Manfaat Daun Salam Untuk Diet Menurunkan Berat Badan Dengan Aman

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 04, 2018
Manfaat Daun Salam Untuk Diet Menurunkan Berat Badan Dengan Aman - Daun salam merupakan salah satu daun yang sangat bermanfaat di banyak hal. Daun salam ini bermanfaat untuk membuat masakan, mengobati penyakit, menguruskan badan, dan untuk kecantikan. Salah satu manfaat daun salam untuk diet menurunkan berat badan yang akan di bahas disini. Daun salam sendiri merupakan daun yang berasal dari pohon salam. Selain daunnya, pohon salam memang multifungsi yang mana kayunya bisa dimanfaatkan untuk membuat jala atau anyaman bambu. Namun diantara semua bagian phon salam yang paling bermanfaat merupakan daun salam. Jika anda dirumah suka masak pasti pernah menggunakan daun salam sebagai bumbu dapur. Biasanya daun salam digunakan untuk membuat tumisan, atau olahan sayur. Dengan menambahkan daun salam maka citarasa dari masakan akan semakin terasa.

Manfaat daun salam sangatlah banyak baik dalam hal kesehatan atau diet. Manfaat daun salam untuk diet menurunkan berat badan hanyalah salah satu dari sekian banyak manfaatnya. Untuk diet, daun salam tidak diuji secara klinis. Dalam artian belum dibuktikan secara langsung. Namun dengan melihat kandungan bahan-bahan obat yang ada di dalam daun salam bisa disimpulkan bahwa daun ini memiliki potensi untuk menurunkan berat badan. Daun salam, selain bisa digunakan untuk menurunkan berat badan juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit yang diyang akan terjadikan oleh pertambahan berat badan yang tidak terkontrol. Caranya yakni dengan menetralisisr kadar kolesterol dalam tubuh serta menjaga normalnya gula darah. Jika mengkonsumsi makanan berlemak mirip daging bisa dibarengi dengan mengkonsumsi rebusan daun salam sehingga lemak yang masuk akan di netralisir dengan daun salam yang dikonsumsi.

Cara Mengkonsumsi Daun Salam Sebagai Obat Diet

Manfaat daun salam untuk diet menurunkan berat badan harus dikonsumsi secara benar. Jika ingin berat badan turun hanya dengan menggunakan daun salam, maka perhatikan cara pengkonsumsiannya. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa daun salam bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dengan direbus. Cara merebus daun salam ini cukup mudah yakni dengan menggunakan 2 gelas air dan daun salam. Daun salam yang digunakan tentunya daun segar yang masih berwarna hijau. Namun beberapa tempat mungkin akan kesulitan menemukan daun salam, mirip misalnya di wilayah perkotaan. Sehingga daun salam dibeli di pasar. Untuk menyiasatinya yakni dengan menggunakan daun salam yang lebih banyak dibandingkan daun segar. Untuk daun segar bisa menggunakan sebanyak 30 lembar. Sementara untuk daun salam kering gunakan 35 hingga 40 lembar. Daun salam kering tidak akan banyak yang bisa diekstrak sehingga lebih baik lagi kalau menggunakan daun salam segar. 

Cara perebusannya cukup dicampurkan dengan 2 gelas air yang selanjutnya disaring dan dikonsumsi. Konsumsi rutin bisa dilsayakan dalam keadaan dingin atau hangat. Konsumsi rutin rebusan daun salam akan menurunkan berat badan secara signifikan. Kandungan daun salam juga bisa mengurangi resiko stroke karena menurunkan kadar kolesterol. Meskipun belum teruji secara klinis, akan tetapi daun salam ini sudah digunakan sebagai obat diet turun temurun.

Manfaat Lainnya dari Daun Salam

Selain untuk diet, daun salam juga bermanfaat dalam bidang kesehatan lainnya. Manfaat daun salam untuk diet menurunkan berat badan tidaklah satu-satunya. Beberapa manfaat daun salam pada bisang kesehatan yakni:

· Antibiotik

Daun salam bermanfaat sebagai antibiotik yang mana bisa menghambat pertumbuhan bakteri serta jamur yang ada di dalam tubuh. Jika terjadi infeksi di dalam tubuh atau terjadi luka bisa diobati dengan menggunakan daun salam. Dibandingkan dengan obat antibiotik di pasaran, daun salam dinilai lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

· Antiseptik

Selain antibiotic juga bisa digunakan untuk antiseptik yakni mencegah terjadinya infeksi. Infeksi yang diyang akan terjadikan oleh luka bisa diobati dengan minyak daun salam sehingga terhindar dari bahaya tetanis. Daun salam mengobati luka dengan menghambat tumbuhnya bakteri penyebab luka.

· Memperkuat sistem imun

Kekebalan tubuh sangat berguna dalam melawan virus dan juga infeksi banyak sekali penyakit yang menyerang sistem imun. Jika sistem imun menurun maka penyakit akan mudah bersarang di dalam tubuh. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh bisa dibantu dengan menggunakan daun salam karena mengandung senyawa linalool.

· Menjaga kesehatan jantung

Daun salam ini bisa juga digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Caranya yakni dengan memperlancar sirkulasi darah yang menuju ke jantung serta bagian tubuh lainnya.

· Mengatasi masalah ketika menstruasi

Daun salam bisa juga digunakan sebagai obat untuk mengobati masalah-masalah yang terjadi pada ketika menstruasi. Khususnya untuk menstruasi yang kurang normal akan bisa diatasi dengan menggunakan daun salam. Obat alami ini bisa melancarkan proses menstruasi sehingga kembali normal.

Itulah beberapa manfaat daun salam bagi kesehatan. Tidak hanya manfaat daun salam untuk diet menurunkan berat badan saja melainkan pada banyak sekali masalah kesehatan. Masih banyak masalah kesehatan lain yang bisa diatasi dengan menggunakan daun salam. Baca: Efek Samping Minum Rebusan Daun Salam Bagi Kesehatan

Tampilkan Komentar