Cara Alami Mengatasi radang Tenggorokan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 05, 2018
 Anda mungkin pernah mengalami ganguan pada tenggorokan. Gangguan pada tenggorokan banyak sekali seperti sakit saat menelan, gatal tenggorokan dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah pada artikel kali ini akan membahas perihal penyebab gangguan pada tenggorokan beserta cara mengobati gangguan tenggorokan tersebut secara alami. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Alami Mengatasi radang Tenggorokan
Cara Alami Mengatasi radang Tenggorokan
 Tenggorokan merupakan suatu potongan tubuh yang mempunyai peran penting baik dalam pernafasan maupun pencernaan. Bila kita menghirup udara pastinya melalu akses tenggorokan. Selain itu bila kita makan dan minum juga akan melalui tenggorokan sebelum masuk ke bagian pencernaan lainnya. Oleh lantaran itu, tenggorokan sangat rentan sekali terhadap berbagai gangguan yang bisa kapan saja terjadi sehingga menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.

 Radang tenggorokan terjadi lantaran berbagai penyebab. Namun pada umumnya yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan ialah virus dan basil. Bakteri serta virus ini biasanya terbawa dari makanan dan minuman yang masuk maupun dari udara yang kita hirup. Akibat yang ditimbulkan dari virus dan basil ini adalah radang tenggorokan berupa sakit saat menelan ataupun gatal tenggorokan dan lainnya.

 Radang tenggorokan merupakan keadaan tenggorokan yang mengalami iritasi ataupun terjadi peradangan sehingga mengakibatkan tenggorokan mengalami gangguan. Biasanya kalau mengalami radang tenggorokan akan timbul tanda-tanda-gejala yang terjadi sebelum radang tenggorokan itu terjadi. Berikut adalah beberapa tanda-tanda terjadinya radang tenggorokan antara lain :
• Badan mengalami pegal-pegal
• Tenggorokan kering
• Kepala terasa sakit
• Serak suara
• Terjadi demam
• Sakit dikala menelan
• Batuk
• Pilek
• Gatal pada tenggorokan
• Mual bahkan muntah
• Mengalami kesulitan berbicara
• Bengkak pada amandel
• Hidung meler

 Secara umum sudah dibahas diatas bahwa penyebab terjadinya radang tenggorokan ialah kuman dan virus. Namun selain penyebab tersebut ada juga penyebab lain yang menimbulkan radang tenggorokan. Faktor-faktor penyebab radang tenggorokan ini pada umumnya diakibatkan oleh faktor dari luar tubuh.

 Berikut Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Radang Tenggorokan

1. Bakteri
 Bakteri memang merupakan salah satu yang menyebabkan timbulnya aneka macam penyakit yang menyerang tubuh kita. Bakteri ini mampu masuk bersama makanan, minuman ataupun udara. Bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan ialah bakteri streptokokus. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh basil kondisinya lebih parah dibanding faktor lainnya.

2. Virus
 Virus merupakan penyebab selanjutnya seseorang terkena radang tenggorokan. Kebanyakan radang tenggorokan diakibatkan oleh virus. Radang tenggorokan yang diakibatkan oleh virus juga mampu menimbulkan daya tahan tubuh berkurang. Ciri seseorang terkena radang tenggorokan akhir virus yaitu dengan ditandai influenza.

3. Alergi
 Alergi juga bisa menjadi penyebab seseorang terkena radang tenggorokan. Seseorang yang mempunyai masalah dengan alergi mempunyai daya tahan tubuh yang kurang baik. Sehingga gampang sekali untuk basil dan virus menyerang tubuh seolah-olah radang tenggorokan.

4. Makanan
 Makanan yang kita makan otomatis akan masuk ke perut melalui tenggorokan. Makanan tersebut mampu menjadi penyebab timbulnya radang tenggorokan. Jika kondisi sedang kurang baik makan kuliner yang terlalu pedas, asam, ataupun panas bisa menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.

5. Alkohol
 Minum minuman yang beralkohol terlalu banyak juga bisa menyebabkan timbulnya peradangan pada tenggorokan. Minuman beralkohol memang banyak sekali dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh.

6. Rokok
 Penyebab yang satu ini memang sudah tidak gila lagi akan ancaman yang ditimbulkan. Rokok sudah tertera akan ancamannya pada bungkus rokoknya. Selain bahaya yang tertera pada bungkus rokok tersebut, rokok juga mampu mengakibtkan seseorang terkena radang tenggorokan.

 Untuk mengatasi radang tenggorokan, mampu dilakukan dengan memakai obat tradisional alami yang mudah dan simpel sekali meanfaatkannya. Cara-cara alami mengatasi radang tenggorokan secara alami diyakini efektif dan cepat mengetasi radang tenggorokan tersebut.

 Cobalah Beberapa Cara Alami Mengatasi Radang Tenggorokan Berikut Ini :

1. Menggunakan Ramuan Daun Patikan Kerbau
 Daun patikan kerbau mampu menjadi obat tradisional alami mengatasi radang tenggorokan. Karena dalam daun patikan kerbau mengandung unsur yang dapat mengatasi radang tenggorokan. Ambilah beberapa lembar daun patikan kerbau kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu rebuslah menggunakan air secukupnya hingga mendidih. Angkat saring dan biarkan cuek. Gunakan ramuan tersebut untuk obat kumur dengan aturan pakai sehari 4 kali. Lakukan secara teratur.

2. Menggunakan Daun Kemangi
 Siapkan beberapa daun kemangi beserta tangkainya dan cuci bersih. Setelah itu daun kemangi tersebut direbus sampai mendidih, angkat saring dan dinginkan. Minumlah air rebusan daun kemangi tersebut secara teratur hingga radang tenggorokannya sembuh.

3. Perbanyak Minum Air Hangat
 Jika mengalami radang tenggorokan biasanya akan mengalami demam atau badan menggigil. Hal ini bisa bisa mengakibatkan cairan yang terdapat dalam tubuh mampu berkurang sehingga tubuh kekurangan cairan. Dengan perbanyak minum air hangat, maka cairan dalam tubuh mampu terpenuhi kembali. Selain itu, air hangat juga bisa mengurangi meler hidung serta flu yang disebabkan oleh radang tenggorokan. Sering-seringlah minum air hangat supaya radang tenggorokan mampu berkurang.

4. Menggunakan Ramuan Daun Turi Merah
 Daun turi merah juga mampu diajdikan sebagai salah satu obat tradisional alami untuk mengatasi perkara radang tenggorokan. Caranya yaitu : siapkan daun turi merah sebanyak 1 genggam yang sudah dicuci terlebih dahulu semoga terhindar dari aneka macam virus dan bakteri. Setelah dicuci hingga berwsih kemudian daun turi merah tersebut direbus sampai mendidih menggunakan air secukupnya. Angkat, saring dan acuh taacuhkan. Gunakan ramuan tersebut sebagai obat kumur dan lakukan cara tersebut 4 kali sehari secara teratur hingga radang tenggorokannya benar-benar sembuh.

5. Konsumsi Buah-Buahan
 Radang tenggorokan terjadi lantaran kekebalan tubuh berkurang atau tidak maksimal sehingga tubuh gampang sekali terkena virus dan bakteri seolah-olah radang tenggorokan. Untuk mengembalikan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, haruslah perbanyak asupan vitamin. Buah-buahan mampu menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan vitamin yang diperlukan oleh tubuh semoga kekebalan tubuh mampu meningkat. Makara jikalau terkena radang tenggorokan konsumsilah buah-buahan sehingga dapat mengurangi radang tenggorokan.

6. Menggunakan Bawang Putih
 Salah satu penyebab timbulnya radang tenggorokan yaitu diakibatkan oleh serangan bakteri pada tenggorokan. Agar radang tenggorokan yang diakibatkan oleh basil, maka haruslah membunuh basil penyebab radang tenggorokan tersebut. Bawang putih bisa membunuh bakteri tersebut karena bawang putih mengandung senyawa allicin. Cara pemanfaatan bawang putih sangat praktis yaitu cukup dengan mengunyah bawang putih tersebut.

7. Menggunakan Ramuan Cuka Apel Dan Madu
 Ambilah cuka apel dan madu dengan takaran 200 ml untuk cuka apel serta 100 ml untuk madu. Campurkan kedua bahan tersebut dan tambahkan air sebanyak 250 ml sampai tercampur semuanya. Setelah semua bahan benar-benar tercampur, minumlah secara teratur yaitu dengan hukum minum sehari 3 kali setelah bangkit tidur.

8. Menggunakan Belimbing
 Selain bawang putih, ada juga buah yang manfaatnya hampir sama dengan bawang putih sebagai obat radang tenggorokan yaitu buah belimbing. Buah belimbing banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan salah satunya ialah sebagai anti radang. Cara pemanfaatannya cukup simpel yaitu dengan cara dibuat jus. Minumlah jus belimbing tersebut secara rutin sampai radang tenggorokan benar-benar sembuh.

9. Mengonsumsi Sop
 Mengonsumsi sop ketika terjadi radang tenggorokan juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk meringankan radang tenggorokan tersebut. Sup yang dikonsumsi mampu menurunkan radang tenggorokan serta membantu proses metabolisme tubuh. Keran sup biasanya mempunyai rasa pedas serta biasanya dicampur dengan perasan air jeruk nipis.

10. Menggunakan Kunyit Dan air garam
 Cara tradisional alami ini sudah dikenal sejak jaman dahulu dan populer akan khasiatnya. Siapkan 1 ruas kunyit kemudian dihaluskan. Setelah itu seduh menggunakan air hangat sebanyak 200 ml serta 1 sendok teh garam dan aduk rata. Saring kemudian gunakan untuk berkumur 3 kali sehari. Lakukan cara tersebut secara teratur biar menerima hasil yang maksimal.

11. Istirahat yang Cukup
 Saat terkena radang tenggorokan maka sitem imun tubuh terganggu. Untuk mengembalikan sitem imun tubuh supaya seolah-olah semula cobalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Karena berdasarkan para jago kesehatan sel-sel diperbaharui oleh hormon pertumbuhan dikala kita tidur.

 Radang tenggorokan memang tidak berbahaya dan termasuk kedalam penyakit ringan. Namun walaupun demikian rdang tenggorokan sangat mengganggu sekali. Saat kita makan atau minum jikalau mengalami radang tenggorokan sangat tersiksa lantaran susah saat menelan. Maka dari itu cobalah salah satu cara diatas wacana cara tradisioanal alami untuk mengatasi masalah radang tenggorokan. Selain itu radang tenggorokan juga merupakan penyakit yang gampang menular lantaran pengaruh kuman dan virus. Kaprikornus selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari radang tenggorokan.

Tampilkan Komentar