Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Menyusui

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 20, 2018
Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu MenyusuiKacang merah merupakan jenis polong-polongan yang mempunyai serat yang sangat tinggi. Kacang merah memang jarang diolah oleh kebanyakan orang. Banyak orang mengorah kacang kedelai atau kacang tanah untuk dimasak, sebenarnya kacang merah dapat dimanfaatkan untuk aneka macam campuran masakan mirip sup kacang merah, dan lain – lain. Nilai gizi kacang merah sangatlah banyak. Kacang merah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, mirip asam folat, kalsium, karbohidrat dan protein tinggi. Dari kandungan tersebut, kacang merah memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh kita. Karbihidrat yang ada dalam kacang merah dan kadar serat yang tinggi dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kadar glikemik dalam kacang merah juga dapat mengatasi masalah diabetes. Kacang merah kaya antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh kita untuk menangkal rsaudara termudaal bebas dan menjaga fungsi sel – sel dalam tubuh kita. 

Kacang merah merupakan sumber protein nabati, maka dari itu kacang merah ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dalam kacang merah terdapat sumber zat besi yang dapat meningkatkan energy dalam tubuh sehingga membuat aktifitas kita sehari – hari lebih semangat. Zat besi berfungsi untuk mengalirkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko anemia yang dapat membuat tubuh terasa lemah, letih, dan lesu. Kacang merah yang kaya akan serat dapat melancarkan proses pencernaan dalam usus. Serat ini dapat membantu usus mempermudah pencernaannya, sehingga buang air besar pun lancar. Lancarnya buang air besar dapat mengurangi resiko gejala kanker usus besar. Selain itu, kacang merah juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan serat yang tinggi akan membuat pencernaan menjadi sangat lambat dan indeks glisemik yang dihasilkan rendah sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Maka dari itu kacang merah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Manfaat kacang merah untuk ibu menyusui


Menyusui merupakan masa – masa yang sangat penting bagi bayi, dimana proses pembentukan system pencernaan dan daya tahan tubuh si bayi melalui asi ibunya. Maka dari itu konsumsi makanan ibu juga harus dijaga agar si bayi juga sehat dan pintar ketika beranjak yang kuasasa. Dari kandungan – kandungan nutrisi kacang merah yang sudah dibahas sebelumnya, ada pula manfaat kacang merah untuk ibu menyusui. Kacang merah sangat dianjurkan sekali untuk ibu menyusui, karena kandungan dari zat besi, protein dan asam folat yang begitu tinggi dapat berguna untuk menjaga energy ibu dalam menjalankan aktifitas sehari – hari meskipun harus menyusui bayinya setiap waktu. Menyusui bayi membutuhkan energy yang lebih, karena kebutuhan nutrisi ibu harus dibagi dengan si kecil juga. Dengan mengkonsumsi kacang merah ibunda mendapatkan tambahan asupan zat besi untuk penambah tenaga. Kandungan protein dalam kacang merah juga sangat dibutuhkan bagi bayi untuk pembentukan otot, tulang dan otak. Vitamin B yang dinamakan asam folat dapat berfungsi sebagai vitamin untuk menjaga kesehatan dan perkembangan bayi.Selain fungsi tersebut, kacang merah dapat menjaga ibunda terkena resiko penyakit jantung.

Agar manfaat kacang merah untuk ibu menyusui didapat dengan tepat, maka cara pengolahannya pun juga tidak sembarangan. Seperti tips berikut, kacang merah harus direndam terlebih dahulu dan kemudian buang air rendaman tersebut. Setelah direndam dan dibuang airnya, kacang merah tersebut direbus dengan air yang banyak dalam panci yang tertutup selama 2 – 3 menit, kemudian diamkan rebusan kacang merah tersebut hingga 2 jam. Buang air rebusan tadi dan ganti air bersih yang baru sebanyak hingga kacang merah tersebut terendam semua. Rendam kembali selama 2 jam, setelah itu buang airnya, kemudian tambahkan air lebih banyak lagi dan rendam semalam sebelum akan dimasak. Baca: Manfaat Buah Pare Untuk Darah Tinggi Dan Asam Urat

Tampilkan Komentar