 Semoga artikel kali ini semakin menambah wawasan tenang tanaman obat yang ada disekitar kita. Karena masih banyak sekali yang tidak mengetahui tumbuhan apa saja yang mampu dijadikan sebagai tumbuhan obat yang baik bagi kesehatan badan. Baca juga artikel perihal Manfaat Daun Sukun serta Manfaat Biji Bunga Matahari bagi kesehatan tubuh.

Tampilkan Komentar