Manfaat Daun Kentut Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 17, 2018
 Manfaat Daun Kentut Bagi Kesehatan, Mengatasi Cacar Ular, Sariawan, Mata Bengkak atau panas, Disentri, Sakit Lambung, Radang Telinga, gatal Kulit
 
Manfaat Daun Kentut

Daun kentut merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh disemak semak atau tempat terbuka lainnya. Tanaman ini memiliki aroma yang kurang sedap sehingga dinamakan daun kentut. Nama ilmiah daun kentut yaitu Paederia scandens (Lour.) Merr.serta termasuk kedalam keluarga Rubiaceae

 Daun kentut memiliki warna hijau dengan bentuk seolah-olah telur, atau lonjong. Daun kentut ini tergolong kedalam daun tunggal. Ukuran daun kentut yaitu memiliki panjang sampai 5 cm dengan ujung daun runcing dan pangkal daun mirip jantung.

Nama lokal daun kentut
Sumatera    : Sembukan, daun kentut
Sunda         : Kahitutan
Jawa           : Kasembukan
Ternate       : Gumi siki
Madura       : Kasembukan, bintaos

 Meskipun tanaman daun kentut mempunyai aroma yang tidak lezat, namun ternyata daun kentut memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan badan. Manfaat yang luar biasa bagi kesehatan badan tersebut tidak terlepas dari kandungan kimia yang terdapat dalam tumbuhan daun kentut tersebut. Berbagai kandungan kimia yang baik bagi kesehatan banyak terdapat dalam tanaman daun kentut tersebut.

Kandungan kimia daun kentut
Scandoside
Minyak menguap
Paederosidic acid
Asperulodise
Oleanolic acid
Deactelylasperuloside
Arbutin
Gama-sitosterol
Paederosid

Sifat kimiawi dan efek parmakologis tumbuhan daun kentut
Sifat kimiawi : sedikit pahit, bagus dan netral
Efek parmakologis : pereda kejang, analgetik, anti rematik, detoksifikasi, karminatif, stomakik, obat cacing, antitussive, mucolytic.


Gatal kulit
 Gatal pada kulit sering terjadi karena beberapa faktor misalnya digigit nyamuk, kena ulat atau bakteri dan kuman. Jika mengalami gatal kulit atasilah dengan ramuan dari tanaman daun kentut. Bagian yang dipakai yaitu daun dan batangnya.
Caranya : Cuci bersih daun kentut serta batang secukupnya. Kedua bahan tersebut selanjutnya dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digiling. Jika sudah halus ubarkan pada kawasan kulit yang mengalami gatal secara merata.

Radang indera pendengaran
 Selain tenggorokan, telinga juga mampu mengalami namanya peradangan. Salah satu faktor peradangan telinga yaitu kurangnya menjaga kesehatan telinga. Untuk mengatasi peradangan telinga jangan gundah karena daun kentut mampu menjadi obat ampuh untuk mengatasi radang indera pendengaran.
Caranya : Ambilah daun kentut segar sebanyak ½ genggam saja dan cuci higienis. Tumbuk hingga halus kemudian jikalau sudah halus diremas memakai air garam. Saring dan peras untuk diambil airnya. Gunakan air perasan daun kentut tersebut untuk dijadikan obat tetes pendengaran pada telinga yang mengalami peradangan.

Sakit lambung
 Sakit lambung ialah suatu kondisi dimana lambung mengalami peradangan. Peradangan tersebut mengakibatkan sakit dan mampu berakibat luka pada lambung. Untuk itu segeralah atasi sakit lambung tersebut sedini mungkin. Daun kentut mampu menjadi salah satu solusi obat tradisional untuk mengatasi sakit lambung. Bagian yang digunakan adalah potongan daunnya.
Caranya : Petiklah daun kentut segar sebanyak 60 gram kemudian basuh higienis. Setelah itu daun kentut tersebut ditumbuk sampai halus dan tambahkan garam secukupnya (1 sendok makan) dan aduk rata. Seduh dengan air matang 1 gelas kemudian aduk dan saring. Minumlah ramuan tersebut secara teratur yaitu diminum sebelum makan.

Disentri
 Daun kentut juga bisa menjadi obat tradisional untuk mengatasi disentri. Bahan yang dipakai yaitu pecahan daunnya.
Caranya : 60 gram daun kentut segar yang telah dicuci bersih ditumbuk sampai halus. Setelah itu tambahkan 1 gelas air dan 1 sendok makan garam kemudian diaduk rata. Saring dan minum ramuan tersebut yaitu pada waktu sebelum makan.

Mata benjol atau panas
 Manfaat selanjutnya dari daun kentut yaitu sebagai obat mata benjol atau mata terasa panas. Bagian yang digunakan adlah kepingan daunnya.
Caranya : Daun kentut segar secukupnya dicuci bersih. Setelah itu daun kentut tersebut direbus dengan air sampai mendidih. Tuangkan kedalam bejana kemudian cari tempat duduk diatas baskom tersebut dan duduklah hingga mata yang abuh/panas terkena uapnya. Ambil daun yang sudah direbus tadi kemudian bungkus dan tempelkan pada mata yang bengkak hingga daun tersebut menjadi cuek.

Mulas efek masuk angin
 Jika mengalami masuk angin salah satu dampak yang ditimbulkan ialah perut menjadi mulas. Hal itu dikarenakan angin yang masuk ke belahan perut mengganggu. Ada cara simpel untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan ramuan dari daun kentut.
Caranya : Petiklah daun kentut sebanyak 20 lembar dan cuci higienis. Daun kentut tersebut selanjutnya dikukus. Makanlah daun kentut tersebut sebagai lalapan atau dimakan bersama nasi.

Sariawan
 Untuk pemanfaatan obat sariawan, daun kentut harus dipadukan dengan bahan materi lainnya. Cara penggunaan daun kentut dalam mengatasi sariawan cukup simpel namun bahan bahan yang diharapkan cukup banyak serta beragam.
Bahan : Daun kentut 1/6 gram
              Daun sembung ¼ gram
              Gula enau 3 jari
              Daun picisan 1/5 genggam
              Ketumbar ¾ sendok
              Daun iler 1/5 genggam
              Kayu anggun ¾ jari
              Adas ¾ sendok
              Daun saga ¼ genggam
              Kunyit ½ jari
              Pulosari ¾ jari
              Daun pegagan ¾ genggam
              Lempuyang ½ jari
Caranya : Cuci bersih terlebih dahulu semua materi kecuali gula, adas. Setelah dicuci higienis kemudian materi bahan tersebut dipotong sesuai keperluan. Rebus semua materi dengan air sebanyak 4 ½ gelas. Setelah air rebusan tersebut berkurang hingga setengahnya, angkat dan saring. Minumlah ramuan tersebut secara teratur yaitu sehari 3 kali dengan catatan setiap kali membuat ramuan harus habis dalam sehari.

Cacar ular
Bahan : Daun kentut secukupnya
Caranya : Setelah dicuci bersih daun kentut kemudian ditumbuk hingga halus. Ubarkan daun kentut tersebut pada kulit yang terdapat cacar ular secara merata. Ulangi beberapa kali.


Perhatian
- Menimbulkan rasa busuk kalau minum ramuan daun kentut
- Menimbulkan hawa panas
- Sering kencing
- Timbul rasa sakit local jika dinjeksi menggunakan obat suntik dari daun kentut

 Semoga artikel wacana Manfaat Daun Kentut bagi kesehatan kali ini bermanfaat. Selamat mencoba dan supaya bermanfaat. Baca juga artikel lainnya tentang Manfaat Buah Alpukat.

Tampilkan Komentar