Manfaat Daun Senna Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 18, 2018
 Manfaat Daun Jati Cina, Sebagai Obat lambung, Penurun Kolesterol, Ambeien, Sambelit, Mengeluarkan Racun, Pelansing.

Daun Jati Cina
Tumbuhan daun senna atau sering disebut dengan tanaman daun jati cina adalah tanaman yang berasal dari keluarga fabaceae. Tanaman ini berasal dari Afrika Utara serta Arab. Nama ilmiah dari tanaman daun senna yaitu cassia angustifolia. 

 Pada awalnya daun senna hanya dikenal sebagai tanaman biasa yang tidak memiliki keistimewaan. Akan tetapi sekitar periode ke-9 jago kesehatan dari arab meneliti tanaman ini dan ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Ahli medis arab tersebut kemudian memperkenalkan daun senna sebagai obat pencahar. Setelah diketahui bahwa daun senna memiliki manfaat bagi kesehatan kemudian tanaman tersebut mulai banyak ditanam diberbagai Negara sampai ke Indonesia. 

 Daun senna bisa bermanfaat bagi kesehatan lantaran dalam daun senna terdapat aneka macam senyawa kimia yang memang diharapkan oleh tubuh. Senyawa senyawa kimia tersebut akan bekerja secara cepat dalam mengatasi banyak sekali penyakit dalam tubuh. Senyawa yang paling penting dalam daun senna bagi kesehatan tubuh ialah senyawa kimia senosida.

Kandungan daun senna
• Senosida
• Hidroksian thrasen
• Anthraquinon
• Naftalene glikosida
• Glikosida dianthrone


Berikut beberapa manfat dari daun senna bagi kesehatan

Kolesterol
 Ramuan dari daun senna sanggup membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan senyawa kimia dalam daun senna akan membersihkan sisa kotoran yang masih menempel pada usus serta melarutkan racun dan lemak dalam tubuh. Sisa kotoran yang menempel pada usus akan bersihkan dengan cara membuangnya bersama BAB.

Ambeien
 Daun senna mempunyai senyawa kimia yang disebut senosida. Senyawa ini akan berperan penting dalam mengatasi ambeien. Ambeien terjadi karena adanya wasir. Senyawa senosida akan menurunkan penyakit wasir.

Sambelit
 Sambelit merupakan salah satu penyakit penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Sambelit ini terjadi karena sisa kuliner yang keras. Senyawa senosida dalam daun senna sanggup mengatasi sambelit dengan cara menimbulkan sisa kuliner menjadi lembek. Hal itu terjadi karena senosida akan membantu mempercepat gerakan hasil pencernaan di usus. Dengan demikian maka peralistik usus meningkat.

Lambung
 Manfaat lain dari daun senna adalah sebagai obat lambung. Ramuan daun senna akan membantu mengatasi penyakit lambung. Penyakit lambung bisa dibantu diturunkan memakai ramuan dari daun senna jikalau pemanfaatannya dilakukan secara sempurna.

Menurunkan berat badan
 Jika anda sedang menjalankan acara diet atau meurunkan berat bedan, ramuan dari daun senna bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat baik. Manfaat daun senna untuk menurunkan berat tubuh sudah dikenal sejak dahulu dengan hasil yang cukup baik.jadi tidak ada salahnya mencoba ramuan dari daun senna bila ingin menurunkan berat tubuh.

Mengeluarkan racun
 Mengonsumsi ramuan dari daun senna juga sangat baik dalam mengeluarkan racun yang berada dalam tubuh. Senyawa senosida dalam daun senna akan membersihkan racun yang menempel dalam usus serta mengeluarkannya pada saat BAB.

Cara pemanfaatan daun senna atau daun jati cina
Bahan : Daun senna secukupnya yang telah dikeringkan atau dibentuk teh
Caranya : Daun senna yang telah dikeringkan lalu direbus dengan air sebanyak 500 ml. Biarkan air rebusan rebusan tersebut hingga tersisa setengahnya (250 ml). Angkat dan saring. Minumlah air rebusan daun senna tersebut 1 kali dalam seminggu. Untuk pemakain yang berkelanjutan sesudah minggu berikutnya dinaikan menjadi 2 gelas dalam satu minggu. Agar kesannya maksimal saat sedang melakukan pengobatan dari ramuan daun senna jangan makan makanan berlemak. Karena reaksi dari daun jati cina/senna tergolong lambat, maka meminum ramuan dari daun senna dianjurkan diminum sebelum tidur.

Catatan :
- Wanita hamil dihentikan memakai ramuan daun senna
- Wanita sedang menyusui tidak mengonsumsi ramuan daun senna
- Wanita sedang menstruasi tidak memakai ramuan daun senna

 Daun senna (daun jati cina) memang mempunyai segudang manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi daun senna juga memiliki imbas samping bagi kesehatan tubuh. Jadi bila ingin memakai ramuan dari daun senna berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter supaya dikala penggunaannya kondusif. Baca juga artikel perihal Manfaat Daun Sembung bagi kesehatan tubuh. Jika ada penulisan yang salah atau kurang mohon dimaafkan dan silahkan beri komentar dalam kolom komentar.

Tampilkan Komentar