Segudang Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 29, 2018
 Belimbing wuluh (Averrhoa bilibi L) merupakan tumbuhan yang diyakini berasal dari Indonesia dan Malayasia. Buah ini mengandung zat yang baik bagi kesehatan. Belimbing wuluh bermanfaat bagi kesehatan, mengobati jerawat, sebagai obat batuk, menurunkan tekanan darah, mengobati diabetes.

Buah Belimbing Wuluh

 Di kawasan aku buah ini sering disebut dengan belimbing cina. Saya juga kurang mengerti kenapa dinamakan dengan belimbing cina padahal buah ini tidak ada sangkut pautnya dengan Negara Cina. Ya, dalam bahasa Indonesia buah ini dinamakan dengan buah belimbing wuluh atau sering disebut juga dengan belimbing sayur. Belimbing wuluh ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu kuliner.

 Belimbing wuluh merupakan tanaman khas dari Sri Lanka, Indonesia serta India. Belimbing wuluh ini memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi L. dan termasuk kedalam suku Oxalidaceae. Pohon belimbing wuluh mempunyai tinggi sampai 10 meter. Batangnya sendiri bangkit tegak dengan warna wijau kusam serta bercabang banyak. Daun belimbing wuluh merupakan daun majemuk dengan bentuk ujung daun runcing sementara pangkalnya lingkaran dan berwarna hijau muda. Sementara buahnya berbentuk bundar dengan panjang hingga 6 cm dan berwarna hijau agak kuning. Rasa dari buah belimbing wuluh ini ialah asam.

 Karena buah belimbing wuluh ini banyak tumbuh subur di Negara kita, belimbing wuluh ini memiliki nama yang berbeda-beda disetiap daerah. Nama lain belimbing wuluh disetiap tempat antara lain Sunda (balimbing), Jawa Tengah (blimbing wuluh), Batak Karo (belimbing), Lampung (balimbing), Irian (utekee), Sulawesi (calene, lembitue, bainang), Bali (blimbing buloh), Maluku (malibi, taprera).

 Belimbing wuluh dianggap sebagai buah yang hanya bisa dimanfaatkan sebagai bumbu makanan. Rasanya yang asam membuat buah ini jarang disukai buat dikonsumsi secara laangsung maupun dijadikan sebagai olahan makanan. Sehingga buah belimbing wuluh ini dianggap kurang bermanfaat. Padahal buah belimbing wuluh ini mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Buah belimbing wuluh ini mempunyai manfaat sebagai obat rematik, obat asma, batuk serta masih banyak lagi manfaat lain dari buah ini untuk kesehatan. Semua manfaat tersebut tidak terlepas dari senyawa yang terkandung dalam buah belimbing tersebut. Kandungan senyawa tersebut antara lain kalsium, karbohidrat, energi, lemak, fosfor, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, kalium, asam format, kalium sitrat, saponin, flavonoid, peroksida, tannin, kalsium, sulfur, glukosid.

Mengatasi Penyakit Asma

Jika mempunyai perkara dengan sistem pencernaan adalah mempunyai penyakit asma cobalah obati menggunakan obat tradisional dari belimbing wuluh. Pengobatan memakai ramuan belimbing wuluh ini mampu mengurangi penyakit asma secara perlahan. Caranya ambilah beberapa buah belimbing wuluh kemudian cuci higienis dan potong menjadi beberapa kepingan. Setelah itu buah belimbing wuluh tersebut direbus dengan air secukupnya serta tambahkan gula kerikil sampai benar-benar mendidih. Angkat, saring dan sehabis dingin diminum secara teratur yaitu 2 kali sehari sampai penyakit asmanya sembuh.

Mengobati Batuk

Siapkan buah, dun, bunga buah belimbing wuluh secukupnya kemudian dicuci higienis. Setelah itu semua materi tersebut direbus selama kurang lebih 30 menit. Saring dan setelah cuek minumlah ramuan tersebut secara rutin dan teratur.

Meringankan Pegal Linu

Pegal linu sering dialami jika terlalu berat bekerja, tidur yang kurang sempurna serta berbagai masalah lainnya. Pegal linu menciptakan badan terasa remuk, sakit sehingga membuat tubuh males untuk digerakan. Agar tubuh kembali normal dan terhindar dari kasus pegal linu cobalah ramuan tradisional dari buah belimbing wuluh. Kandungan senyawa dalam buah belimbing wuluh mampu mengobati penyakit pegal linu. Ambilah daun belimbing wuluh sebanyak 1 genggam lalu dicuci higienis. Haluskan daun belimbing wuluh tersebut dan haluskan juga biji cengkeh 10 buah dan lada 15 biji hingga semua halus dan tercampur merata. Jangan lupa tambahkan cuka secukupnya kemudian diaduk-aduk. Balurkan ramuan tersebut pada potongan tubuh yang mengalami pegal linu secara merata.

Obat Hipertensi
 Buah belimbing wuluh juga bisa dijadikan obat tradisional alami untuk mengobati hipertensi atau darah tinggi. Buah ini mempunyai senyawa yang mampu menurunkan darah tinggi secara mujarab. Caranya : Cuci higienis 5 buah belimbing wuluh kemudian dipotong-potong. Setelah itu buah belimbing wuluh tersebut direbus dengan 4 gelas air dan biarkan hingga air rebusannya tersisa 1 gelas. Minumlah secara rutin dan teratur adalah pagi hari sehabis sarapan.

Obat Diabetes
 Pengobatan diabetes menggunakan buah belimbing wuluh ialah : 6 buah belimbing wuluh dipotong-potong dan dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu buah belimbing wuluh tersebut direbus dengan 1 gelas air. Biarkan air rebusannya hingga tersisa ½ gelas barulah diangkat dan disaring. Setelah masbodoh ramuan tersebut diminum secara rutin dan teratur sehari 2 kali.

Obat Panu

 Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang berwarna putih serta menyebabkan rasa gatal. Penyakit panu bukanlah penyakit yang berbahaya namun penyakit ini sangat mengganggu sekali apalagi bila terdapat diarea-area tertentu seolah-olah tangan, wajah atau kaki. Pengobatan penyakit panu selaain memakai obat yang banyak dijual dipasaran, apotek, rumah sakit, juga mampu menggunakan obat tradisional alami yang mujarab adalah memakai buah belimbing wuluh. Caranya : Ambilah buah belimbing wuluh beberapa buah serta kapur sirih secukupnya. Haluskan buah belimbing wuluh tersebut serta campurkan kapur sirih dan diaduk rata. Gosokan ramuan tersebut pada belahan tubuh yang terdapat panu secara merata serta lakukan sehari 2 kali hingga panunya hilang.

Mengatasi Jerawat

 Buah belimbing wuluh sangat baik untuk dijadikan sebagai obat abses. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu buah belimbing wuluh dihaluskan lalu ditambahkan garam secukupnya dan aduk rata. Oleskan pada potongan wajah yang berjerawat secara merata. Jika sudah 15 menit, bersihkan dengan air dan ulangi beberapa kali sampai infeksinya sembuh.

 Itulah perihal Manfaat Buah Belimbing Wuluh bagi kesehatan. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat. Baca juga artikel ihwal Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Wasir Dan Cara Mengobatinya Secara Alami.

Tampilkan Komentar