Manfaat Susu Kacang Kedelai

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 09, 2018
 Susu yaitu salah satu minuman yang banyak disukai. Dalam sebuah bahasa kesehatan mengatakan “ 4 sehat 5 sempurna “, nah yang kelima tersebut yaitu susu. Kaprikornus susu merupakan salah satu yang menjadi pokok untuk porsi makan sehat. Namun juga ada sebagian orang yang sama sekali tidak suka minum susu bahkan takut. Hal itu mampu diakibatkan karena dari rasa susu ataupun punya pengalaman yang kurang yummy tentang susu.

 Susu mampu dikonsumsi dengan banyak sekali cara menurut kesukaan masing-masing. Ada yang diminum mengguakan air masbodoh, air panas, dicampu dengan kopi, dibentuk selai roti, es susu dan masih banyak lagi. Cara mengonsumsi susu dengan berbagai cara tetap menghasilkan manfaat yang baik bagi kesehatan.

 Dengan perkembangan zaman dan teknologi susu mampu diolah menjadi makanan yang lezat serta bervariasi. Susu juga terdapat beberapa macam ada susu putih, susu coklat, susu strawberi dan sebagainya. Namun semua itu tetap lezat dan menyehatkan.
Lebih jauh mengenai susu, terdapat bermacam macam jenis susu mulai dari susu kambing, susu sapi, susu kedelai, dan sebagainya. Nah pada artikel kali ini yang akan kita bahas ialah mengenai manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh. Sebelum membahas mengenai manfaat susu kedelai marilah kita bahas terlebih dahulu secara detail ihwal susu kedelai tersebut.

 Susu kacang kedelai atau sering disebut juga sebagai sari kacang kedelai merupakan suatu minuman berwarna putih yang tentunya berasal dari kacang kedelai. Susu kacang kedelai memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan susu pada umumnya. Susu kacang kedelai sering disebut juga sebagai susu Indonesia. Namun menurut salah satu sumber bahwa susu kacang kedelai sudah ada sekitar tahun 1900-an di Tiongkok.
Susu Kacang Kedelai
Gambar susu kacang kedelai (sumber : google.com)

 Seperti sudah kita ketahui bahwa kandungan zat dalam susu kacang kedelai hampir sama dengan kandungan susu sapi sehingga susu kacang kedelai sanggup dijadikan sebagai pengganti susu sapi. Baik susu kacang kedelai maupun susu sapi memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing dalam kandungan zat yang terkandung didalamnya. Zat yang terkandung dalam susu kacang kedelai diantaranya protein, karbohidrat, lemak, kalsium, vitamin B12, vitamin E, vitamin D, serat, vitamin K, asam lemak essensial, lisin, zat besi, ribovlafin, gula yang rendah, omega-3, omega-6. Dengan kandungan unsur yang terdapat pada susu kacang kedelai sebanyak itu sudah bisa dipastikan manfaat yang dapat diambil bagi kesehatan akan sangat baik.

 Berikut manfaat susu kacang kedelai yang baik bagi kesehatan

1. Mencegah Osteoporosis
 Penyerapan kalsium yang kurang sempurna menjadi salah satu penyebab terjadinya osteoporosis. Susu kacang kedelai menagandung protein yang tinggi dan protein mampu membantu memperlancar penyerapan kalsium dalam tulang. Sehingga susu kacang kedelai mampu dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mencegah terjadinya perkara osteoporosis. Selain itu susu kacang kedelai juga mengandung isoflavon yang berfungsi menghambat terjadinya kerusakan pada tulang.

2. Membantu Mencegah Kanker Prostat
 Kadar hormon testosteron yang tinggi dapat menimbulkan terjadinya penyakit kanker prostat. Untuk menurunkan kadar hormon testosteron bisa memakai susu kacang kedelai sebagai salah satu obat tradisional alami. Sebab kandungan phytoestrogen dapat membantu menurunkan kadar hormon tetosteron. Dengan menurunnya kadar tetosteron tersebut maka resiko terkena kanker prostat tergolong kecil.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol
 Kelebihan susu kacang kedelai dibanding susu sapi antara lain jika susu sapi mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga beresiko menaikan kadar kolesterol dalam tubuh, sedangkan susu kacang kedelai malah sebaliknya yaitu mengandung zat lemak tak jenuh serta non kolesterol. Jika sering mengonsumsi susu kacang kedelai secara rutin diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Sebagai Antioksidan
 Susu kacang kedelai mengandung senyawa isoflavin yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan yaitu membantu memperbaiki sel srta mencegah kerusakan sel yang diakibat oleh sinar matahari, proses tubuh yang normal serta polusi lingkungan. Sehingga susu kacang kedelai sanggup menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh.

5. Mencegah Diabetes Militus
 Susu kacang kedelai mengandung asam amino glisin serta asam amino arginin yang mampu menjaga keseimbangan hormon insulin. Jika tubuh kekurangan hormon insulin mampu berakibat terjadinya kelainan metabolisme protein, lemak, karbohidrat, elektrolit serta air. Keadaan tersebut bisa berakibat munculnya diabetes militus. Untuk menjaga biar terhindar dari penyakit diabetes militus konsumsilah secara rutin dan teratur susu kacang kedelai.

6. Mencegah Penuaan Dini
 Penuaan dini memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Semakin bertambah umur semakin mempercepat proses terjadinya penuaan. Namun penuaan dini bisa diperlambat dengan antioksidan yang terdapat pada makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh. Susu kedelai mampu menjadi salah satu alternatif untuk mencegah terjadinya penuaan dini karena dalam susu kacang kedelai terkandung antioksidan yang tinggi dan baik bagi tubuh.

7. Menyehatkan Jantung
 Susu kacang kedelai mengandung lemak jenuh tunggal serta lemak tak jenuh ganda. Sehingga susu kedelai baik bagi kesehatan jantung. Lemak jenuh yang tinggi mampu meningkatkan kadar kolesterol dan meningkatkan resiko serangan jantung. Susu kedelai juga tidak mengandung kolesterol sehingga susu kedelai aman bagi jantung.

8. Baik Untuk Diet
 Susu kacang kedelai juga sangat baik untuk menurunkan berat badan atau diet karena susu kacang kedelai mengandung gula rendah serta lemak tak jenuh. Jika dibandingkan dengan susu sapi jauh lebih rendah susu kacang kedelai kadar gulanya. Sedangkan lemak tak jenuh dalam susu kacang kedelai membantu mencegah peresapan lemak secara eksklusif oleh usus. Sebab lemak yang diserap eksklusif oleh usus sama saja dengan menimbun lemak sisa disaluran pencernaan yang lambat laun semakin lama semakin menumpuk dan timbulah kolesterol.

9. Sebagai Minuman Anti Kanker
 Susu kacang kedelai juga menjadi salah satu minuman anti kanker yang baik. Susu kacang kedelai sanggup menjadi antioksidan yang baik untuk mencegah timbulnya kanker. Karena dalam susu kacang kedelai terkandung banyak sekali mineral, vitamin E, asam amino triptopan, selenium dan isoflavon.

 Cara membuat susu kacang kedelai

 Siapkan kacang kedelai yang berkualitas tinggi kemudian cuci sampai higienis. Setelah dicuci bersih rebuslah kacang kedelai tersebut selama kurang lebih 15-20 menit lalu angkat dan saring. Kemudian kacang tersebut direndam dan biarkan selama semalam. Keesokan harinya kacang yang telah direndam selama semalam tersebut dicuci kembali sampai bersih sambil diremas remas sehingga kulit luarnya terkelupas. Haluskan kacang tersebut sambil ditambahkan air secukupnya dengan cara memasukannya sedikit-sedikit pada waktu dihaluskan. Setelah itu tambahkan air lalu aduk rata kemudian disaring untuk mengahasilkan filtrat. Filtrat tersebut kemudian ditambahkan gula pasir, perasa serta zat kimia NaP04 aduk hingga merata dan disaring kembali. Setelah proses tersebut kemudian dipanaskan kembali namun jangan sampai mendidih sambil diaduk-aduk. Angkat dan biarkan hingga basi kacang kedelai hilang. Setelah busuk kacangnya hilang masukan kedalam botol yang telah diseterilkan terlebih dahulu kemudian direbus kembali dalam air dengan suhu 70-80 derajat celcius selama 15 menit kemudian angkat dan tutup botol tersebut menggunakan penutup botol. Masukan kembali botol tersebut kedalam air mendidih sampai botol terendam seluruhnya selama 20 menit. Angkat, hambarkan dan susu kacang kedelai siap dikonsumsi.

 Untuk membuat susu kacang kedelai memang membutuhkan proses serta waktu yang cukup lama. Namun walaupun demikian manfaat dari susu kacang kedelai sangat baik bagi kesehatan. Maka tidak ada salahnya jikalau kita menciptakan sendiri susu kacang kedelai dirumah untuk kesehatan tubuh.

 Selain mengandung manfaat yang begitu banyak dan baik bagi kesehatan, susu kacang kedelai juga ternyata mempunyai efek samping yang mampu menimbulkan beberapa penyakit dan mensugesti kesehatan. Hal tersebut dikarenakan dalam susu kacang kedelai mengandung racun alami. Jadi jikalau ingin memanfaatkan susu kacang kedelai harus hati-hati dan harus dibawah pengawasan sang ahli biar tidak membahayakan.

 Efek samping yang mampu ditimbulkan dari susu kacang kedelai antara lain

Bisa menimbulkan terjadinya kerusakan pada otak
Mengakibatkan kelainan pada bayi
Menimbulkan kanker payudara

Tampilkan Komentar