Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 02, 2018
 Ciplukan merupakan tanaman semusim yang hidup liar dan biasa ditemukan di area pesawahan. Ciplukan mempunyai nama ilmiah Physalis angulata dan memiliki ciri yang khas yaitu buahnya tertutup kelopak bunga. Manfaat ciplukan bagi kesehatan yaitu mengobati hipertensi, obat bisul, mengobati kencing anggun, obat sariawan.


 Zaman aku kecil pada animo kemarau jika pergi ke sawah berbagai dijumpai yang namanya tanaman ciplukan. Namun seiring perkembangan zaman tanaman ini sudah jarang dijumpai. Ciplukan (Physalis angulata) merupakan tanaman liar yang banyak dijumpai di pesawahan pada musim kemarau. Ciri yang paling khas dari tanaman ini yaitu buahnya yang tertutup pembesaran kelopak bunga.

 Tumbuhan ciplukan mampu dimanfaatkan bagi kesehatan kita dengan cara pengolahan yang sempurna. Dalam Ciplukan terkandung asam sitrat, alkaloid, tanin, asam malat, vitamin C, gula dan kriptoxantin.

 Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan

1. Obat Kencing Manis
 Ambil tanaman ciplukan yang sudah kering sebanyak 20 gram. Rebuslah ciplukan tersebut dengan air sebanyak 3 gelas hingga mendidih. Angkat dan saring serta biarkan dingin. Minumlah 2 kali sehari pagi dan sore hari secara teratur.

2. Mengobati Sariawan
 Vitamin C yang banyak terkandung dalam buah ciplukan bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan. Konsumsilah buah ciplukan secara teratur semoga sariwan cepat sembuh.

3. Mengobati Darah Tinggi
 Rebuslah tanaman ciplukan kering sebanyak 10 gram dengan 150 ml air selama 15 menit. Saring dan dinginkan. Minumlah ramuan tersebut sehari 2 kali pagi dan sore hari secara teratur.

4. Mengobati Bisul
 Bahan : Daun ciplukan 20 gram
             Adas pulasari 1 sendok
             Daun sirih 2 lembar
             Garam secukupnya
 Caranya : Tumbuk semua bahan tersebut hingga halus dan menyatu. Kemudian oleskan 
                  ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terkena infeksi.

 Catatan : Untuk ramuan tanaman ciplukan yang direbus, air rebusan yang sudah sehari semalam sebaiknya jangan digunakan lantaran kadar didalamnya sudah rusak.

 Demikian ihwal Manfaat Ciplukan bagi kesehatan. Semoga apa yang aku sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel tentang Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami dan Manfaat Daun Encok.


Tampilkan Komentar