Manfaat Jus Seledri Dan Timun Untuk Diet Sehat

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 02, 2018
Manfaat Jus Seledri Dan Timun Untuk Diet Sehat - Sayuran seledri dan timun tentunya sudah tidak asing lagi. Keduanya banyak digunakan pada aneka macam olahan masakan Indonesia. Kedua bahan ini mudah dijumpai di mana-mana karena banyak dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap masakan. Namun selain untuk bahan masakan, ternyata kedua sayuran ini memiliki manfaat penting lain yakni sebagai diet. Mentimun memang sudah diketahui bagus untuk diet karena memiliki kandungan air yang banyak dan rendah kalori. Selain bagus untuk diet, mentimun bahkan sangat baik dimanfaatkan sebagai masker wajah khususnya untuk menghilangkan kannntong mata. Sedangkan seledri juga tidak jauh berbeda dengan mentimun yang memiliki kandungan air berlimpah. Dalam selesri terdapat 95% air dan juga sayuran ini rendah kalori. Dalam 100 gram seledri hanya mengandung 14 kalori yang mana merupakan jumlah yang sangat rendah. Jus seledri bisa dimanfaatkan untuk diet. Manfaat jus seledri dan timun untuk diet akan menjadi kombinasi yang tepat.

Dalam menjalankan acara diet biasanya sangat merepotkan dan juga susah untuk dilanekan. Banyak sekali pelane diet yang akhirnya malas melanjutkan dietnya atau menyerah karena tidak banyak menghasilkan perubahan. Diet sejatinya bisa dilanekan secara mudah dan juga ad acara yang lebih sulit. Diet dengan mudah bisa dilanekan dengan mengkonsumsi obat-obatan pelangsing. Namun obat-obatan ini kurang dianjurkan karena memiliki efek samping yang kurang baik untuk tubuh. Sementara cara lainnya untuk melanekan diet yakni dengan menggunakan cara aman. Bagaimana diet aman yang bisa dilanekan? Banyak sekali metode diet yang bisa dilanekan secara aman. Salah satunya merupakan dengan mengatur pola makan. Dalam hal ini bisa menggunakan sayuran seledri dan timun sebagai salah satu medianya. Manfaat jus seledri dan timun yang bisa menurunkan berat badan bisa dikonsumsi sebagai menu diet harian.

Diet Dengan Jus Seledri dan Timun

Melanekan diet jus seledri dan timun merupakan salah satu alternative yang mana tentunya masih banyak aternatif lain yang bisa dijsaudara termudaan pilihan untuk melanekan diet. Banyak makanan lain yang bisa digunakan untuk menu diet. Seledri dan timun ini direkomendasikan karena manfaat jus seledri dan timun untuk diet sangatlah besar. Selain bisa menurunkan berat badan, seledri dan timun bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan mirip kolesterol dan masalah lainnya. Untuk membuat jus seledri dan timun bisa dengan menggunakan resep berikut ini:
  • Bahan yang digunakan dalam pembuatan jus merupakan 3 batang seledri, mentimun setenganya, 2 irisan nanas dan 1 sdm oat
  • Cara membuatnya dengan mencampurkan semuanya ke dalam belender dan ditambahkan satu gelas air
  • Blender semua bahan tersebut hingga halus
  • Pindahkan ke dalam gelas dan minumlah secara rutin
Jika jus mentimun dan seledri ini dikonsumsi secara rutin maka akan memiliki kegunaan dalam menurunkan berat badan. Jus seledri ini bisa dimimun secara rutin dikala pagi hari sebelum sarapan dan malam hari dikala sebelum makan malam. Seledri memang memiliki efek yang mengenyangkan sehingga bisa dikonsumsi sebelum makan dengan tujuan agar tidak makan terlalu banyak. Makanan yang biasa dikonsumsi mirip nasi dan lauk-pauknya mengandung banyak kalori yang berpotensi menaikkan berat badan. Jika sebelum makan besar mengkonsumsi jus seledri maka akan mengurangi asupan makan makanan berkalori tinggi karena perut sudah merasa kenyang. Jus ini baik dikonsumsi setiap hari dan tidak menimbulkan efek samping yang baik. Manfaat jus seledri dan timun justru baik untuk kesehatan tubuh.

Alternatif Lain Dengan Diet Menggunakan Seledri

Selain digabungkan bersama timun sebagai jus, seledri juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan sup rendah kalori. Berikut ini merupakan pembuatan sup seledri yang rendah kalori.

1. Bahan yang dibutuhkan:
  • 6 batang seledri potong kecil-kecil
  • 1 bawang merah dicincang
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1 sdt tepung jagung
  • 1 liter air kaldu daging
  • 1 daun salam
  • lada secukupnya
2. Cara pembuatan

Untuk mengolah bahan-bahan diatas sebagai sup bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Pertama masukkan minyak zaitun dalam panic
  • Setelah panas masukkan seledri dan bawang
  • Lalu masukkan air kaldu dan daun salam, tunggu hingga mendidih
  • Saat mendidih tambahkan tepung jagung sambil diaduk
  • Selanjutnya dibuang daun salamnya kemudian menambahkan lada
  • Langkah berikutnya di belender dikala sudah masak
  • Sup siap dinikmati
Manfaat seledri untuk menurunkan berat badan tidak hanya dengan dibuat jus. Mungkin manfaat jus seledri dan timun akan lebih bermanfaat. Namun untuk rasa yang lebih bervariasi bisa menggunakan sup seledri diatas. Tujuannya agar tidak bosan bila diet hanya mengkonsumsi jus seledri dan timun saja. Anda juga bisa membuat variasi lain dengan sayur dan buah lain yang dikombinasikan sebagai menu diet sehat. Program diet sehat dengan seledri dan mentimun tentunya dibarengi dengan mengurangi konsumsi kalori. Dengan demikian diet akan cepat menghasilkan, apalagi dibarengi olahraga rutin. Baca: Manfaat Daun Seledri Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Signifikan

Tampilkan Komentar