Manfaat Daun Beluntas Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 09, 2018
 Tanaman beluntas mempunyai nama ilmiah Pluchea indica less dan tergolong kedalam tanaman semak. Ciri dari tanaman ini adalah tanaman semak berusuk halus, cabangnya banyak serta berbulu lembut. Di setiap kawasan di Indonesia tanaman ini mempunyai nama yang berbeda beda misalnya saja di Jawa (Luntas), Sunda (Beruntas), Sulawesi ( Lemutasa) dan masih banyak lagi nama yang lainnya di tempat lainnya. Manfaat daun beluntas bagi kesehatan menghilangkan kedaluwarsa badan dan basi lisan, mengobati keputihan, melancarkan haid serta mengobati hipertensi.

Daun Beluntas

 Jika kita bepergian ke pegunungan atau dataran yang tinggi mungkin kita akan gampang menemukan yang dinamakan dengan tanaman beluntas. Tanaman ini memang banyak ditemukan didataran tinggi sekitar 1000 meter dari permukaan maritim. Sejak zaman dahulu tanaman beluntas sudah banyak dimanfaatkan bagi kesehatan.

 Tanaman beluntas memiliki nama ilmiah Pluchea indica less dan tergolong kedalam tanaman semak. Ciri dari tanaman ini yaitu tanaman semak berusuk halus, cabangnya banyak serta berbulu lembut. Di setiap daerah di Indonesia tanaman ini memiliki nama yang berbeda beda contohnya saja di Jawa (Luntas), Sunda (Beruntas), Sulawesi ( Lemutasa) dan masih banyak lagi nama yang lainnya di kawasan lainnya.

 Kandungan zat kimia dalam tanaman beluntas antara lain :

Vitamin A
Vitamin C
Minyak asitri
Tannin
Alkaloid
Asam amino
Magnesium
Fosfor
Lemak
Kalsium
Flafonoida
Natrium
Sterol

 Berikut manfaat daun beluntas bagi kesehatan

1. Menghilangkan Bau Badan
 Rebuslah daun beluntas beberapa helai yang sudah dicuci higienis dengan 3 gelas air. Biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal setengahnya. Minumlah ramuan tersebut pagi dan sore hari selagi hangat. Atau mampu juga dibikin lalapan.

2. Obat Keputihan
 Siapkan 25 lembar daun beluntas lalu cuci hingga benar benar higienis. Rebuslah daun beluntas tersebut dengan 3 gelas air serta tambahkan temulawak yang kering 2 jari, kunyit 3 ruas jari, dan kencur 1.5 ruas jari. Biarkan hingga air rebusan tersebut tinggal separuhnya serta tiriskan. Minumlah secara teratur dengan dosis tiap minum setengah gelas.

3. Melancarkan haid
 Tumbuk halus segenggam daun beluntas sampai halus. Seduh dengan 2 gelas air panas serta tambahkan garam secukupnya. Biarkan beberapa menit kemudian peras dan saring. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari dengan takaran tiap minum satu gelas.

4. Obat Hipertensi
 Rebuslah beberapa helai daun beluntas dengan 5 gelas air dan biarkan hingga air rebusannya tinggal separuhnya. Angkat dan dinginkan. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari sebanyak satu gelas tiap minum secara teratur.

 Tidak ada salahnya kalau kita mencoba menggunakan obat tradisional untuk mengobati aneka macam penyakit lantaran dampak sampingnya hampir tidak ada dan sangat gampang membuatnya. Semoga artikel yang aku tulis perihal Manfaat Daun Beluntas bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel tentang Obat Asam Urat Alami dan Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan.

Tampilkan Komentar