Kandungan Dan Manfaat Buah Sawo

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 07, 2018
 Buah sawo (Acrhras zapota. L) merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Mexico, Hindia Barat, Guatemala (Amerika Tengah). Dalam buah sawo terkandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan. Buah sawo bermanfaat sebagai obat disentri, sebagai sumber serat, menjaga kesehatan mata, membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan kulit, sangat baik bagi tulang, membantu mencegah terkena anemia.

Buah Sawo

 Di indera pendengaran kita mungkin tidak aneh lagi jika mendengar buah sawo. Buah ini banyak disukai lantaran rasanya yang cantik serta ciri dari buah sawo itu sendiri. Buah sawo banyak di jumpai di pasar atau di pinggir jalan. Namun banyak yang tidak tahu lebih detail perihal buah sawo dan manfaatnya.
 Buah sawo atau nama ilmiahnya Acrhras zapota. L merupakan tanaman tropis yang berasal dari Mexico, Hindia Barat, Guatemala (Amerika Tengah). Buah sawo bermanfaat bagi kesehtan karena mengandung aneka macam zat yang baik bagi kesehatan.

 Kandungan zat dalam buah sawo antara lain :

Protein
Kalsium
Fosfor
Vitamin A
Vitamin B
Vitamin C
Protein
Folat
Air
Magnesium
Karbohidrat
Serat
Sodium
Selenium
Tembaga
Kalium
Riboflavin
Besi
Niacin
Lipid
Zinc

 Berikut Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan :

1. Obat Disentri
 Siapkan sawo yang masih muda sebanyak 2 buah dan basuh bersih. Kemudian buah sawo tersebut dihaluskan dan tambahkan garam secukupnya. Minumlah ramuan tersebut pagi dan sore hari.

2. Sebagai Sumber Serat
 Serat yang terkandung dalam buah sawo sangat tinggi jumlahnya. Dengan jumlah yang sangat tinggi tersebut buah sawo baik untuk mengatasi sambelit dan diare.

3. Menjaga Kesehatan Mata
 Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam buah sawo mampu menjaga kesehatan mata kita dari berbagai penyakit mata. Konsumsilah buah sawo secara teratur selain lezat rasanya buah sawo juga bermanfaat.

4. Membantu Pertumbuhan
 Protein yang ada dalam buah sawo sangat baik untuk pertumbuhan anak anak. Kita tahu bahwa protein sangat baik bagi pertumbuhan

5. Menjaga Kesehatan Kulit
 Vitamin E berguna untuk kesehatan kulit. Dalam buah sawo terkandung vitamin E yang cukup tinggi. Jadi semakin banyak kita mengonsumsi buah sawo maka kesehatan kulit kita mampu terjaga.

6. Sangat Baik Bagi Tulang
 Kandungan fosfor dan kalsium dalam buah sawo mampu menyehatkan tulang. Karena fosfor dan kalsium merupakan zat yang diharapkan oleh tulang

7. Mencegah Dari Gejala Anemia
 Dengan mengonsumsi sawo membantu memproduksi sel darah yang gres. Karena dalam buah sawo terkandung zat folat, besi, fosfor yang memang mampu membantu dalam proses pembentukan sel darah gres.

 Buah sawo ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita sering mengonsumsi buah sawo. Selain rasanya yang elok juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Itulah artikel tentang Kandungan Dan Manfaat Buah Sawo bagi kesehatan. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat. Baca juga artikel wacana Khasiat Madu Bagi Kesehatan dan Obat Darah Tinggi Alami.

Tampilkan Komentar