Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 01, 2018
 Daun encok (Plumbago zeylanica L) termasuk kedalam keluarga Plumbaginaceae. Ciri dari daun encok yaitu rasanya yang pahit, bersifat tonik serta beracun. Daun encok bermanfaat bagi kesehatan, mengobati rematik, mengatasi sakit kepala, mengobati sakit pinggang.

Daun Encok

 Apakah anda pernah mendengar daun encok?. Mungkin hanya sebagian dari kita yang mengenal daun encok. Daun encok merupakan tanaman dari keluarga Plumbaginaceae dan memiliki nama ilmiah Plumbago zeylanica L. Dalam daun encok terkandung zat yang bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional yaitu droserone, chitranone, plumbagin, 3-chloroplum, 3-3-biplumbagin. Rasanya yang pahit, bersifat tonik serta beracun merupakan ciri dari daun encok.

 Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan


1. Obat sakit pinggang
  Daun encok memiliki senyawa yang baik untuk meredakan sakit pada serpihan pinggang. Senyawa dalam daun encok ini mengembalikan kondisi pinggang menjadi normal kembali terbebas dari penyakit pinggang.

 Bahan : 15 gram daun encok segar
            1 sendok makan kapur sirih

 Caranya : cuci terlebih dahulu daun encok segar sampai bersih. Setelah itu daun encok tersebut ditumbuk hingga halus serta campurkan kapur sirih dan aduk rata. Balurkan ramuan dari daun encok tersebut pada potongan pinggang yang sakit secara merata selama 20 menit lalu cuci bersih. Ulangi secara teratur dengan cara yang sama.

2. Obat sakit kepala
 Senyawa dalam daun encok juga mampu mengatasi kasus sakit kepala. Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang menciptakan kepala jadi pusing. Sakit kepala ini banyak sekali faktor penyebabnya mulai dari berfikir terlalu keras, kena hujan atau lainnya.

 Bahan : Daun encok secukupnya
            Minyak kelapa secukupnya

 Caranya : Daun encok pertama-tama dicuci higienis. Setelah itu dipipis serta campurkan minyak kelapa dan aduk hingga seakan-akan adonan kudapan manis. Balurkan ramuan daun encok tersebut pada kepingan pelipis secara merata dan biarkan selama ½ jam. Setelah itu basuh higienis.

3. Obat kusta
 Penyakit kusta ialah salah satu penyakit dimana terjadi luka kemudian terinfeksi oleh bakteri. Penyakit kusta ini harus segera mungkin diatasi karena berbahaya. Tanaman daun encok mampu menjadi alternative untuk mengatasi masalah tersebut lantaran senyawa dalam tanaman ini akan membunuh bakteri penyebab kusta tersebut.

 Bahan : Akar daun encok secukupnya
            Susu murni
            Air

 Caranya : Cuci bersih akar daun encok kemudian tumbuk hingga halus. Jika sudah benar-benar halus kemudian tambahkan susu serta air dan aduk hingga membentuk seakan-akan pasta. Gunakan ramuan tersebut untuk dioleskan pada potongan tubuh yang mengalami penyakit kusta secara merata. Setelah 30 menit buang dan bersihkan.

4. Melancarkan buang air kecil
 Jika mengalami kasus dengan buang air kecil yaitu sakit atau tersendat mampu diobati memakai ramuan dari daun encok. Ramuan daun encok akan mengembalikan buang air kecil kembali normal.

 Bahan : Daun encok
              Adas pulosari

 Caranya : Daun encok serta adas pulosari dicuci bersih masing-masing ½ genggam. Selanjutnya kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Balurkan ramuan tersebut pada kepingan bawah perut tepatnya pada kawasan kandung kemih secara merata selama ½ jam. Bersihkan dengan air sampai bersih.

Perhatian :
1. Pengobatan dilakukan hanya sebagai obat luar
2. Pengobatan tidak boleh lebih dari 30 menit alasannya mampu terjadi melepuh
3. Wanita hamil dihentikan memakai ramuan daun encok
4. Bila terjadi perkara pada kulit segera cuci dengan asam borat

 
Ternyata Manfaat Daun Encok sangat banyak bagi kesehatan. Usahakan jikalau ingin memanfaatkan daun encok harus dibawah pengawasan yang sudah ahli. Baca juga artikel perihal Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami dan Segudang Manfaat Buah Belimbing Wuluh.

Tampilkan Komentar