Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 08, 2018
 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan, Mengatasi Insomnia, Sumber Energi, Mengatasi Penyakit Asma, Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Menurunkan Berat tubuh

Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan
Buah sangatlah beragam jenisnya. Buah juga mempunyai rasa, bentuk, warna serta ciri lainnya yang berbeda dengan buah lainnya. Berbagai buah mempunyai kelebihan masing-masing seakan-akan halnya buah markisa. Buah markisa mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh?. Simaklah penjelasan mengenai manfaat buah markisa di bawah ini.

 Buah markisa ialah buah yang memiliki rasa yang khas yaitu cenderung asam. Buah ini sangat enak dinikmati ketika cuaca sedang panas atau dalam kondisi haus. Bentuknya lonjong dengan warna hijau agak putih dikala masih muda serta agak kuning ketika sudah matang. Buah markisa ini yang dikonsumsi ialah potongan dagingnya seperti gel bahkan bijinya pun bisa dimakan. Buah markisa tumbuh dengan cara merambat sehingga membutuhkan penompang untuk proses perambatannya. Buah markisa banyak sekali ditanam di kebun bahkan dipekarangan rumah.

 Buah markisa tumbuh subur dan menyebar disetiap tempat. Karena banyak tumbuh disetiap kawasan maka buah markisa ini pun memiliki nama lebih dari satu yang diadaptasi dengan kawasan tersebut. Buah markisa oleh orang Sumatra disebut dengan buah rubis, sedangkan di sunda disebut dengan markusa. Beda lagi dengan di jawa, mereka menyebutnya dengan nama markisa dan masih banyak lagi nama lain dari buah markisa disetiap kawasan. Pertumbuhan yang begitu anggun dari tanaman markisa di Negara kita disebabkan lantaran buah markisa sangat cocok tumbuh di kawasan tropis seakan-akan Negara kita. Oleh sebeb itu penyebaran buah markisa sangat simpel.

 Buah markisa ini kalau dikonsumsi secara rutin sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berbagai kasus yang menyerang tubuh mampu dicegah dan diatasi dengan mengonsumsi buah markisa. Kandungan zat dalam buah markisa begitu banyak dan cukup tinggi sehingga buah markisa baik jikalau dikonsumsi bagi kesehatan tubuh. Berbagai mineral serta vitamin yang diperlukan tubuh terkandung dalam buah markisa. Manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh antara lain sebagai obat asma, mencegah penyakit anemia, bahkan sanggup menjaga daya tahan tubuh secara optimal.

 Berikut Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

1. Obat Asma
 Asma merupakan suatu penyakit yang akrab hubungannya dengan perkara pernafasan. Seseorang yang mengalami penyakit asma pada umumnya bila sedang kambuh sulit bernafas serta keluar keringat hambar. Penyakit asma disebabkan oleh histamine yang menyerang tubuh. Banyak obat tradisional yang mampu digunakan untuk mengatasi penyakit asma dan salah satunya adalah buah markisa. Mengonsumsi buah markisa secara rutin dipercaya sanggup mengobati penyakit asma secara perlahan-lahan. Buah markisa ini mengandung banyak sekali kandungan yang sanggup mengatasi penyakit asma dan salah satunya yaitu vitamin C yang cukup tinggi.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh
 Agar daya tahan tubuh tetap terjaga konsumsilah buah markisa secara rutin dan teratur. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah markisa sanggup menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan terjaganya daya tahan tubuh maka tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus maupun kuman.

3. Menurnkan Berat Badan
 Manfaat lain dari buah markisa ialah sanggup menurunkan berat tubuh. Jadi bagi yang ingin diet atau ingin tubuhnya tetap ideal perbanyak konsumsi buah markisa. Buah markisa ini mengandung serat serta vitamin C yang lumayan tinggi. Selain itu, buah markisa juga sangat rendak lemak, kalori serta gula. Sehingga meskipun mengonsumsi buah markisa secara rutin tidak akan mengakibatkan kasus dengan berat tubuh.

4. Mencegah Penyakit Anemia
 Kekurangan darah atau nama lainnya anemia merupakan suatu penyakit yang membuat tubuh menjadi lemas serta sering mengalami pusing. Agar tidak mengalami kasus anemia, cobalah perbanyak asupan buah markisa. Buah markisa ini mengandung zat besi yang cukup yang sangat baik untuk menghindari dari masalah anemia.

5. Mencegah Kanker
 Antioksidan merupakan suatu senyawa yang sanggup menjadi benteng tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas ini adalah faktor utama yang menimbulkan penyakit kanker. Buah markisa mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dengan mengonsumsi buah markisa secara rutin sanggup mencegah terjadinya penyakit kanker. Tidak hanya itu saja, buah markisa juga mampu menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh.

6. Sumber Energi Yang Baik
 Jika sering bekerja berat atau mungkin cepat lelah mungkin dikarenakan stamina dalam tubuh berkurang. Untuk mengembalikan stamina seperti semula, konsumsilah buah markisa. Buah markisa ini merupakan sumber enrgi yang baik lantaran kandungan mineralnya cukup tinggi.

7. Mengatasi Insomnia
 Insomnia merupakan suatu keadaan dimana seseorang sangat sulit untuk tidur. Hal itu mampu diakibatkan oleh berbagai faktor. Insomnia juga bisa membuat si penderitanya menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi perkara sulit tidur cobalah dengan mengonsumsi buah markisa secara rutin. Buah markisa ini mempunyai dampak ngantuk, sehingga sangat baik bagi penderita insomnia.

8. Baik Bagi Sistem Pencernaan
 Berbagai kasus yang sering menganggu sistem pencernaan mampu diatasi dengan mengonsumsi buah markisa. Buah markisa ini mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan serat ini sanggup mengatasi aneka macam perkara yang menyerang sistem pencernaan seolah-olah diare dan yang lainnya.

 Itulah artikel yang bisa disampaikan mengenai manfaat buah markisa bagi kesehatan. Buah markisa ini banyak ditemukan disetiap tempat meskipun bukan tanaman asli Indonesia. Konsumsilah buah markisa secara rutin meskipun rasanya cenderung asam. Semoga artikel kali ini memberikan suatu gosip yang bermanfaat dan menambah pengetahuan. Kunjungi juga artikel perihal Manfaat Buah Naga bagi kesehatan tubuh yang laur biasa.

Tampilkan Komentar