Manfaat Buah Makasar Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 09, 2018
 Manfaat Buah Makasar Bagi Kesehatan, Sebagai Obat Disentri Amuba, Sakit Pinggang, Wasir, Keputihan Trichomonas, Malaria, Kanker.

Manfaat Buah Makasar Bagi Kesehatan
Buah makasar mempunyai nama ilmiah Brucea javanica, merupakan famili dari simaroubaceae dan ordo sapindales. Pada awalnya buah makasar ini merupakan buah yang berasal dari Sri Lanka yang lama kelamaan menyebar dan hingga ke Indonesia. Di Indonesia sendiri tanaman ini tumbuh subur disetiap daerah sehingga buah makasar memiliki nama yang berbeda-beda. Sebutan lain buah makasar diantaranya malur (Batak), kwalot, bom makasar (Jawa), walot (Sunda), nagas (Ambon), berul (Lampung), tambara marica (Makasar).

 Buah makasar merupakan tumbuahn perdu yang tumbuh liar di hutan, pinggir jalan atau tempat terbuka lainnya. Tumbuahan ini memiliki ketinggian hingga 2,5 meter dan berambut halus. Buah makasar merupakan buah yang tergolong kedalam buah kerikil. Buah makasar ini memiliki panjang sekitar 8mm dan bentuknya seolah-olah telur. Warna hijau ialah warna dari buah jika masih muda sedangkan sudah renta buah akan berwarna hijau kecoklatan. Namun bila menemukan buah yang berwarna hitam, itu pertanda bahwa buah tersebut sudah masak. Sementara itu daun buah makasar termasuk kedalam daun tunggal dengan bentuk seperti telur namun agak lonjong. Pangkal daun membentuk baji sedangkan ujungnya meruncing dan tepi daun bergigi. Warna daun yaitu hijau mudan untuk bawah daun serta hijau untuk permukaan daun. Tumbuhan ini cocok tumbuh didaerah dengan ketinggian 1500 diatas permukaan bahari.

 Buah makasar mempunyai rasa yang pahit serta beracun sehingga dalam pemanfaatannya harus dibawah pengawasan dokter. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman buah makasar ini yaitu daun, buah, biji dan akar. Setiap serpihan yang dimanfaatkan tersebut mengandung banyak sekali zat yang baik bagi kesehatan badan. Kandungan tersebut antara lain tanin, alkaloid, phenol, glukoside, bruceine A,B,C,E,F,G,H, brusatol, asam linoleat, asam palmitoleat, minyak lemak, asam stearat, asam oleat.

Berikut beberapa manfaat buah makasar bagi kesehatan beserta cara penggunaannya

• Kanker serviks
 Salah satu kanker yang bisa diobati memakai buah makasar adalah kanker serviks. Kanker serviks ini termasuk kedalam penyakit yang berbahaya sehingga harus segera diatasi. Untuk itu cobalah menggunakan ramuan dari buah makasar.
 Caranya : Ambilah biji buah makasar sebanyak 20 biji dan cuci bersih. Setelah itu biji buah makasar tersebut direbus dengan 400 cc memakai panci dari tanah liat. Jika air rebusan biji buah makasar tinggal 100 cc angkat dan saring serta biarkan hambar. Minumlah secara teratur ramuan tersebut dengan hukum minum sehari 3 kali dan setiap kali minum sebanyak 2 sendok makan. Penggunaan ramuan tersebut harus selalu dibawah pengawasan dokter.

• Kanker rahim
 Selain kanker serviks, buah makasar ini juga mampu juga untuk obat kanker rahim. Bagian yang dipakai untuk kanker rahim ini sama dengan kanker serviks yaitu biji buah makasar. Biji buah makasar ini memang mengandung zat yang akan membantu mengurangi kanker rahim.
 Caranya : 20 biji buah makasar yang telah dicuci bersih direbus dengan 400 cc air. Biarkan hingga air rebusan biji buah makasar tersisa seperempatnya. Angkat, saring dan cuekkan. Minumlah rebusan biji buah makasar tersebut 2 sendok tiap kali minum dengan aturan minum sehari 3 kali. Lakukan cara tersebut hingga penyakit kanker rahimnya berkurang.

• Kanker kulit
 Biji buah makasar memang mempunyai senyawa kimia yang baik untuk mengatasi penyakit kanker. Hal itu dibuktikan dengan banyak sekali kanker yang mampu diatasi dengan biji buah makasar. Selain kanker serviks, kanker rahim biji buah makasar juga bisa membantu mengatasi kanker kulit.
 Caranya : Siapkan 400 cc air untuk merebus 20 biji buah makasar. Biarkan biji buah makasar tersebut sampai air rebusannya tinggal 100 cc. Setelah itu angkat dan saring serta biarkan dingin. Minum sehari 3 kali air rebusan biji buah makasar dengan aturan minum 2 sendok tiap minum.

• Penyakit malaria
 Manfaat selanjutnya dari tanaman buah makasar yaitu untuk mengobati penyakit malaria. Penggunaan yang teratur diyakini sangat ampuh untuk penyakit malaria tersebut. Kandungan didalmnya akan menetralisir serta membunuh virus yang menyebabkan penyakit malaria tersebut.
 Caranya : Cuci bersih akar buah makasar sebanyak 25 gram dan potong potong. Setelah itu akar buah makasar tersebut direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Angkat, saring serta minumlah air rebusan akar buah makasar tersebut.

• Mata ikan dan kutil
 Jika anda memiliki kutil atau mata ikan cobalah atasi menggunakan ramuan dari buah makasar. Buah makasar ini akan membunuh kuman dan bakteri penyebab timbulnya kutil dan mata ikan. Karena buah makasar memiliki kandungan antiseptik yang baik. Kutil serta mata ikan memang bukan penyakit berbahaya namun sangat mengganggu.
 Caranya : Ambilah 1 buah makasar dan cuci sampai bersih. Setelah itu buah makasar tersebut selanjutnya ditumbuk sampai benar-benar halus. Balurkan buah makasar yang telah dihaluskan tersebut pada cuilan tubuh yang terdapat kutil atau mata ikan secara merata. Balut dengan kain semoga tidak lepas. Cara ini mampu membantu mengatasi penyakit kutil serta mata ikan.

• Keputihan akhir trichomonas
 Keputihan yang terjadi pada kaum wanita salah satunya lantaran trichomonas. Jika mengalami keputihan karena trichomonas atasilah dengan ramuan dari tanaman buah makasar. Pengobatan menggnakan tanaman buah makasar ini sama baiknya dengan memakai ramuan dari daun sirih.
 Caranya : Ambilah biji buah makasar sebanyak 20 biji dan cuci higienis. Rebuslah biji buah makasar tersebut pada panci yang terbuat dari tanah liat memakai 400 cc air. Biarkan air rebusan biji buah makasar tersebut sampai menjadi 100 cc. Jika sudah 100 cc angkat dan saring. Semprotkan air rebusan biji buah makasar tersebut secara teratur pada belahan daerah vital perempuan dengan takaran 30 cc setiap kali penggunaan.

• Wasir
 Manfaat berikutnya dari buah makasar yaitu sebagai obat penyakit wasir. Pemanfaatan buah makasar untuk penyakit wasir tersebut dipadukan dengan buah longan. Kedua bahan tersebut berfungsi membantu mengatasi penyakit wasir.
 Caranya : Cuci bersih buah makasar serta buah longan sebanyak 7 buah. Setelah itu buah makasar tersebut dilapisi dengan buah longan 1 per 1. Telanlah buah makasar yang telah dilapisi buah longan tersebut.

• Disentri amuba
 Disentri amuba ternyata mampu diobati memakai ramuan dari tanaman buah makasar. Kandungan senyawa kimianya akan membunuh basil yang membuat timbulnya disentri tersebut. Karena tanaman buah makasar bermanfaat sebagai pencahar.
 Caranya : Siapkan biji buah makasar sebanyak 15 biji. Cuci higienis lalu ditumbuk sampai halus. Biji buah makasar yang telah dihaluskan tersebut selanjutnya dimasukan kedalam kapsul. Minumlah kapsul yang telah terisi biji buah makasar tersebut selama 1 ahad dengan aturan pakai 1 hari 3 kali dan tiap kali minum cukup1 kapsul saja.

• Sakit pinggang
 Daun buah makasar juga diyakini sanggup mengobati penyakit sakit pinggang. Cobalah ramuan dari daun buah makasar bagi anda yang sering atau mengalami sakit pinggang. Menurut yang pernah memanfaatkan daun buah makasar menyampaikan bahwa ramuan tersebut terbukti cukup ampuh.
 Caranya : Cuci higienis segenggam daun buah makasar segar. Kemudian direbus dengan air secukupnya sampai benar benar mendidih. Angkat, saring dan masbodohkan. Minumlah air rebusan daun buah makasar tersebut secara teratur.

Efek Samping Buah Makasar
 Selain menyampaikan manfaat yang baik bagi kesehatan, buah makasar juga mempunyai dampak samping bagi kesehatan badan. Hal itu diakibatkan sifat racun yang terdapat pada buah makasar. Meskipun sifat racun dalam buah makasar baik sebagai pencahar namun jikalau berlebihan dapat berbahaya. Oleh karena itu kalau memanfaatkan buah makasar berkonsultasi terlebih dahulu. Efek samping dari buah maksar bagi tubuh antara lain mual, diare, gangguan pernafasan, pusing, koma bahkan mampu menimbulkan kematian. Ibu hamil serta belum dewasa dihentikan mengonsumsi ramuan dari buah makasar meski dalam dosis yang kecil.

 Buah makasar meskipun tumbuh liar ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan badan. Akan tetapi pemanfaatan tanaman tersebut harus dibawah pengawasan dokter atau berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter lantaran tanaman tersebut mengandung racun. Selain tanaman buah makasar, masih banyak tanaman yang yang mempunyai manfaat luar biasa bagi badan antara lain :

Tampilkan Komentar