Manfaat Bunga Mawar Yang Melimpah

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 07, 2018
 Bunga merupakan salah satu belahan dari tanaman yang mempunyai ciri yang khas. Bunga itu bermacam-macam bentuk serta namanya mulai dari bunga mawar, melati dan masih banyak lagi. Bubga biasanya banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, ucapan selamat, parfum hingga sebagai ungkapan rasa sayang kepada seseorang. Pada artikel kali ini kita akan membahas bunga sebagai obat tradisional. Bunga yang akan kita bahas yaitu bunga mawar. Yuk kita bahas bersama wacana manfaat bunga mawar.

 Bunga mawar atau sering disebut juga bunga ros merupakan tanaman semak yang banyak dijumpai sebagai tanaman hias. Bunga mawar pada umumnya berwarna merah, kuning, putih biru atau merah muda. Bunga mawar ini mempunyai lebih dari 100 spesies diseluruh dunia. Mawar termasuk kedalam genus rosa dan mempunyai nama latin rosa canina dan umumnya sering dijadikan sebagai salah satu lambang perasaan kasih sayang kepada seseorang.

Manfaat Bunga Mawar Yang Melimpah
Gambar bunga mawar (sumber : google.com)

 Bunga mawar daunnya majemuk berukuran 5 sampai 15 cm dan tiap tangkainya terdiri 9 lebih daun. Tumbuhan ini mempunyai tinggi hingga 5 meter. Batang dari tanaman mawar ini berduri tajam dan bunganya terdiri dari 5 helai mahkota daun.

 Bunga mawar memang mempunyai bentuk serta warna yang indah sehingga tidak salah bila banyak orang mengungkapkan rasa kasih sayang mereka memakai bunga mawar. Bunga mawar juga mempunyai aroma yang busuk serta wanginya bunga mawar sangat khas sekali. Bunga mawar sesudah diteliti oleh para hebat ternyata mengandung unsur unsur yang memiliki kegunaan bagi kesehatan. Sehingga bunga mawar pada perkembangannya sudah dimanfaatkan bagi kesehatan dan kecantikan.

 Unsur-unsur yang terkandung dalam bunga mawar

Feniletil
Sitral
linalo
Eugenol
Kohok
Farnesol
Nonilaldehida
Sitroneol
Nero
Geraniol

 Bunga mawar ternyata memiliki efek farmakologis yang baik bagi kesehatan diantaranya sebagai anti radang, penetrasilir racun, melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan abuh, melancarkan haid pada perempuan saat tiba bulan. Bunga mawar juga memiliki rasa hangat serta bagus sehingga bila dimanfaatkan bagi kesehatan dengan cara dikonsumsi rasanya sangat mengangatkan badan.

 Berikut Manfaat Dari Bunga Mawar

1. Obat Campak
 Bunga mawar ternyata sanggup mengatasi penyakit campak. Siapkan bunga mawar sebanyak 15 kuntum kemudian dicuci sampai higienis. Setelah itu bunga mawar tersebut direbus memakai air sebanyak 2 gelas. Biarkan air rebusan tersebut menjadi 1 gelas. Angkat, saring dan cuekkan. Minumlah air rebusan daun mawar tersebut 2 kali sehari dengan aturan minum ½ gelas tiap minum. Lakukan beberapa kali secara teratur.

2. Mengatasi Jerawat
 Banyak sekali obat tradisional menggunakan materi alami untuk kasus bengkak dan salah satunya adalah dengan menggunakan bunga mawar. Bunga mawar mempunyai kandungan antioksidan yang mampu mengatasi masalah bisul. Siapkan beberapa kuntum bunga mawar kemudian dimasukan kedalam air hangat. Gunakan air hangat tersebut untuk mencuci wajah yang berjerawat secara teratur.

3. Mengobati Bengkak Kaki
 Jika kaki kita mengalami abuh coba atasi memakai bunga mawar sebagai obat tradisional alami. Karena dalam bunga mawar terkandung unsur yang mampu mengatasi benjol. Caranya basuh higienis 3 kuntum bunga mawar serta daun sembung sebanyak 30 gram hingga higienis. Rebuslah kedua materi tersebut dengan 500ml air sampai mendidih. Setelah benar benar mendidih angkat saring dan masbodohkan. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari.

4. Menjaga Kesehatan Rambut
 Rambut merupakan salah satu anggota badan yang berperan penting dalam hal penampilan. Rambut juga dijadikan sebagai mahkota kita. Maka dari itu rambut harus tetap terjaga kesehatannya semoga tetap telihat indah dan tidak mudah rusak. Untuk menjaga kesehatan rambut gunakan bunga mawar sebagai alternatif. Gunakan air mawar untuk keramas sambil dipijat pijat atau bisa dicampurkan dengan shampo saat keramas.

5. Merawat Kulit
 Rawatlah kulit kita biar tetap sehat dan terhindar dari banyak sekali masalah kulit menggunakan bunga mawar. Diyakini air bunga mawar mampu menjaga PH alami kulit serta dapat menyeimbangkan produksi sebum pada kulit. Selain itu juga air bunga mawar bermanfaat untuk menjaga kulit terkena penyakit kulit.

6. Mengatasi Masalah Bau Mulut
 Bau mulut merupakan salah satu hal yang mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang. Bau mulut juga bisa membuat lawan bicara merasa tidak nyaman. Oleh lantaran itu atasilah kedaluwarsa verbal menggunakan bunga mawar. Siapkan beberapa kuntum bunga mawar lalu direndam dengan air masbodoh sebanyak 1 gelas. Biarkan selama semalam. Keesokan harinya saring untuk memisahkan air dengan bunga mawar tersebut. Tambahkan gula watu kemudian diminum dengan aturan minum seminggu 2 kali secara teratur.

7. Menjaga Kesehatan Mata
 Jika mengalami bulat hitam di bawah mata yang diakibatkan kurang tidur serta mata mengalami lelah coba atasi memakai air bunga mawar. Selain itu bunga mawar juga mampu mengatasi mata merah atau radang mata. Caranya dengan meneteskan air bunga mawar pada mata kemudian tutup mata selama beberapa menit. Lakukan cara tersebut secara teratur semoga mata tetap terjaga kesehatannya.

8. Obat Batuk Berdarah
 Untuk mengatasi watuk berdarah bisa menggunakan teh bunga mawar. Siapkan 10 kuntum bunga mawar kering kemudian dicuci higienis. Setelah itu bunga mawar tersebut diseduh menggunakan air panas sebanyak satu gelas dan tutup rapat selama setengah jam. Minumlah teh bunga mawar tersebut sehari 2 kali secara teratur.

 Bunga mawar selain untuk tanaman hias bisa juga dimanfaatkan untuk kesehatan. Mungkin pada artikel kali ini masih banyak manfaat dari bunga mawar yang belum disebutkan. Jika ingin menambahkan manfaat lainnya dari bunga mawar silahkan beri komentar pada kolom komentar. Semoga artikel diatas ihwal Manfaat Bunga Mawar bermanfaat dan menambah wawasan kita wacana obat tradisional alami.

Tampilkan Komentar