Varises Dan Faktor Penyebabnya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 02, 2018
 Tubuh terdiri dari banyak sekali jenis anggota tubuh yang tersusun sesuai dengan fungsinya masing-masing. Salah satunya yaitu pembuluh darah. Pembuluh darah merupakan salah satu cuilan dari tubuh yang mempunyai fungsi mengalirkan darah keseluruh serpihan badan. Pembuluh darah juga terdiri dari banyak sekali jenis dan fungsi. Bagian badan ini juga mampu terganggu lantaran beberapa akibat yang sering dinamakan dengan varises. Untuk lebih terangnya akan dibahas pada artikel kali ini wacana varises dan faktor penyebabnya.

Varises
Varises Dan Faktor Penyebabnya

 Varises kebanyakan terjadi pada serpihan kaki maupun tangan. Varises ini sangatlah menganggu karena varises akan menciptakan pembuluh darah tampak kelihatan dengan jelas serta berbelok-belok. Seseorang yang mengalami varises akan merasa kurang percaya diri serta sering mengalami masalah yang berhubungan dengan pembuluh darah. Varises diakibatkan lantaran terjadinya hambatan pada pembuluh darah sehingga ajaran darah tidak maksimal.

 Pengertian varises sendiri yaitu pembuluh darah yang diakibatkan karena adanya hambatan sehingga mengakibatkan pembuluh darah tersebut (urat-urat) melebar dan berbelok-belok. Sebenarnya pembuluh darah dilengkapi dengan katup , kalau struktur tonus otot pembuluh darah balik lemah maka akan mengakibatkan varises.

 Kita bisa tahu jikalau mengalami varises dari tanda-tanda yang ditimbulkannya. Berikut yaitu beberapa tanda-tanda yang jikalau mengalami varises :

1. Pada awalnya kaki terasa berat, panas, kaku serta otot terasa pegal. Hal tersebut kebanyakan terjadi pada malam hari.
2. Akan sering mengalami kram dalam berbagai suasana meskipun dikala kalem sekalipun.
3. Adanya perubahan warna kaki yang kebanyakan terjadi di daerah sekitar mata kaki
4. Pembuluh darah mengalami pelebaran
5. Adanya pembengkakan pada kaki
6. Pembuluh darah vena luar mengalami perubahan berbelok-belok serta kebiru-biruan
Menurut para mahir kesehatan, varises muncul bukan begitu saja melainkan ada faktor-faktor yang menyebabkan varises tersebut terjadi. Faktor-faktor penyebab varises kebanyakan lantaran teladan kehidupan sehari-hari yang dilakukan namun mampu dikatakan tidak baik.

 Berikut Faktor-Faktor Yang Memicu Terjadinya Varises

1. Berdiri Terlalu Lama
 Sering bangkit dengan waktu yang usang merupakan salah satu yang mampu menyebabkan timbulnya kasus varises. Hal tersebut dikarenakan kaki akan menahan beban yang berat dari tubuh. Berdiri dengan posisi membisu ditempat yang menimbulkan perkara varises karena kaki tidak bergerak dan beban badan tetap membebani kaki.

2. Hamil
 Wanita hamil juga sangat rentan dengan kasus varises. Sebab keadaan hamil adalah faktor penyebab timbulnya varises. Orang hamil sudah dipastikan berat badannya semakin bertambah dan secara otomatis beban yang ditompang oleh kaki akan bertambah. Selain itu wanita yang sedang hamil juga akan terjadi peningkatan hormon progesteron. Hormon ini juga mempengaruhi timbulnya varises.

3. Penderita Kencing Manis
 Penderita kencing manis juga bisa menjadi salah satu faktor yang berakibat timbulnya varises. Kencing anggun merupakan salah satu penyakit yang ada kaitannya dengan pembuluh darah sehingga penderita kencing anggun bisa mengalami varises.

4. Penderita Kolesterol Tinggi
 Selain kencing elok, penderita kolesterol tinggi juga menjadi salah satu faktor pemicu kasus varises. Selain berkaitan dengan pembuluh darah, penyakit ini juga ada kaitannya dengan masalah kegemukan.

5. Keturunan
 Keturunan merupakan faktor selanjutnya yang menimbulkan timbulnya varises. Yang dikatakan seseorang mengalami varises lantaran faktor keturunan adalah orang yang mengalami varises pada usia muda. Kaprikornus bila seseorang pada usia muda mengalami varises kemungkinan besar diakibatkan lantaran faktor keturunan.

6. Suka Merokok
 Sudah bukan rahasia umum lagi jikalau seseorang merupakan perokok akan mengalami berbagai masalah yang menyerang badan. Bahkan dalam bungkus rokok juga sudah diperingatkan akan ancaman dari rokok tersebut. Selain peringatan tersebut, rokok juga bisa menimbulkan masalah varises. Zat yang terkandung dalam rokok mampu mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah serta kaku. Dengan demikian elastisitas pembuluh darah akan hilang maka timbulah varises.

7. Kurang Gerak
 Jika seseorang kurang gerak mampu berakibat terkena masalah varises. Kurang gerak mampu berakibat ajaran darah tidak maksimal karena otot-otot yang berada disekitar pembuluh darah vena tidak maksimal dalam memompa darah.

8. Kebiasaan Memakai Hak Tinggi
 Khusus bagi perempuan yang sering memakai hak tinggi diusahakan dikurangi pemakainnya. Karena hak yang tinggi termasuk kedalam faktor yang mengakibatkan timbulnya varises. Pemakaian hak tinggi membuat fungsi gerak otot tumit tidak bisa maksimal. Jika sudah terkena varises maka tidak akan percaya diri lagi menggunakan hak tinggi dengan celana pendek atau rok.

 Varises memang tidak berbahaya bagi tubuh namun varises sendiri sering menimbulkan imbas yang bisa dibilang menganggu diantaranya yaitu terjadinya kram yang sering. Sehingga varises sebaiknya diatasi semenjak dini biar pembuluh darah kembali normal. Demikian artikel ihwal Varises serta faktor penyebabnya. Semoga artikel kali ini menambah wawasan kita perihal kesehatan serta tetap hidup sehat supaya tidak terkena berbagai perkara yang menyerang badan.

Tampilkan Komentar