Katarak Serta Penyebabnya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 04, 2018
 Mata ialah bagian dari indera yang ada pada badan kita yaitu sebagai indera penglihatan. Pemandangan yang indah, warna-warna yang manis dan lain-lain bisa kita ketahui lantaran mata. Agar mata tetap sehat serta berfungsi sebagai mana mestinya haruslah dijaga dari banyak sekali penyakit yang mampu menyerang mata.

 Banyak sekali masalah-masalah yang sering terjadi pada mata diantaranya mata min, rabun akrab, rabun jauh dan sebagainya. Kesemua itu bisa terjadi pada mata kita jikalau kita tidak mampu menjaga kesehatan mata dengan baik.

 Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai salah satu penyakit yang menyerang mata kita yaitu penyakit katarak. Selain membahas wacana apa itu penyakit katarak, artikel kali ini juga membahas ihwal gejala dan penyebab penyakit katarak. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama pembahasan di bawah ini.

https://hidup-sehat.serhamo.net/search?q=katarak-serta-penyebabnya
Katarak Serta Penyebabnya

 Dalam ilmu kesehatan penyakit katarak diartikan sebagai suatu keadaan dimana lensa mata terganggu yaitu dengan adanya bercak putih yang mengakibatkan penglihatan menjadi kabur atau tidak normal seakan-akan mestinya. Lensa mata yang seharusnya meneruskan cahaya kedalam mata tidak berfungsi secara normal karena terhalang oleh bercak putih tersebut dan mengakibatkan fokus cahaya yang masuk tidak sempurna serta mata menjadi silau.

 Katarak sendiri terjadi secara perlahan dan tidak diketahui oleh si penderitanya lantaran katarak tidak menimbulkan adanya rasa sakit maupun iritasi. Seseorang yang terkena katarak biasanya diketahui sesudah ada bercak putih pada lensa mata kalau tidak diperiksa ke dokter. Penyakit katarak sendiri dibagi menjadi 3 potongan sesuai dengan jenisnya yaitu :

  Katarak Cortikal
 Adalah penyakit katarak yang awal mulanya terjadi pembentukan noda di luar lapisan mata dan terjadi secara perlahan. Jika mengalami katarak jenis ini, maka penderita akan mengalami silau jikalau terkena cahaya.

  Katarak Subcapsular
 Adalah Penyakit katarak yang terjadi karena adanya pembentukan kawasan buram dibawah lensa mata yaitu bisa terjadi dibelakang lensa mata yang merupakan jalur cahaya ke retina mata. Penderita katarak jenis ini biasanya akan silau melihat cahaya pada malam hari atau pun dalam siang hari kemampuan melihatnya berkurang.

  Katarak Nuclear
 Adalah Penyakit katarak yang terjadi gangguan ditengah lensa mata sehinga kemampuan melihat akan mengalami gangguan. Lambat laun gangguan penglihatan akan semakin jelas yaitu tidak bisa membedakan warna untuk jarak jauh.

 Meskipun penyakit katarak tidak menimbulkan rasa nyeri maupun iritasi, bergotong-royong ada tanda-tanda-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit katarak tersebut. Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit katarak biasanya terjadi secara perlahan serta pada kesannya tanda-tanda yang ditimbulkan dari penyakit katarak yaitu adanya bercak putih pada lensa mata. Agar kita tahu apakah kita terkena penyakit katarak atau tidak, berikut ialah gejala yang umum terjadi dari penyakit katarak :

. Penglihatan menjadi tidak normal seperti ada yang menghalangi pada mata

· Sangat sensitiv terhadap cahaya

· Jika melihat dengan satu mata maka objek yang dilihat akan double

· Kemampuan melihat pada malam hari berkurang

· Penglihatan memudar bila melihat warna sehingga sulit membedakan warna

· Jika membaca memerlukan penerangan

· Terdapatnya bercak pada lensa mata yaitu bercak putih

 Ada beberapa penyebab yang mampu menyebabkan seseorang beresiko terkena penyakit katarak. Penyebab-penyebab penyakit katarak tersebut merupakan penyebab secara umum seseorang terkena penyakit katarak.

 Beberapa Penyebab Penyakit Katarak Secara Umum

1. Faktor Keturunan
 Penyebab seseorang terkena penyakit katarak yang pertama yaitu faktor keturunan. Jika dalam keluarga tersebut ada yang menderita penyakit katarak kemungkinan besar keturunannya akan mengalami penyakit katarak juga. Karena biasanya gen sangat besar lengan berkuasa.

2. Pengaruh Penyakit Lain
 Katarak juga bisa diakibatkan karena penyakit lain. Seseorang yang menderita penyakit tertentu mampu menyebabkan terkena penyakit katarak. Penyakit yang biasanya mengakibatkan penyakit katarak antara lain diabetes. Penyakit diabetes juga mampu menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit katarak.

3. Cacat Sejak Lahir
 Faktor ini merupakan faktor yang sudah terjadi semenjak lahir. Sehingga jika seseorang semenjak lahir sudah menderita penyakit katarak, maka sampai bau tanah juga tetap akan mengalami penyakit katarak bila tetap dibiarkan.

4. Obat-Obatan
 Penggunaan obat-obatan juga bisa menimbulkan seseorang terkena penyakit katarak. Ada beberapa jenis obat-obatan yang bila dikonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan penyakit katarak.

5. Pernah Operasi Mata
 Jika kita pernah melakukan operasi mata, maka resiko terkena penyakit katarak mampu terjadi. Banyak sekali operasi yang dilakukan pada mata mulai dari operasi mata mines maupaun katarak. Operasi tersebut mampu berdampak akan penyakit katarak.

6. Mata Terkena Sinar Matahari Secara Langsung
 Jika kita melihat matahari secara langsung tanpa alat bantu, maka kita akan beresiko terkena penyakit katarak. Sinar matahari yang secara langsung terkena mata akan merusak cuilan-bagian pada mata serta fungsinya.

 Agar kita tetap terhindar dari penyakit katarak, jagalah kesehatan mata kita. Hindari penyebab terjadinya penyakit katarak supaya mata kita tetap sehat. Jika sudah terkena penyakit katarak segeralah diobati atau dilakukan operasi. Karena kalau dibiarkan mampu menyebabkan kebutaan.

Tampilkan Komentar