Manfaat Daun Awar-Awar Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 21, 2018
 Tanaman obat yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu mengenai awar awar. Untuk anak anak yang hidup diperkotaan pada zaman sekarang mungkin kurang tahu bahkan tidak tahu sama sekali tanaman awar awar lantaran sudah jarang dijumpai. Namun kalu di desa desa tanaman ini masih praktis untuk dijumpai.


 Awar awar merupakan tanaman yang tumbuh disemak semak, hutan, atau daerah liar lainnya. Awar awar ini adalah tumbuhan yang berasal dari suku moraceae sehinnga masih satu keluarga denga beringin. Nama ilmiah tumbuhan awar awar yaitu ficus septica.

Uraian :

 Termasuk kedalam tanaman perdu yang tumbuh tegak mencapai tinggi 5 meter bahkan lebih. Awawr awar ini beranting banyak dan ranting ranting tersebut berongga dengan bentuk lingkaran dan kulitnya coklat. Ranting dan batang tumbuhan awar awar memiliki getah dengan warna kuning muda. Sedangkan daun awar awar mempunyai warna hijau muda di bawah permukaan daunnya dan berukuran cukup besar. Pangkal daun agak bundar sedangkan ujung daunnya runcing. Daun daun tersebut tumbuh berhadap hadapan dan bersilang. Awar awar memiliki buah yaitu tunggal atau berpasangan. buah tersebut tumbuh dari ranting atau batang biasanya dilindungi oleh daun. Buah awar awar bertangkai dengan ukuran pendek. Jika sudah masak warna buahnya akan menjadi bubuk-abu sedangkan ketika masih muda berwarna hijau muda.

Nama Nama Lokal Tanaman Awar Awar

Belitung                  : Awar awar
Minahasa                : Tagalolo, Bei, Loloyan
Sunda                      : Ki ciyat
Jawa                       : Awar awar
Madura                   : Bar-abar
Bugis                      : Dausalo
Makasar                  : Tobotobo
Ternate                    : Tagalolo
Halmahera Utara     : Bobulutu
Ambon                    : Sirih popar


Kandungan Unsur Kimia Tanaman Awar Awar

Flavonoid
Sterol
Alkaloid tylocrebin
Alkaloid isotylocrebin

Manfaat dan Khasiat Tanaman Awar Awar Bagi Kesehatan

1. Herpes
2. Antibakter
3. Penawar gadung, ikan, dan kepiting bagi orang yang mempunyai sensifitas tinga terhadap kuliner tersebut.
4. Muntah
5. Mual
6. Kutil dan penyakit kulit lainnya.
7. Melawan sel kanker
8. Radang usus buntu
9. Gigitan ular berbisa
10. Bengkak-bengkak
11. Sakit kepala
12. Mengatasi jerawat
13. Rematik
14. Sesak napas (asma)

Berikut beberapa cara penggunaan daun awar-awar bagi kesehatan :

1. Rematik

Bahan : Daun awar – awar secukupnya
Caranya : Cuci higienis daun awar-awar agar terhindar dari kuman dan basil. Setelah itu daun awar –awar tersebut dipipiskan sampai berbentuk mirip pasta. Balurkan ramuan tersebut pada pecahan badan yang terasa nyeri akhir rematik secara merata.

2. Sakit kepala

Bahan : Daun awar –awar
Caranya : Petiklah daun awar – awar segar secukupnya dan basuh higienis. Setelah itu daun awar awar tersebut digiling hingga halus dan tambahkan air secukupnya sambil di aduk-aduk hingga berbentuk pasta. Oleskan pada serpihan ujung pelipis atau kawasan yang sakit.

3. Herpes

Bahan : Daun awar – awar
Caranya : Ambil daun awar – awar segar secukupnya lalu cuci sampai higienis. Setelah itu dipipis hingga berbentuk seakan-akan pasta. Oleskan pada kepingan yang sakit secara merata. Ulangi bila ramuan sudah kering.

4. Bisul

Bahan : Daun awar – awar 5 gram
Caranya : Daun awar awar dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Setelah itu tumbuk sampai halus. Ubarkan pada nanah secara merata kecuali potongan matanya. Ulangi beberapa kali jika ramuannya kering.

5. Bengkak

Bahan : Getah awar – awar
Caranya : Ambil daun awar – awar atau batangnya kemudian ambil getahnya. Gunakan getah tanaman awar – awar tersebut untuk mengatasi abuh dengan cara dioleskan pada potongan badan yang benjol secara merata.

6. Luka bakar

Bahan : Akar awar-awar
Caranya : Ambilah akar awar-awar secukupnya kemudian cuci bersih. Setelah itu haluskan akar awarawar tersebut dengan cara ditumbuk atau digiling. Ubarkan pada kulit yang mengalami luka bakar secara merata. Kandungan kimia dalam akar awarawar akan membantu mendinginkan luka bakar.

7. Muntah

Bahan : Akar awar awar
              Akar alang-alang
Caranya : Siapkan akar awar-awar serta akar alang-alang secukupnya kemudian cuci higienis. Tumbuk kedua materi tersebut sampai benarbenar halus kemudian peras dan saring. Minumlah air perasaan tersebut sampai habis.

8. Keracunan ikan, kepiting, gadung
Bahan : Akar awar-awar
              Adas pulowaras
Caranya : Cuci higienis materi-bahan sebelum dipakai. Haluskan kedua bahan tersebut dengan cara ditumbuk. Saring dan peras untuk diambil airnya. Minumlah air perasan ramuan tersebut.

 Semoga artikel ini membantu dalam mencari obat tradisional. Baca juga artikel tentang Manfaat Tanaman Patah Tulang.

Tampilkan Komentar