Manfaat Daun Sambang Darah

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 10, 2018
 Manfaat Daun Sambang Darah, Sebagai Obat Muntah Darah, Mengatasi Pendarahan Haid, Pendarah Setelah Bersalin Atau Keguguran.

 Satu lagi tumbuhan obat yang ada di Indonesia yang mempunyai manfaat berlimpah bagi kesehatan. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Indocina. Tanaman ini adalah sambang darah.

 Sambang darah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Fakta tersebut sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang bahwa memang benar sambang darah memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan badan. Manfaat tersebut dekat kaitannya dengan kandungan yang terdapat pada tumbuhan tersebut. Berbagai kandungan yang baik bagi tubuh terdapat pada tanaman sambang darah tersebut. Zat yang terkandung dalam sambang darah antara lain eksokarol, asam berhenat, silosterol, tannin, triterpenoid. Namun dibalik kandungan tersebut terdapat juga resin dan senyawa beracun yang terdapat pada getahnya. Sehingga jikalau ingin memakai ramuan dari tumbuhan sambang darah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

 Berikut manfaat sambang darah bagi kesehatan badan beserta cara penggunaannya

1. Luka berdarah
 Luka berdarah baik itu tersayat pisau, jatuh maupun akibat benturan jikalau dibiarkan bukan mustahil akan terinfeksi virus serta banyak mengeluarkan darah. Agar hal tersebut tidak terjadi maka lukanya harus diobati supaya cepat kering. Salah satu cara untuk mengatasi luka berdarah tersebut yaitu dengan menggunakan daun sambaing darah. Kandungan dalam daun sambaing darah akan mengehntikan pendarahan serta mempercepat pengeringan luka.
 Caranya : Ambilah daun sambang darah secukupnya dan basuh bersih. Setelah itu lumatkan daun sambang darah tersebut hingga halus dengan cara ditumbuk. Balurkan pada bagain luka secara merata kemudian dibalut supaya tidak terlepas.

2. Eksema kronis
 Daun sambang darah juga bisa menjadi obat ampuh untuk mengobati kasus eksema yang kronis. Penggunaan daun sambang darah ini digunakan untuk pemakaian luar.
 Caranya : Cuci bersih daun sambang darah secukupnya hingga higienis. Setelah itu daun sambang darah tersebut dilumatkan sampai halus. Tempelkan daun sambang darah tersebut dibagian tubuh yang terkena eksema yang kronis tersebut secara merata. Agar tidak lepas ramuan daun sambang darah tersebut dibalut kain.

3. Prosiasis
 Manfaat selanjutnya dari tumbuhan sambang darah yaitu sebagai obat prosiasis. Bagian yang digunakan untuk prosiasis yaitu kepingan daunnya.
 Caranya : Beberapa helai daun sambang darah yang masih segar dicuci hingga higienis. Setelah itu daun tersebut dihaluskan dengan cara ditumbuk. Jika sudah benar-benar halus selanjutnya dibalurkan pada bagaian yang terkena prosiasis. Jangan lupa diperban atau dibalut kain supaya tidak jatuh dan kesudahannya maksimal.

4. Disentri
 Untuk menghentikan penyakit disentri cobalah menggunakan ramuan dari daun sambang darah. Daun sambang darah ini sudah dipercaya akan manfaatnya dalam mengatasi masalah disentri.
 Caranya : Cuci higienis daun sambang darah segar sebanyak 15 helai. Daun sambang darah tersebut selanjutnya direbus dengan 3 gelas air dan biarkan hingga air rebusannya berkurang menjadi 2 gelas. Setelah itu angkat, saring dan dinginkan. Mkinumlah air rebusan daun sambang darah tersebut dengan aturan minum sehari 2 kali (tiap minum 1 gelas) yaitu pada pagi dan sore hari.

5. Batuk berdarah
 Salah satu jenis batuk yang mempunyai resiko tinggi yaitu batuk berdarah. Batuk berdarah ini akan menciptakan si penderita merasa ketakutan dan akan sesegera mungkin mengobatinya. Untuk mengobati batuk berdarah cobalah menggunakan daun sambang darah.
 Caranya : Ambilah beberapa helai daun sambang darah yang masih segar lalu cuci bersih. Setelah itu daun sambang darah tersebut dilumatkan hingga halus. Tambahkan air sebanyak setengah gelas dan garam sedikit lalu aduk aduk. Saring dan peras kemudian diminum.

6. Muntah darah
 Untuk mengatasi muntah darah menggunakan daun sambang darah cara penggunaannya sama dengan cara mengatasi batuk berdarah. Daun sambang darah yang telah dibersihkan kemudian dihaluskan dan tambahkan air serta garam. Aduk aduk kemudian saring dan peras. Air perasan tersebut kemudian diminum.

7. Pendarahan haid
 Bagi wanita tentunya mengalami haid (datang bulan). Namun kadang-kadang haid tersebut sering terjadi hal hal yang justru mengakibatkan efek yang kurang baik. Salah satu imbas yang sering terjadi adalah timbulnya pendarahan. Jika dikala datang bulan mengalami pendarahan cobalah atasi dengan ramuan dari sambang darah. Kandungan kimia didalamnya akan menghentikan opendarahan tersebut.
 Caranya : Ambilah ranting sambang darah secukupnya (hanya daunnya saja) dan cuci bersih. Setelah itu direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Saring dan minum air rebusan tersebut secara teratur.

8. Pendarahan balasan keguguran / setelah melahirkan
 Pada ketika sehabis persalinan atau keguguran sering terjadi pendarahan yang bisa membuat keadaan fatal. Pendarahan tersebut harus segera dihentikan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan ramuan dari tanaman sambang darah. Caranya sangat simpel dan mampu dilakukan sendiri.
 Caranya : Cuci higienis akar sambang darah sebanyak 1,5 jari. Akar sambang darah tersebut selanjutnya direbus dengan air sebanyak 2 gelas. Biarkan hingga air rebusan tersebut berkurang menjadi 1 gelas. Angkat, saring dan dinginkan. Minumlah air rebusan akar sambang darah tersebut dengan aturan minum sehari 2 kali dan tiap kali minum setengah gelas.

Dalam penggunaan tanaman sambang darah haruslah dibawah pengawasan dokter lantaran dalam getah sambang darah terkandung senyawa yang sangat beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Semoga artikel kali ini mampu membantu dan selamat mencoba.

Tampilkan Komentar