Manfaat Daun Dandang Gendis

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 23, 2018
 Tanaman dandang gendis memiliki nama latin clinacanthus nutans lindau. Tanaman ini merupakan cuilan dari keluarga achantaceae. Dandang gendis tumbuh didataran rendah yaitu ditempat-tempat yang cukup terkena sinar matahari secara pribadi.

Daun Dandang Gendis




 Tanaman dandang gendis tumbuh tegak dengan tinggi bisa mencapai hingga 2 meter. Dandang gendis ini termasuk kedalam tanaman perdu tahunan dengan batangnya berwarna hijau beruas serta berkayu. Daunnya berbentuk lanset, berwarna hijau, tumbuh berhadapan serta termasuk kedalam daun tunggal. Dandang gendis ini mempunyai buah dengan bentuk lingkaran memanjang, kotak serta memiliki warna coklat. Sementara bunganya berwarna berwarna merah muda yang tumbuh diketiak daun atau ujung batang. Bunga dandang gendis ini termasuk kedalam bunga majemuk dengan mahkota bunganya seolah-olah tabung. Keseluruhan bentuk dari bunga dandang gendis yaitu berbentuk malai.


 Pertumbuhan tanaman dndang gendis di daerah kita tumbuh subur karena cocok dengan iklimnya. Dandang gendis mudah ditemukan dirempat termuka, semak, atau tempat yang cuckup terkena sinar matahari. Di Sunda dandang gendis disebut dengan ki tajam sedangkan kalau di Jawa disebut dengan gendis.

 Setelah dilakukan penelitian oleh para mahir, dandang gendis ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan badan. Berbagai penyakit yang menyerang kesehatan mampu diobati memakai ramuan dari dandang gendis. Dandang gendis mampu dimanfaatkan bagi kesehatan dikarenakan dalam tanaman tersebut terkandung aneka macam senyawa kimia yang memang bermanfaat bagi kesehatan badan. Kandungan tersebut antara lain polifenol, saponin, minyak atsiri dan alkaloid. Bagian yang dimanfaatkan bagi kesehatan adalah potongan daunnya.

Sifat kimiawi serta efek farmakologis daun dandang gendis

Berbau aromatis serta memiliki rasa pahit. Sebagai anti diare, diuretik, mengefektifkan fungsi kelenjar badan, anti demam serta meningkatkan sirkulasi dalam tubuh.

Berikut manfaat daun dangdang gendis bagi kesehatan beserta cara penggunaannya

1. Diabetes

Bahan : Daun dandang gendis (7 lembar diabetes ringan, 21 lembar diabetes berat)
              Air 2 gelas
Caranya : Daun gendis segar dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Rebuslah daun dandang gendis tersebut dengan 2 gelas air. Jika air rebusan daun dandang gendis tinggal 1 gelas, angkat dan saring. Minumlah ramuan dari daun dandang gendis tersebut selama 2 ahad dengan hukum minum sehari 2 kali. Setelah 2 ahad penggunaan cobalah cek ke dokter perubahannya.

2. Disentri

Bahan : Daun dandang gendis 1 genggam
              5 gelas air
Caranya : Cuci bersih daun dandang gendis smpai higienis. Daun dan dang gendis tersebut lalu direbus dengan 5 gelas air. Biarkan hingga air rebusannya berkurang menjadi 3 gelas. Angkat, saring dan dinginkan. Minum ramuan dari daun dandang gendis tersebut sehari 3 kali yaitu pagi, sore dan malam hari. 

3. Menormalkan gula darah

Bahan : 10 gram daun dandang gendis yang telah dilayukan
              1 gelas air
Caranya : 10 gram daun dandang gendis yang telah dilayukan dicuci terlebih dahulu. Rendam daun dandang gendis tersebut didalam air yang masih mendidih selama 1 menit. Angkat, saring dan dinginkan. Minumlah air rendaman daun dandang gendis tersebut secara teratur semoga daya tahan badan tetap terjaga dengan baik.

4. Melancarkan buang air kecil

Bahan : daun dandang gendis 15 gram
              1 gelas air
Caranya : setelah dicuci bersih daun dandang gendis kemudian direbus dengan 1 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu angkat, saring dan dinginkan. Minumlah ramuan dari daun dandang gendis tersebut sampai habis.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bahan : Daun dandang gendis layu 10 gram
              Daun meniran 10 gram
Caranya : Pertama tama daun dandang gendis dan daun meniran dicuci bersih. Setelah itu kedua materi tersebut direndam dengan air yang mendidih selama 1 menit. Saring dan dinginkan. Agar rasanya lebih nikmat tambahkan madu. Minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik.

6. Minuman kesehatan

Bahan : Daun dandang gendis yang telah dilayukan 10 gram
Caranya : Seduh dengan air mendidih daun dandang gendis tersebut selama 1 menit. Setelah itu saring dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan tersebut secara teratur.


Perhatian
 Ibu hamil dihentikan memakai ramuan dari daun dandang gendis lantaran belum diketahui efek abortifumnya.

 Tanaman dandang gendis mempunyai sejuta manfaat yang baik bagi kesehatan badan. Jika mengalami salah satu perkara kesehatan seperti diatas, cobalah atasi dengan ramuan dandang gendis seakan-akan yang telah dijelaskan. Namun alangkah baiknya bila sebelum menggunakan ramuan dari dandang gendis berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

 Demikian artikel tentang Manfaat Daun Dandang Gendis yang mampu disampaikan. Jika ingin menambahkan atau memberi komentar silahkan pada kolom komentar yang telah tersedia. Baca juga artikel ihwal Manfaat Awar-Awar bagi kesehatan badan dan Manfaat Patikan Kebo.

Tampilkan Komentar