Manfaat Bunga Tasbih Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 03, 2018
 Manfaat Bunga Tasbih Bagi Kesehatan, Untuk Batuk Berdarah, Pembengkakan Kelenjar Limpa, Keputihan, Ambeien, Sakit Kuning.


Bunga tasbih memiliki bentuk serta warna yang indah. Sehingga bunga tasbih banyak ditanam sebagai tanaman hias. Bunga tasbih ini pada awalnya berasal dari benua Amerika yaitu daerah yang mempunyai iklim tropis. Namun seiring perkembangan zaman bunga tasbih menyebar keseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Bunga tasbih atau nama ilmiahnya Canna indica L.merupakan tanaman yang berasal dari famili Cannaceae. Meskipun bunga tasbih banyak dijadikan sebagai tanaman hias, namun bunga tasbih merupakan tumbuhan liar yang banyak ditemukan di hutan maupun tempat lainnya. 

 Bunga tasbih ini merupakan tumbuhan terna tahunan. Tanaman ini mempunyai tinggi sekitar 2 meter dengan daun tunggal, lebar menyirip serta berwarna hijau. Akar bunga tasbih sendiri hampir menyerupai umbi karena ukurannya yang cukup besar. Bunganya cukup besar dengan warna warna yang cerah kuning atau merah dan tersusun rapi dalam rangkaian tandan. Tanaman ini juga memiliki buah yaitu buah yang berupa kendaga dengan bentuk bundar serta berbiji banyak.

 Nama lain dari bunga tasbih

Melayu : ganyong hutan
Batak : hosbe
Sunda : sebe, sebeh, tasbeh, ganyol leuweung
Jawa : ganyong warna, ganyong bantalan, puspa midra, puspa nidra, puspa nyidra, kembang gedang
Madura : tasbhi
Jakarta : buah tasbih, sebek, sigi-sigi, sabeh
Bali : milu-milu
Sasak :gegula
Minahasa : kela, kontas, wuro, totombe, tuis im tasic
Bugis :bunga tasebe
Makasar : bunga tasabe
Ternate : tasube

Tanaman ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh baik itu untuk pengobatan luar maupun pengobatan dalam. Manfaat yang luar biasa dari bunga tasbih ini tidak terlepas dari unsur kandungan kimia yang ada dalam bunga tasbih tersebut. Kandungan kimia dalam bunga tasbih antara lain lemak, 2 terpene, 6 substansi phenol, 4 coumarin, alkaloid, pati, getah, glucose. Bagian yang dimanfaatkan untuk pengobatan yaitu rimpang, bunga, biji dan daun. Bunga tasbih mempunyai sifat kimiawi serta pengaruh farmakologis yaitu sebagai hipotensif, sedatif, antipiretik dan memiliki rasa sedikit elok dan sejuk.

Inilah manfaat bunga tasbih bagi kesehatan beserta cara penggunaannya

• Batuk berdarah
 Manfaat bunga tasbih bagi kesehatan yaitu sebagai obat batuk berdarah sudah banyak yang memakainya. Hali itu tidak terlepas dari kandungan zat yang terdapat pada bunga tasbih itu sendiri. Cara penggunaan bunga tasibih bagi batuk berdarah cukup simpel hanya dengan merebus bunga tasbih dan air rebusan tersebut diminum.
 Caranya : Ambilah bunga tasbih yang sudah kering atau dikeringkan sebanyak 15 gram dan basuh higienis. Setelah dicuci higienis kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas air. Angkat, saring dan hambarkan. Minumlah air rebusan bunga tasbih tersebut secara rutin dan teratur sehari 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari.

• Kelenjar limpa mengalami pembengkakan
 Selanjutnya manfaat dari bunga tasbih adalah sebagai obat jika mengalami pembengkakan pada kelenjar limpa. Pembengkakan kelenjar limpa berefek cukup tinggi bagi kesehatan sehingga harus segera diatasi sedini mungkin. Cara mengatasinya mampu memakai ramuan dari bunga tasbih. Bunga tasbih ini mampu menormalkan kembali kelenjar limpa yang mengalami pembengkakan.
 Bahan : Akar bunga tasbih 60 gram
             Daging sapi 1 ons
             Air 1000 cc
  Cara penggunaan
 Pertama tama cuci higienis terlebih dahulu akar bunga tasbih serta daging sapinya.setelah itu rebuslah akar bunga tasbih dan daging sapi secara bersamaan dengan air sebanyak 1000 cc. Jika air rebusan tersebut tersisa 300 cc angkat dan saring. Minumlah air rebusan tersebut sedangkan daging sapinya bisa dimakan atau dibentuk lauk pauk. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur.

• Keputihan
Bagi kaum wanita yang mengalami penyakit keputihan cobalah atasi memakai ramuan dari bunga atsbih. Kandungan dalam bunga tasbih akan membunuh basil penyebab keputihan tersebut.
  Bahan : Akar bunga tasbih 30 gram
                Delima kering 30 gram
                Air 600 cc
  Cara penggunaan
 Cuci terlebih dahulu hingga higienis akar bunga tasbih serta delima kering. Rebuslah kedua materi tersebut dengan 600 cc air. Biarkan sampai air rebusan tersebut tersisa setengahnya atau 300 cc. Angkat, saring serta biarkan masbodoh. Minumlah air rebusan tersebut sampai habis dan lakukan secara rutin dan teratur.

• Ambeien
 Penyakit ambeien juga bisa diobati menggunakan ramuan dari bunga tasbih. Dengan cara minum air rebusan dari bunga tasbih. Penyembuhannya berlangsung secara sedikit demi sedikit namun alhasil maksimal.
  Cara penggunaan
 Cuci bersih akar dari bunga tasbih sebanyak 60 gram. Akar bunga tasbih tersebut selanjutnya direbus memakai air sebanyak 600 cc. Jika air rebusan akar bunga tasbih tersebut tinggal setengahnya kemudian angkat dan saring. Minumlah air rebusan dari akar bunga tasbih sesudah hambar sampai habis serta lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur sampai penyakit ambeiennya sembuh total.

• Sakit kuning
 Sakit kuning harsu ditangani secara serius karena jikalau dibiarkan sangat berbahaya. Selain berobat ke dokter cobalah diobati dengan ramuan dari bunga tasbih. Bagian yang dipakai untuk mengobati penyakit kuning ini yaitu cuilan akarnya.
  Bahan : Akar bunga tasbih 50 gram
              Daun serut 25 gram
              Air 600 cc
  Cara penggunaan
 Cuci bersih daun serut serta akar bunga tasbih supaya terbebas dari kuman dan basil. Setelah itu kedua bahan tersebut direbus dengan air sebanyak 600 cc serta biarkan hingga air rebusannya tersisa 300 cc. Saring dan setelah acuh taacuh diminum. Lakuakan secara rutin dan teratur dengan aturan minum sehari 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari.

• Kanker kandungan
  Bahan : Akar bunga tasbih 60 gram
                Sambiloto 50 gram
                Rumput mutiara 60 gram
                Air 600 cc
  Cara penggunaan
 Cuci bersih terlebih dahulu akar bunga tasbih, sambiloto serta rumput mutiara. Setelah itu materi bahan tersebut direbus dengan 600 cc air. Setelah air rebusan tersisa setengahnya atau 300 cc angkat dan saring. Minumlah air rebusan tersebut setelah masbodoh sehari 2 kali secara rutin dan teratur.

• Hepatitis akut
 Penyakit hepatitis yang sudah akut sangat beresiko tinggi bagi kesehatan tubuh. Untuk itu harus ditangani secara serius. Selain pengobatan secara medis mampu juga memakai pengobatan secara tradisional menggunakan ramuan dari bunga tasbih. Bagian yang dimanfaatkan ialah serpihan akar bunga tasbih.
  Cara penggunaan
 Ambilah akar bunga tasbih yang telah dicuci bersih sebanyak 100 gram. Setelah itu akar bunga tasbih tersebut diiris tipis. Rebuslah dengan 3 gelas air dan biarkan hingga air rebusan akar bunga tasbih tersebut tersisa setengahnya. Angkat, saring dan minum sehari sekali secara rutin dan teratur dengan hukum minum ¾ gelas tiap kali minum. Jika pengobatan tersebut telah 20 hari cobalah periksa risikonya ke dokter.

 Semoga artikel tentang Manfaat Bunga Tasbih bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga artikel perihal Manfaat Bunga Pukul Delapan.

Tampilkan Komentar