Penyebab Dan Cara Mencegah Osteoporosis

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 10, 2018
Pada dasarnya kesehatan tubuh sangatlah berharga dan harus dijaga dengan baik. Pepatah mengatakan “kesehatan mahal harganya”. Pepatah tersebut sangatlah masuk akal alasannya kalau kesehatan tubuh terganggu maka untuk mengembalikan kesehatan tersebut memakan biaya yang tidak sedikit bahkan walaupun sudah mengeluarkan biaya yang mahal namun tetap saja kesehatan tidak kembali seolah-olah semula.

Penyebab Dan Cara Mencegah Osteoporosis
Penyebab Dan Cara Mencegah Osteoporosis

Banyak sekali masalah yang menyerang kesehatan tubuh, salah satunya adalah osteoporosis. Secara garis besar osteoporosis merupakan pengeroposan tulang. Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menjaga tulang dari osteoporosis. Untuk lebih terangnya mari kita simak bersama mengenai cara menjaga tulang dari osteoporosis.

Osteoporosis merupakan suatu penyakit yang menyerang tulang sehingga tulang mengalami pengeroposan. Osteoporosis mengakibatkan penurunan kualitas jaringan tulang sehingga lama kelamaan tulang menjadi keropos.

Pada umumnya osteoporosis sering terjadi di usia renta. Selain itu osteoporosis juga lebih banyak terjadi pada perempuan dibanding laki-laki. Osteoporosis sendiri sering disebut penyakit silent atau penyakit yang dirasakan secara tiba-tiba tanpa ada tanda-tanda telebih dahulu seperti penyakit pada umumnya. Biasanya seseorang divonis osteoporosis sesudah terjadi atau diperiksa ke dokter.

Meskipun penyakit osteoporosis tidak ada gejala-gejala khusus yang menunjukan penyakit ini namun osteoporosis bisa diketahui dari gejala-gejala secara umum selain diperiksa ke dokter. Gejala umum osteoporosis antara lain :
1. Mengalami nyeri kolaps punggung secara tiba-tiba. Nyeri yang dirasakan biasanya berlangsung usang/menahun.
2. Tulang secara perlahan akan berkurang kepadatannya sehingga menimbulkan rasa nyeri maupun kelainan bentuk tulang.
3. Mengakibatkan terjadinya patah tulang karena tekanan. Tekanan yang tidak terlalu berat juga mampu menimbulkan tulang menjadi patah.

Osteoporosis meskipun tidak disebut sebagai penyakit silent, namun penyakit ini terjadi bukan begitu saja. Osteoporosis terjadi lantaran beberapa faktor. Faktor-faktor penyebab osteoporosis sering kali hal yang dianggap sederhana serta jarang dihiraukan. Padahal penyebab tersebut bila dibiarkan mengakibatkan osteoporosis yang bisa membuat tulang keropos.

Berikut merupakan beberapa penyebab penyakit osteoporosis

• Keturunan
Faktor keturunan merupakan salah satu yang bisa menyebabkan seseorang terkena osteoporosis. Jika dalam keluarga tersebut ada yang mengalami penyakit osteoporosis maka kemungkinan besar keturunannya juga bisa terkena penyakit tersebut. Menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa keturunan asia lebih beresiko terkena osteoporosis dibanding keturunan eropa.

• Aktivitas
Aktivitas atau rutinitas seseorang juga bisa menjadi faktor penyebab osteoporosis. Jika seseorang aktif beraktivitas dan sering gerak fisiknya maka resiko terkena osteoporosis lebih rendah dibanding orang yang jarang beraktivitas atau gerak.

• Kurangnya Asupan Kalsium
Seseorang yang asupan kalsiumnya kurang sangat memungkinkan terkena osteoporosis lebih cepat. Karena bila asupan kalsium kurang menimbulkan kepadatan tulang berkurang.

• Rokok
Jika anda termasuk kedalam perokok maka anda dapat menjadi salah satu yang bisa terkena osteoporosis. Rokok mampu menjadi penyebab osteoporosis karena rokok dapat mempercepat melemahnya tulang.

• Alkohol
Asupan alkohol yang berlebihan juga mampu menjadi salah satu penyebab osteoporosis. Jika sering serta berlebihan asupan alkohol dalam tubuh dapat menimbulkan absorpsi kalsium tidak maksimal oleh tubuh.

• Hormon
Jika kebanyakan kadar hormon tiroid mengakibatkan hilangnya massa tulang. Sehingga hormon juga mampu menjadi salah satu yang bisa menimbulkan penyakit osteoporosis.

• Penggunaan Obat-Obatan
Kebanyakan memakai obat kortikosteroid juga menjadi salah satu penyebab osteoporosis. Selain obat tersebut masih banyak obat-obat lainnya yang menjadi penyebab osteoporosis.

• Jenis Kelamin
Penyebab lain yang mampu mengakibatkan osteoporosis ialah jenis kelamin. Laki-laki resiko terkena osteoporosis lebih rendah dibanding wanita. Karena struktur jaringan tulang wanita lebih sedikit dibanding dengan laki-laki.

• Usia
Usia juga menjadi salah satu potongan yang menimbulkan osteoporosis. Karena kebanyakan orang yang terkena osteoporosis ialah orang yang usianya sudah bau tanah.

Osteoporosis bisa dikategorikan sebagai penyakit yang berbahaya lantaran jika osteoporosis sudah dikategorikan parah mampu membuat suatu kepatalan. Tulang-tulang bisa menjadi keropos yang usang-kelamaan bisa patah sehingga keseimbangan tubuh tidak lagi seimbang.

Untuk itu, jagalah tulang kita sehingga tidak mengalami perkara osteoporosis. Cara mencegah osteoporosis bisa dilakukan sendiri tanpa membebani maupun mengeluarkan biaya yang mahal.

Cara mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang

1. Olahraga
Olahraga memang mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Dengan berolahraga tubuh menjadi sehat serta terhindar dari berbagai perkara yang menyerang tubuh. Salah satu manfaat olahraga yaitu mencegah terjadinya osteoporosis. Dengan berolahraga secara rutin setiap hari minimal 30 menit mampu menjaga tulang dari osteoporosis. Osteoporosis sering terjadi pada orang-orang yang jarang gerak atau beraktivitas.

2. Berhenti Merokok Dan Alkohol
Rokok dan alkohol merupakan sesuatu yang mempunyai pengaruh negatif bagi tubuh. Bahkan dalam bungkus rokok sudah tertulis jelas akan bahaya rokok. Selain itu bahaya kedua jenis tersebut yaitu pengeroposan tulang. Sehingga berhentilah merokok serta minum minuman beralkohol untuk mencegah tulang terkena osteoporosis.

3. Kurangi Konsumsi Daging
Daging merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik. Dengan mengonsumsi daging secara berlebih otomatis asupan protein hewani sangat banyak. Protein hewani tersebut dibantu penguraiannya oleh kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor sendiri dibutuhkan oleh tulang. Sehingga kurangi asupan daging biar tulang tetap terjaga dari osteoporosis.

4. Perbanyak Asupan Kalsium Dan Vitamin D
Kalsium dan vitamin D sangat baik bagi kesehatan tulang. Perbanyaklah asupan kalsium dan vitamin D biar tulang terhindar dari masalah osteoporosis. Banyak sekali makanan yang mengandung kalsium serta vitamn D.

5. Berjemur
Untuk mencegah biar tubuh terhindar dari perkara osteoporosis salah satunya yaitu dengan berjemur. Berjemurlah secara rutin lantaran tulang memerlukan vitamin D dan sinar matahari mengeluarkannya. Berjemur yang baik yaitu pada pagi serta sore hari.

6. Kurangi Asupan Kafein
Kafein banyak sekali terkandung dalam kopi. Kaprikornus untuk mencegah terjadinya osteoporosis yaitu kurangilah minum kopi. Minum kopi mampu diganti dengan minum minuman yang lain yang lebih sehat diantaranya susu atau teh. Jika tidak mampu berhenti minum kopi, maka dikurangi minum kopinya.

7. Berat Badan Dijaga
Selalu menjaga berat tubuh juga bisa mencegah osteoporosis. Karena kelebihan berat tubuh bisa membuat tulang menahan beban yang berlebih. Jadi tetap menjaga berat badan biar tulang terhindar dari osteoporosis.

8. Cek Berkala
Cara yang palin efektif untuk mencegah terkena osteoporosis ialah dengan selalu teratur berkonsultasi ke dokter. Jika sering berkonsultasi ke dokter maka tulang kita akan selalu terkontrol dengan baik.

Osteoporosis ternyata bisa dicegah biar tidak menyerang tulang kita. Osteoporosis juga jangan dianggap sebelah mata karena mampu membahayakan tubuh. Jagalah tulang kita semenjak dini agar terhindar dari kasus osteoporosis karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan tidak ada salahnya bila mencoba cara-cara diatas untuk mencegah osteoporosis.

Tampilkan Komentar