Manfaat Daun Prasman Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 16, 2018
 Manfaat Daun Prasman Bagi Kesehatan Tubuh, Mengatasi Demam, Haid Tidak Teratur, Diare Kronis, Anyang-anyangan, Sariawan, Sakit Kepala, Borok.

Manfaat Daun Prasman Bagi Kesehatan
Tanaman prasman mempunyai nama ilmiah Eupatorium triplinerve Vahl dan merupakan tanaman yang berasal dari suku Asteraceae. Prasman adalah tanaman yang berasal dari Amerika tropis. Tanaman yang mempunyai bunga indah ini sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias atau pagar tanaman. Prasman sangat cocok tumbuh didaerah dataran rendah hingga dataran tinggi hingga ketinggian 1600 diatas permukaan bahari.

 Meskipun banyak ditanam sebagai tumbuhan hias, tumbuhan prasman ini merupakan tanaman semak. Prasman bisa tumbuh sampai 1 meter dengan batang yang berkayu dan beruas ruas. Cabang banyak, berwarna merah muda serta berambut tebal. Daun tumbuhan prasman merupakan daun tunggal berbentuk lanset dengan pangkal runcing dan ujung runcing. Permukaan daun licin dan warna daun prasman ialah hijau. Bunga prasman memiliki mahkota bentuk bintang, barambut putih berwarna ungu kemerahan.

 Tanaman prasman ini banyak tersebar diseluruh kawasan Indonesia. Karena itu tanaman prasman mempunyai nama yang berbeda-beda sesuai kawasan tersebut. Nama lain tumbuhan prasman disetiap tempat antara lain Sunda (jukut prasman), Jawa (raja panah, godong prasman), Sumatera (daun prasman, acerang, daun panahan). Selain sering dijadikan sebagai tanaman hias atau pagar rumah, tanaman prasman juga mempunyai segudang manfaat yang baik bagi kesehatan badan.


Sifat dan Efek parmakologis
-Daunn rasa pahit
-Berkhasiat sebagai hemostatis, antitusif, antipiretik, penambah nafsu makan, dan diuretik.

Kandungan Kimia
minyak asiri
ayepin timohidrokuinon
ayapanin
saponin
flavonoida
polifenol


Manfaat Daun Prasman Bagi Kesehatan :

• datang haid tidak teratur
• perdarahan seakan-akan mimisan
• bronkitis
• kurang nafsu makan
• sembab
• pilek
• batuk
• asma
• diare kronis
• batuk
• kencing sedikit
• sariawan
• demam
• busung air

Beberapa Manfaat Dan Cara Penggunaan Daun Prasman Bagi Kesehatan

1. Sakit kepala
 Tanaman prasman mempunyai manfaat yang baik dalam mengatasi kasus sakit kepala. Penggunaan tumbuhan prasman ini diyakini dampaktif dalam mengatasi sakit kepala. Bagian yang dipakai yaitu cuilan daunnya.
Bahan : Daun prasman 50 lembar
             Minyak kelapa / minyak zaitun
Caranya : Cuci hingga bersih terlebih dahulu daun prasman tersebut. Setelah itu haluskan dengan cara ditumbuk. Tambahkan air sedikit saja sehingga menyerupai adonan. Campurkan juga minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya dan aduk rata. Gunakan ramuan tersebut untuk dioleskan pada kepingan pelipis dan dahi secara merata.

2. Borok
 Agar borok cepat kering dan sembuh cobalah gunakan ramuan dari tanaman prasman yaitu belahan daunnya. Daun prasman ini memiliki senyawa yang mampu mempercepat pengeringan borok.
Bahan : 50 lembar daun prasman
             Minyak zaitun / minyak kelapa secukupnya.
Caranya : Cuci higienis daun prasman lalu tumbuk sampai halus. Setelah ditumbuk campurkan sedikit air lalu diaduk aduk hingga membentuk campuran. Selanjutnya tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa secukupnya dan aduk rata. Ubarkan ramuan tersebut pada bagian badan yang terdapat borok secara merata. Lakukan hingga boroknya sembuh.

3. Sariawan
 Jika mengalami perkara sariawan cobalah atasi memakai ramuan dari daun prasman. Manfaatnya dijamin ampuh untuk mengatasi masalah sariawan. Cara penggunaannya pun sangat mudah dan gampang.
Bahan : Daun prasman
Caranya : Bersihkan terlebih dahulu daun prasman sebelum digunakan. Setelah itu daun prasman tersebut dikunyah dibagian yang terdapat sariawan beberapa lama. Setelah itu buang ampas dan cairan daun prasman tersebut. Ulangi hingga sariawannya sembuh.

4. Diare kronis
Bahan : Daun prasman segenggam
             Batang daun prasman
Caranya : Cuci terlebih dahulu kedua bahan tersebut yaitu daun dan batang prasman. Kedua materi tersebut selanjutnya dipotong-potong menjadi beberapa belahan. Rebuslah dengan 2 gelas air sampai air rebusan tersebut tersisa setengahnya. Angkat, saring dan dinginkan. Minum ramuan tersebut secara teratur sehari 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari dengan aturan minum ½ gelas tiap kali minum.

5. Demam
 Manfaat selanjutnya yaitu mampu menurunkan demam. Caranya cukup praktis hanya dengan meminum ramuan dari tanaman prasman secara teratur maka penyakit demam akan mampu diatasi.
Bahan : Daun prasman segenggam
Caranya : Bersihkan terlebih dahulu daun prasman tersebut dengan cara dicuci. Agar simpel dan pengolahannya daun prasman tersebut dipotong-potong. Rebus dengan air sebanyak 3 gelas dan masukan gula aren secukupnya. Jika air rebusannya tinggal 1gelas maka segera angkat dan saring. Setelah hambar diminum dengan hukum sehari 4 kali minum.

6. Haid tidak teratur
 Haid sudah menjadi salah satu yng rutin terjadi pada perempuan. Biasanya haid tersebut tibanya teratur. Akan tetapi ada sebagian perempuan yang mengalami haid yang tidak teratur. Jika anda ialah salah satunya cobalah atasi dengan ramuan dari tumbuhan prasman. Pemanfaatan yang tepat akan mengatasi masalah haid yang tidak teratur.
Bahan : Daun prasman 25 gram
Caranya : Daun prasman dicuci higienis terlebih dahulu dan dibilas dengan air matang. Biarkan selama 20 menit kemudian diperas dan disaring untuk diambil airnya. Tambahkan madu secukupnya lalu minum sampai habis. Lakukan secara teratur.

7. Anyang-anyangan
Bahan : Daun prasman 20 gram
Caranya : Rebuslah daun prasman sebanyak 20 gram sehabis dicuci higienis dengan 2 gelas air. Jika air rebusannya tinggal 1 gelas, angkat dan saring. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur sehari 2 kali yaitu pada pagi dan siang hari. Ingat tiap kali minum ½ gelas.

 Semoga artikel perihal Manfaat Daun Prasman bagi kesehatan bermanfaat. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan dan mohon diluruskan pada kolom komentar. Selamat mencoba.

Tampilkan Komentar