Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 06, 2018
 Bunga melati sering dijumpai pada upacara adab, akad nikah atau sebagai tanaman hias. Bunga melati memang menjadi salah satu bunga favorit untuk dijadikan sebagai tumbuhan hias. Wanginya yang khas serta mempunyai ciri yang identik putih. Di negara kita bunga melati ini bahkan dijadikan simbol nasional karena warna bunga melati yang putih melambangkan kesucian. Di tempat Sunda atau Jawa bunga melati sering dijadikan sebagai salah satu tambahan dalam sebuah ijab kabul.

Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan
Gambar bunga melati (sumber : google.com)

 Bunga melati atau nama lainnya bunga jasmin mempunyai nama latin Jasminum officinale berasal dari India dan Negara Mediterania. Tanaman ini sering dijadikan tumbuhan hias serta mempunyai bunga yang berwarna putih atau kuning. Tanaman ini mempunyai mahkota bercabang berbunga tumpul serta rantingnya panjang. Melati cocok ditanam di tempat teduh dengan daerah cerah dan berangin.

 Dalam perkembangannya melati tumbuh subur di Negara kita dan dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias, upacara etika, akad nikah atau untuk obat. Melati sendiri memiliki nama yang berbeda disetiap tempat di Negara kita seperti Sunda (kembang melati), Aceh (meulu, riwat), Gayo (melur), Bali (menuh), Madura (malete), Timor (manyora), Sumbawa (mundu). Jawa (melur), Madura (malate), Bali (menuh). Sehingga jikalau kita berkunjung ke tempat lain akan merasa ajaib dengan nama yang disebutkan karena tidak sama dengan nama di kawasan kita.

 Di Negara maju bunga melati dimanfaatkan bagi kesehatan yaitu dengan cara diambil ekstrak bunga melati untuk dijadikan penghilang stres atau depresi serta membantu dogma diri. Namun untuk pengolahan bunga melati yang diambil ekstrak melatinya membutuhkan biaya yang begitu mahal sehingga itu baru dilakukan oleh industri farfum.

 Manfaat Bunga Melati Untuk kesehatan

1. Mengobati Mata Merah Atau Belekan
 Jika mengalami masalah pada mata ialah mata merah atau belekan coba atasi menggunakan bunga melati sebagai obat tradisional lantaran bunga melati diyakini mampu mengatasi mata merah atau belekan. Siapkan bunga melati sebanyak satu genggam kemudian dicuci higienis. Setelah itu bunga melati dihaluskan sampai benar benar halus. Tempelkan bunga melati tersebut tepat padaa dahi serta biarkan hingga mengering. Lakukan cara tersebut secara teratur hingga sembuh.

2. Mengatasi Radang Ginjal
 Ginjal jikalau tidak dijaga dengan baik mampu terkena radang ginjal. Hal itu bisa berakibat timbulnya penyakit ginjal jikalau tidak diatasi sedini mungkin. Alternatif untuk mengatasi radang ginjal tersebut bisa menggunakan bunga melati. Cuci higienis bunga melati poncosuda kering sebanyak 15 gram. Kemudian bunga melati tersebut direbus memakai air sebanyak 2 gelas. Biarkan air rebusan tersebut hingga tersisa separuhnya. Angkat saring dan biarkan cuek. Minumlah ramuan dari bunga melati tersebut sehari 2 kali secara teratur hingga air kencing warnanya kembali normal.

3. Mengatasi Demam Berdarah
 Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Demam berdarah bila tidak segera diatasi mampu berakibat patal. Bunga melati bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi demam berdarah. Caranya cukup mudah siapkan daun melati sebanyak 7 lembar dan 1 gram belimbing. Rebus ke-2 materi tersebut menggunakan air sebanyak 250 ml air dan biarkan hingga menjadi 1 gelas. Setelah itu angkat saring dan hambarkan. Minumlah ramuan tersebut hingga habis sebanyak 3 hari berturut-turut dengan aturan minum sehari 8 gelas.

4. Obat Sakit Kepala
 Atasilah sakit kepala menggunakan bunga melati. Caranya bunga melati 10 buah dan daun melati 1 genggam dicuci bersih. Setelah itu semua materi tersebut direndam dan diremas remas. Gunakan air rendaman tersebut untuk mengompres dahi secara rutin.

5. Mengatasi Jerawat
 Jerawat memang menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu alasannya biasanya menyerang tempat sekitar wajah. Jerawat juga bisa menciptakan seseorang kurang percaya diri. Bunga melati mampu dijadikan salah satu ramuan yang ampuh untuk masalah bengkak.
Bahan : 20 kuntun bunga melati
             2 jari asam kawak
             Belerang 3 gram
             2 sendok makan air jeruk nipis
 Caranya : Cuci higienis semua bahan tersebut kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah benar benar halus kemudian diperas untuk diambil airnya dan masukan air perasan jeruk nipis. Aduk rata kemudian oleskan secara merata pada bagian wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hingga higienis dan lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari secara teratur.

6. Menghilangkan Stres
 Aroma melati mampu menurunkan denyut jantung serta memberi dampak damai pada indera. Selain itu aroma melati juga membantu mengurangi rasa cemas dan rasa tegang. Dengan demikian jika mengalami stres cobalah minum teh aroma melati atau menghirup parfum aroma melati biar stres berkurang.

7. Menurunkan Resiko Kanker
 Radikal bebas yang tinggi dalam badan dapat memicu terjadinya kanker. Untuk mengurangi radikal bebas dalam badan bisa menggunakan teh melati sebagai alternatif karena melati mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu membantu untuk menurunkan kadar radikal bebas dalam badan.

8. Sebagai Anti kuman
 Bunga melati sanggup menjadi anti basil yang baik dalam tubuh lantaran dalam bunga melati terkandung zat anti kuman yang baik. Namun selain sebagai anti bakteri, bunga melati juga berfungsi untuk membantu pembentukan bakteri yang baik dalam tubuh.

9. Mencegah Terkena Kolesterol
 Manfaat selanjutnya ialah sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat dalam badan berkurang memungkinkan terhindar dari penyakit stroke dan penyakit jantung.

10. Menghentikan ASI Berlebih
 Seorang ibu yang lagi menyusui mungkin mengalami masalah dengan ASI. Masalah yang sering timbul diantaranya adalah keluarnya ASI secara berlebihan. Jika hal ini terjadi memungkinkan seorang ibu menyusui akan lemas dan ASI akan terbuang sia-sia. Coba atasi kasus tersebut menggunakan daun melati. Caranya segenggam daunmelati dihaluskan. Setelah benar-benar halus, daun melati tersebut ditempelkan seputar daerah dada ialah pada sebelum mandi pagi. Lakukan cara tersebut beberapa kali.

11. Masker Kulit Tubuh
 Masker kulit badan menggunakan bunga melati memberikan hasil yang mampu menyehatkan kulit. Siapkan segenggam bunga melati kemudian cuci sampai bersih. Setelah itu bunga melati tersebut ditumbuk hingga halus. Tambahkan minyak zaitun atau madu maupun air mawar secukupnya dan aduk rata. Oleskan pada seluruh serpihan badan yang dikehendaki sambil dipijat pelan-pelan. Biarkan selama 20 menit kemudian basuh hingga bersih. Lakukan cara tersebut seminggu 2 hingga 3 kali supaya kesannya maksimal.

 Itulah Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Masih banyak lagi manfaat dari bunga melati tersebut yang belum ditulis. Tidak ada salahnya jikalau kita mencoba bunga melati sebagai obat tradisional. Sebab di beberapa Negara diluar negeri bunga melati merupakan salah satu bunga yang sedang diteliti manfaatnya bagi kesehatan. Semoga artikel yang ditulis bermanfaat serta menambah wawasan kita semua. Salam sukses dan selamat mencoba.

Tampilkan Komentar