Manfaat / Khasiat Daun Sukun Untuk Ginjal Dan Jantung

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 25, 2018
Manfaat / Khasiat Daun Sukun Untuk Ginjal Dan JantungKita sudah sering mendengar wacana buah sukun. Sukun merupakan sejenis makanan yang biasa dimasak sebagai camilan. Sukun sudah banyak diketahui dengan aneka macam macam olahan yang disediakan di toko camilan. Ada sukun yang dibuat sebagai keripik, ada pula sukun yang dipotong mirip korek api dan dijsaudara termudaan camilan stik. Selain untuk camilan kering, sukun juga biasa diberi bumbu bawang dan garam kemudian digoreng biasa, mirip yang biasa kita sebut dengan gorengan. Tidak sedikit orang yang suka dengan camilan sukun ini. 

Namun, tidak hanya sebagai camilan saja, ternyata sukun juga mempunyai manfaat sebagai obat herbal. Jadi, selain buah sukun dapat dijsaudara termudaan sebuah camilan, daun sukun dapat dijsaudara termudaan sebagai obat alami. Ada banyak khasiat yang terkandung di dalam daun sukun tersebut. Daun sukun dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati asam urat, dapat mengobati penyakit ginjal, dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung, diabetes dan lever. Daun sukun memang mempunyai sejuta khasiat, apabila pengolahan daun sukun tersebut dilanekan dengan benar. Jika pengolahan daun tersebut tidak hati – hati, maka akan menimbulkan efek samping mirip simpansecunan yang akan berbahaya bagi kesehatan kita. Maka dari itu kita harus benar – benar dapat memilih dan mengolah daun sukun tersebut dengan benar. Lalu bagaimana cara kita untuk mengambil manfaat/khasiat daun sukun untuk ginjal dan jantung?

Manfaat daun sukun untuk ginjal


Kita tahu bahwa manfaat daun sukun untuk ginjal sangat baik sekali. Dari pengertian di atas, kita harus tahu dan berhati – hati jikalau ingin mengolah daun sukun sebagai obat. Daun sukun mengandung zat – zat mirip asam hidrosinat, tannin, ribloflavin dan asetilcolin yang dapat berguna untuk melawan sumber – sumber penyakit berbahaya. Sehingga daun sukun dapat disimpulkan dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kardiovaskular. Cara mengolah daun sukun pun sangat mudah, merupakan dengan cara merebus daunnya, kemudian air rebusan daun tersebut dapat diminum. Atau dapat pula dengan cara menjemur daun – daun sukun tersebut. Agar mendapatkan manfaat daun sukun untuk ginjal, harus disiplin dan teratur dalam mengkonsumsi rebusan daun sukun tersebut.

Khasiat daun sukun untuk jantung


Selain mempunyai manfaat untuk ginjal, ada juga khasiat daun sukun untuk jantung. Jantung merupakan penyakit dalam yang cukup berbahaya, karena peredaran kita diatur oleh jantung. Mulai dari masuknya oksigen ke dalam tubuh dan tersebarnya oksigen dalam tubuh semua diatur oleh jantung. Dalam tubuh kita jantung mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh kita. Maka dari itu kita harus dapat menjaga kesehatan tubuh kita secara maksimal. Karena sehat merupakan harta yang paling berharga. Ketika kita sakit, pasti akan ada banyak kendala yang kita hadapi. Seperti halnya, pekerjaan kita terbengkalai ketika kita sakit, kita dapat merepotkan orang – orang dan keluarga di sekitar kita. Kita tidak akan bisa mampu berdiri diatas kaki sendiri ketika kita sedang sakit. Melihat pentingnya jantung, penyakit jantung dapat disembuhkan dengan daun sukun. 

Khasiat daun sukun untuk jantung, dengan cara memilih daun sukun yang sudah tua di pohonnya, kemudian bersihkan daun tersebut dengan air mengalir dan jemur hingga kering. Untuk membuatnya menjadi minuman merupakan dengan cara merebusnya dengan lima gelas air. Didihkan air bersama daun sukun tersebut hingga air tersisa setengahnya. Tambahkan air lagi sebanyak 2 hingga 2,5 gelas untuk mengembalikan air tersebut menjadi 5 gelas, mirip semula, tunggu hingga mendidih lalu matikan. Air daun sukun sudah siap untuk diminum. Air rebusan tersbut tidak dapat disimpan dan diminum untun besok. Air rebusan tersbut hanya bertahan dalam satu hari saja. Baca: Manfaat Buah Delima Bagi Ibu Hamil Dan Untuk Kesuburan

Tampilkan Komentar