Cara Mengatasi Kram Pada Betis Dan Tangan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 27, 2018
Cara Mengatasi Kram Pada Betis Dan TanganKram otot atau cedera otot tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja, di usia anak – anak maupun remaja pun juga dapat mengalami kram otot. Hal itu biasa terjadi ketika kita salah melsayakan gerakan ketika olah raga atau kita mengangkat beban yang terlalu berat untuk diri kita sendiri. Salah posisi dalam tidur juga mengyang akan terjadikan cedera otot, biasa terjadi pada bagian bahu dan leher. Ada banyak hal – hal yang mengyang akan terjadikan terjadinya kram. Beberapa penyebab terjadinya kram kalau kita mengalami kekurangan mineral dalam tubuh, kekurangan mineral mirip kalsium dan magnesium dapat mengyang akan terjadikan kram. Kram dapat terjadi karena adanya tekanan yang terlalu banyak terhadap syaraf tulang belakang yang mengyang akan terjadikan rasa nyeri pada ketika berjalan. Dehidrasi dapat mengyang akan terjadikan kram karena cairan dalam tubuh kita berkurang yang mengyang akan terjadikan penyempitan pembuluh arteri ketika mengalirkan darah ke seluruh tubuh, dan membuat peredaran darah kita tersendat. Jelas terlihat ada banyak sekali hal – hal yang mengyang akan terjadikan kram. Tidak jarang pula kita mengalami kram pada betis dan tangan, terlebih lagi ketika olahraga. Olahraga memang sangat beresiko mengyang akan terjadikan kram, apabila kita tidak melsayakan peregangan terlebih dahulu sebelum memulai olahraga. Jika hal itu terjadi ada banyak sekali cara mengatasi kram pada betis dan tangan.

Cara mengatasi kram betis


Saat berolahraga sering kali kita melsayakan salah gerakan atau lupa untuk melsayakan peregangan sebelum berolahraga. Gerakan – gerakan yang salah dalam berolahraga membuat kita mengalami kram pada betis. Lalu bagaimanakah cara mengatasi kram betis tersebut? ada beberapa langkah yang dapat kita lsayakan ketika kram betis terjadi. Pertama, ketika kram terjadi usahakan untuk menghentikan sejenak aktivitas yang dilsayakan. Kram betis tersebut mungkin terjadi karena ada posisi kita yang salah ketika berolahraga. Karena ketika berolahraga banyak cairan dan mineral yang keluar dari dalam tubuh, sehingga kita kekurangan unsur – unsur tersebut dan membuat betis kita menjadi kram. Maka dari itu kita harus segera menghentikan aktivitas olahraga kalau kram terjadi. Sehingga otot – otot yang tegang pada ketika kram dapat segera melemas dan rileks, dan kram betis tidak terasa nyeri lagi. Setelah berkurang rasa nyeri pada betis tadi, pijat pelan – pelan di sekitar betis yang kram tersebut, jangan langsung pijat pada bagian betis yang kram, karena hal tersebut dapat mengyang akan terjadikan salah otot atau bergesernya otot.

Otot betis yang kram akan bergeser kalau dipijat, karena kondisi otot pada ketika itu masih ksaya, sehingga tidak dapat fleksibel ketika dipijat. Lain cara mengatasi kram betis merupakan dengan mengkompres betis yang kram dengan air panas. Tegangnya otot pada bagian betis dapat dikendurkan dan ditenangkan dengan air panas. Caranya merupakan dengan menuangkan air panas ke dalam botol, kemudian tutup botol tersebut dan kompreskan ke bagian betis yang kram. Hal tersebut akan membuat otot lebih relaks dengan air hangat tersebut. Selain itu, sebagian besar tubuh kita mengandung air, kalau kita kekurangan cairan maka peredaran darah dalam tubuh juga akan terganggu.Begitu pula tubuh kita, kram akan terjadi ketika kita kekurangan air putih. Maka dari itu ketika kram sangat dianjurkan untuk meminum air putih yang banyak.

Cara mengatasi kram pada tangan


Kita juga pernah mengalami kram pada tangan. Cara mengatasi kram pada tanganjuga sama dengan mengatasi kram betis. Sehingga kita hanya perlu mengsoftwarekan cara tersebut pada tangan kita yang kram. Baca: Cara Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil

Tampilkan Komentar