Manfaat Adem Ati Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 07, 2018
 Manfaat Adem Ati Bagi Kesehatan, Sebagai Obat Radang Usus, Obat Mencret, Obat Luka Atau Bisul, Obat Kencing Manis.

Manfaat Adem Ati Bagi Kesehatan
Manfaat Adem Ati Bagi Kesehatan
 Betapa beragamnya tanaman obat yang tumbuh subur di negara kita. Tanaman obat tersebut menyebar di seluruh pelosok daerah di Nusantara. Selain itu tumbuhan obat juga sudah mulai banyak dimanfaatkan lantaran selain tidak mempunyai efek samping yang membahayakan kesehatan, juga dilihat dari segi ekonomi sangat murah. Oleh karena itu pemanfaatan tumbuhan obat sudah mulai dikembangkan. Pada artikel kali ini akan dibahas salah satu tanaman obat yang ada di Negara kita yaitu tanaman obat adem ati.

 Tanaman adem ati tumbuh menyebar di setiap kawasan secara subur. Sehingga tumbuhan adem ati ini mempunyai sebutan lebih dari satu nama sesuai dengan daerah masing-masing. Nama lain tumbuhan adem ati di setiap kawasan antara lain kapu katek, huru tangkalak, huru beusai, madang kapas, huru watu, nyampa wingka, madang kapas atau wuru kaca. Tanaman adem ati ini merupakan tanaman dari suku lauraceae dan bangsa ranales. Nama ilmiah dari tanaman adem ati sendiri adalah litsea aluntinosa.

 Tanaman adem ati merupakan tumbuhan yang mempunyai tinggi mampu mencapai 10 meter. Tanaman ini juga mempunyai daun dengan bulu halus dengan bentuk elips serta termasuk ke dalam daun jenis tunggal dengan warna hijau. Buah dari adem ati sendiri berwarna tua dikala bau tanah serta berwarna hijau jikalau masih muda dengan bentuk bulat. Akar dari adem ati sendiri ialah akar tunggal dengan warna coklat.Tanaman adem ati memiliki sifat pahit, manis serta mendinginkan. Bagian yang digunakan untuk kesehatan dari tanaman adem ati adalah penggalan daun, kulit kayu serta akar. Pemanfaatnya yaitu sebagai anti pendarahan, analgesic serta anti inflamasi.

 Berbagai penelitian menyebutkan bahwa dalam tanaman adem ati terkandung banyak sekali zat yang memang baik untuk kesehatan. Zat-zat tersebut banyak terkandung pada pecahan akar, daun serta kulit kayu sehingga bagian tersebut yang sering dimanfaatkan. Zat-zat tersebut yaitu tannin, minyak atsiri, flavonoid, alkaloid, polifenol.


 Berikut adalah manfaat dari adem ati bagi kesehatan tubuh beserta cara meramunya

1. Mengatasi Radang Usus
 Radang usus diartikan sebagai suatu keadaan dimana usus mengalami peradangan yang mengakibatkan gangguan pada usus. Jika usus mengalami peradangan maka bisa mengganggu sistem pencernaan. Untuk itu atasilah perkara radang usus tersebut memakai ramuan dari tanaman adem ati. Siapkan 6 gram adem ati, 6 gram kunyit serta 100 ml air. Lumatkan sampai halus adem ati dan kunyit dengan cara ditumbuk halus. Setelah itu seduhlah memakai 100 ml air panas dan biarkan beberapa saat. Saring dan minumlah ramuan adem ati tersebut setiap hari secara rutin selama 2 ahad.

2. Obat Mencret
 Manfaat lain dari tanaman adem ati ialah mampu mengobati mencret. Mencret adalah penyakit yang dekat kaitannya dengan sistem pencernaan. Jadi untuk mengatasi masalah mencret menggunakan ramuan dari adem ati caranya sama seakan-akan menobati radang usus. Yang membedakan adalah waktu meminum ramuan adem ati tersebut. Untuk mengatasi mencret hukum minumnya yaitu sehari sekali selama 3 hari berturut-turut.

3. Obat Kencing Manis
 Adem ati juga bisa menjadi obat untuk mengatasi masalah kencing bagus. Adem ati merupakan tumbuhan yang mempunyai rasa pahit sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Selain itu adem ati juga mempunyai kandungan zat yang baik untuk mengatasi penyakit diabetes. Cara menciptakan ramuan adem ati yaitu dengan cara dibikin infus. Bahan-bahannya ialah 5 gram akar adem ati, 5 lembar daun salam serta 150 ml air. Untuk aturan minumnya ialah diminum secara teratur pagi dan sore hari semoga akhirnya maksimal.

4. Obat Luka Atau Bisul
 Untuk urusan luka luar seperti tersayat pisau, radang kulit atau bengkak tumbuhan adem ati mampu menjadi obat alami yang ampuh. Penggunaan tanaman adem ati ini sudah dimanfaatkan sejak zaman dulu dan jadinya sangat imbastif. Ambilah daun ati secukupnya serta daun sambiloto. Setelah itu semua bahan dilumatkan lalu tambahkan air secukupnya hingga berbentuk seakan-akan pasta. Gunakan ramuan tersebut untuk dioleskan pada pecahan yang terkena luka secara merata setelah luka tersebut dibersihkan. Setelah kurang lebih 3 jam gantilah ramuan tersebut dengan ramuan yang baru.

 Tanaman adem ati merupakan suatu tanaman yang ternyata mampu dimanfaatkan untuk kesehatan. Berbagai masalah kesehatan ternyata bisa diatasi memakai tanaman adem ati. Untuk itu cobalah tumbuhan adem ati bila mengalami perkara kesehatan seolah-olah yang di jelaskan diatas. Tanaman ati ini sudah banyak dimanfaatkan serta hasilnya sangat baik.

 Demikian artikel yang mampu disampaikan mengenai manfaat adem ati bagi kesehatan tubuh. Jika ada kekurangan dalam artikel kali ini mohon maaf serta berilah penjelasan pada kolom komentar yang telah tersedia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Baca juga artikel lainnya mengenai Manfaat Daun Sirih bagi kesehatan badan.

Tampilkan Komentar