Efek Samping Minum Rebusan Daun Salam Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 05, 2018
Efek Samping Minum Rebusan Daun Salam Bagi Kesehatan - Daun salam biasa digunakan sebagai bumbu dapur sebagai penambah citarasa. Daun salam ini berasal dari pohon salam. Pohon salam memang multifungsi yang mana kayunya biasanya dimanfaatkan untuk anyaman bambu atau digunakan dalam membuat jala. Sementara buahnya bila tua bisa dimakan meskipun rasanya sepat. Daun pohon salam sendiri sangat rimbun dengan ditumbuhi bunga putih yang memiliki bau harum yang khas. Diantara bagian pohon salam, yang paling bermanfaat untuk pengobatan merupakan daunnya. Selain pengobatan, daun salam bahkan digunakan untuk bumbu dapur baik untuk masakan tumisan atau rebusan sebagai penambah rasa. Selain itu daun salam juga bisa digunakan dalam bidang kecantikan. Bagi kesehatan daun salam bisa dibuat dalam banyak bentuk yang salah satunya merupakan direbus. Efek samping minum rebusan daun salam mungkin ada yang mana wajib anda waspadai dikala mengkonsumsi obat-obatan herbal.

Manfaat Penggunaan Daun Salam

Sebelum mengetahui efek yang dihasilkan, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu manfaat daun salam bagi tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat daun salam bila dikonsumsi oleh insan.


· Anti Inflamasi


Daun salam bisa diolah ke dalam banyak bentuk. Salah satunya sebagai bahan anti inflamasi. Daun salam bisa diekstrak untuk menghasilkan minyaknya yang sangat berguna dalam mengobati nyeri sendi dan nyeri otot serta peradangan pada otot. Bisa juga digunakan sebagai minyak dikala memijit.


· Mengobati Diabetes


Daun salam juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes dengan cara memproduksi insulin secara efisien. Jika ingin melkamikan pengobatan diabetes, salah satu cara yang direkomendasikan merupakan dengan menggunakan daun salam sebagai obat herbal. Untuk pembuatan herbalnya bisa direbus atau cara lain. Perhatikan efek samping minum rebusan daun salam agar aman.


· Menjaga kesehatan saluran pencernaan


Daun salam ini bisa juga digunakan untuk mengobati aneka macam macam masalah pada pencernaan. Tentu saja dengan diolah menggunakan bahan-bahan lain. Beberapa masalah pencernaan yang diobati dengan menggunakan daun salam diantaranya merupakan kembung dan masalah lain yang sering terjadi pada pencernaan.


· Sebagai analgestik alami


Analgestik yakni obat penghilang rasa sakit. Daun salam bisa digunakan dalam mengurangi sakit dan nyeri pada batuk, pilek, dan kesleo. Tidak mirip obat analgestik lain, daun salam mungkin memiliki efek samping akan tetapi tidak berbahaya bagi kesehatan. Sefangkan kebanyakan obat analgestik berbahaya menimbulkan penyakit kronis lain. Misalnya untuk air rebusannya mungkin berefek. Namun efek samping minum rebusan daun salam tidak akan berbahaya. Dalam konteks ini yang digunakan tidaklah air rebusan melainkan minyaknya.


· Sebagai antiseptik


Minyak dari daun salam juga bisa mencegah infeksi luka yang mana juga mencegah timbulnya tetanus. Cara kerjanya yakni dengan menyembuhkan luka melalui pemberhentian pertumbuhan bakteri.

Diatas hanyalah 5 manfaat dari daun salam yang mana masih banyak manfaat lain yang bisa di dapatkan dengan menggunakan daun salam sebagai obat herbal

Efek Samping Menggunakan Daun Salam

Apakah obat herbal semacam daun salam tidak memiliki efek samping? Tentunya iya. Semua obat pastinya memiliki efek samping bagi tubuh yang tidak diinginkan. Salah satunya yakni daun salam, meskipun termasuk obat herbal juga memberikan efek samping. Namun hingga kini masih belum ada pernyataan terkait efek samping yang berat dari konsumsi daun salam. Beberapa kondisi mungkin disyaratkan bila ingin mengkonsumsi daun salam karena berefek buruk pada beberapa penyakit. Jika sebagai bumbu dapur tidak masalah kecuali untuk obat. Efek minum rebusan daun salam dalam jumlah banyak yang dimungkinkan berbahaya.

Beberapa efek samping dari daun salam, diantaranya yakni:


· Efek kontipasi


Salah satu efek daun salam yakni efek kontipasi atau susah buang air besar. Konsumsi daun salam secara rutin akan menimbulkan efek susah buang air besar. Namun untuk mengatasi terjadinya efek ini bisa dengan mengkonsumsi daun cincau dikala anda mengkonsumsi daun salam. Jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan akan menghilangkan efek sulit buang air besar pada pasien.


· Efek pada saluran pernafasan


Bagi penderita asma, mengkonsumsi daun salam dalam jumlah berlebihan sebagai obat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan efek samping daun salam pada pernapasan. Bagi penderita asma tentunya akan sangat mengkhawatirkan. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bila ingin menggunakan obat ini.


· Eskim


Eskim yakni penyakit kulit dengan penanganan segera yang bisa timbul bila mengkonsumsi daun salam. Namun hanya terjadi pada sedikit kasus dan belum ada bukti pasti. Kemungkinan karena kondisi tubuh yang tidak sesuai.


· Ketagihan


Mengkonsumsi daun salam juga bisa menyebabkan ketagihan. Biasanya juga terjadi pada masakan yang sering menggunakan daun salam akan ketagihan untuk terus menggunakan bahan ini.

Itulah beberapa efek samping minum rebusan daun salam atau dalam bentuk lain yang terjadi. Diantara efek yang ditimbulkan bisa dilihat tidak ada efek yang berbahaya. Kecuali beberapa kondisi yang memang tidak memperbolehkan mengkonsumsi daun salam secara rutin. Misalnya yang telah disebutkan diatas yakni penyakit asma yang akan memburuk. Selain itu mengkonsumsi daun salam dalam jumlah banyak juga kurang dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui. Baca: Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Rahim Dan Reproduksi Wanita Lengkap

Tampilkan Komentar