Manfaat Daun Insulin Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 04, 2018
 Apakah anda pernah mendengar nama tumbuhan yakon?. Kemungkinan besar dari anda gres mendengar tanaman yakon dan belumtahu bagaimana bentuk dan warna dari tumbuhan yakon sendiri. Tetapi jika ditanya wacana tumbuhan insulin kemungkinan besar dari anda tahu dan pernah mendengar wacana tumbuhan insulin. Sebenarnya yakon merupakan sebutan lain dari insulin. Ingin tahu lebig dalam tentang insulin serta manfaat daun insulin bagi kesehatan?. Mari kita bahas gotong royong.

 Daun insulin awal mula diperkenalkan di Indonesia adalah sekitar tahun 1990an. Tanaman ini mempunyai nama ilmiah Tithonia diversifolia dan berasal dari pegunungan ades Peru. Tanaman insulin ini sering dimanfaatkan sebagai tumbuhan pagar untuk halaman rumah atau tanaman hias. Ciri tanaman insulin ialah memiliki bunga berwarna seolah-olah bunga matahari, daun menjari serta batang kayu berukuran sekitar satu meter. Jika insulin kita pegang maka tangan akan terasa pahit sehingga banyak masyarakat menyebutnya sebagai tanaman paitan. Tanaman insulin sendiri di Indonesia mempunyai nama yang berbeda beda sesuai daerah tersebut diantaranya kayu paik, harsaga, kipait, rondo semoyo serta kembang bulan.

Manfaat Daun Insulin Bagi Kesehatan
Gambar Daun Insulin (Sumber : google.com)

 Dalam pemanfaatan bagi kesehatan, masyarakat kita mengenal daun insulin sebagai obat diabetes saja. Namun daun insulin mempunyai manfaat yang berlimpah bagi kesehatan. Di berbagai Negara daun insulin ini dimanfaatkan sebagai anti virus, anti diabetes, liver atau radang tenggorokan. Pemanfaatan daun insulin bagi kesehatan sudah dibuktikan diberbagai penelitian di luar negeri dan risikonya sangat memuaskan. Sehingga daun insulin mampu dijadikan sebagai obat tradisional alami yang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan.

 Manfaat Daun Insulin Bagi Kesehatan

1. Antioksidan
 Daun Insulin mampu menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh. Dalam daun insulin terkandung unsur yang sanggup menjadi antioksidan. Mengonsumsi daun insulin secara teratur mampu menjadi alternatif menghasilkan antioksidan bagi tubuh.

2. Obat Diabetes
 Sudah bukan rahasia lagi jikalau daun insulin diyakini sangat baik untuk mengobati perkara diabetes. Hal itu diperkuat oleh berbagai penelitian para andal kesehatan tentang daun insulin sebagai obat diabetes. Sehingga jikalau mengalami diabetes cobalah obati menggunakan obat tradisional alami daun insulin.

3. Antimikroba Ginjal Serta Infeksi Pada Kandung Kemih
 Ginjal dan kandung kemih bisa kapan saja terjangkit kuman serta virus yang bisa membuat fungsi kedua organ tersebut terganggu. Untuk mencegah organ tersebut terkena basil serta virus jahat cegahlah dengan obat tradisional daun insulin. Sebab daun insulin bisa menjadi antimikroba yang baik ginjal serta kandung kemih.

4. Mengobati Hati Serta Penguat Hati
 Manfaat selanjutnya daun insulin ialah sebagai penguat serta obat hati. Konsumsilah ramuan daun insulin secara teratur sehingga mampu terhindar dari penyakit yang menyerang hati.

5. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah
 Kadar gula dalam darah yang tinggi bisa mengakibatkan banyak sekali penyakit seolah-olah darah tinggi. Untuk itu kadar gula dalam darah harus sesuai. Jika kadar gula dalam darah tinggi coba turunkan memakai ramuan daun insulin. Daun insulin diyakini mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Obat Liver
 Di luar negeri daun insulin diolah dan diracik sebagai obat untuk mengatasi penyakit liver. Daun insulin setelah diteliti ternyata mengandung zat yang baik untuk mengatasi kasus penyakit liver.

7. Obat Tenggorokan
 Selain itu juga manfaat daun insulin selanjutnya adalah sebagai obat tenggorokan. Kandungan zat dalam daun insulin sanggup mengatasi kasus tenggorokan.

 Cara Membuat Ramuan Daun Insulin

 Siapkan 15 lembar daun insulin baik yang sudah kering maupun yang masih segar. Cuci higienis daun insulin tersebut kemudian direbus dengan air sebanyak 5 gelas. Biarkan hingga air rebusan tersebut tersisa 3 gelas kemudian angkat dan saring. Minumlah ramuan daun insulin tersebut 2 atau 3 kali sehari secara teratur.

 Untuk mengatasi diabetes usahakan dilakukan dengan cara sambil diet sedangkan untuk menurunkan kadar gula dalam darah harus sering mengontrol kadar gula dalam darah secara rutin supaya tahu perkembangan kadar gula dalam darah.

 Daun insulin selain sebagai obat diabetes ternyata mampu dijadikan berbagai obat tradisional alami aneka macam penyakit. Namun untuk memakai daun insulin sebagai obat tradisional alami usahakan konsultasi terlebih dahulu ke dokter supaya dalam penggunaannya aman dan tidak mengakibatkan kasus. Semoga artikel wacana Manfaat Daun Insulin tersebut menambah wawasan kita akan obat tradisional alami.

Tampilkan Komentar