Manfaat Bunga Kamboja Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 08, 2018
 Jika kita ke pemakaman banyak kita jumpai yang namanya bunga kamboja. Memang bunga kamboja identik dengan hal hal religi dan sering ditanam di kawasan pemakaman. Namun tanaman ini dalam perkembangannya sudah dimanfaatkan sebagai tanman hias di pekarangan rumah.

 Bunga kamboja bukan berasal dari negara Kamboja bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan negara tersebut. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah yaitu dari Colombia, Mexico, Equador, Cuba dan Venezuela. Menurut sejarah bunga kamboja datang ke Indonesia pertama kali dibawa oleh bangsa Belanda dan Portugis pada zaman penjajahan. Di indonesia sendiri tumbuhan ini mempunyai nama yang berbeda beda sesuai dengan tempat masing masing seperti Sunda (samboja, kamoja), Jawa (semboja), Madura (campaka, bakul), Bali (bunga jebun), Minahasa (kolosusu, tintis, karasuti), Gorontalo (lomilate), Tidore (capaka kubu).

 Bunga kamboja tumbuh subur di dataran rendah pada ketinggian 700 meter diatas permukan air bahari. Nama latin dari bunga kamboja yaitu Plumeria rubra L.cv. Acutifolia serta merupakan famili dari Apocynaceae. Bunga kamboja memiliki jenis dan warna yang berbeda beda diantaranya kamboja putih, kuning, pink serta kamboja warna warni.

 Tanaman kamboja mempunyai batang yang tingginya mampu mencapai 6 meter. Batangnya keras serta bercabang banyak dan bergetah. Sedangkan daunnya berwarna hijau bentuknya lonjong dan ujung daunnya meruncing. Jika bunganya sedang lebat maka daun tanman kamboja ini akan berguguran hal ini bertujuan semoga bisa menjaga keseimbangan makanan. Bunga tanaman kamboja keluar dari ujung tangkai berbentuk terompet dengan warna yang bervariasi sesuai jenisnya. Bunga kamboja ini sangat indah bahkan saat berguguran ketanah pun masih indah dan bau. Jika memelihara bunga kamboja, tidak perlu repot repot dalam hal perawatannya. Sebab tanaman ini tidak terlalu banyak membutuhkan air serta mampu hidup dialam liar cukup dengan mendapat sinar matahari.

Manfaat Bunga Kamboja Bagi Kesehatan
Gambar bunga kamboja (sumber : google.com)

 Berikut manfaat dari tanaman bunga kamboja

1. Obat Bengkak
 Jika pecahan tubuh kita mengalami benjol coba atasi memakai bunga kamboja. Siapkan kulit pohon kamboja secukupnya kemudian tumbuk hingga benar benar halus. Setelah benar benar halus kemudian direbus dengan air sebanyak setengah liter sampai mendidih. Gunakan air rebusan kulit pobon bunga kamboja tersebut untuk mengompres kepingan badan yang benjol.

2. Mengatasi Bisul
 Bisul terjadi balasan adanya darah kotor pada badan kita. Darah kotor tersebut semakin lama semakin menumpuk kemudian terjadilah bisul. Untuk mengatasi masalah bisul tersebut bisa menggunakan tumbuhan bunga kamboja sebagai alternatif pengobatannya. Caranya sangat mudah yaitu dengan cara mengambil getah dari pohon kamboja kemudian dioleskan pada cuilan tubuh yang terkena bisul. Lakukan beberapa kali hingga bisul tersebut sembuh.

3. Obat Kencing Nanah
 Atasilah menggunakan tumbuhan bunga kamboja bila mengalami kencing abses. Siapkan akar kamboja secukupnya kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu akar kamboja tersebut direbus dengan air secukupnya hingga benar benar mendidih. Angkat saring dan biarkan dingin. Minumlah ramuan tersebut sehari sekali sebanyak 1 gelas tiap minum. Ulangi cara tersebut sampai kencing infeksi sembuh.

4. Mengobati Mencret
 Obati memakai bunga kamboja jikalau kita mengalami mencret mencret. Ambilah bunga kamboja sebanyak 10 kuntum lalu dicuci sampai higienis. Setelah itu bunga kamboja tersebut direbus menggunakan 3 gelas air. Biarkan sampai air rebusan tersebut tersisa 1 gelas saja. Angkat, saring dan cuekkan. Minumlah ramuan tersebut sehari sekali secara teratur sampai mencret mencretnya sembuh.

5. Obat Patek/Puru
 Ambilah kulit kamboja sebanyak 2 sirep kemudian dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Haluskan kulit kamboja tersebut dengan cara ditumbuk sampai benar benar halus. Rebuslah kulit kamboja yang sudah dihaluskan dengan air secukupnya sampai mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk mandi.

6. Mengatasi Sakit Gigi Berlubang
 Sakit gigi terjadi lantaran beberapa faktor dan salah satu penyebabnya yaitu lantaran gigi berlubang. Untuk mengatasi sakit gigi balasan gigi berlubang mampu diobati memakai materi alami dari tanaman bunga kamboja. Caranya sangat praktis yaitu cukup dengan mengambil getah dari pohon bunga kamboja kemudian teteskan pada kapas dan gunakan kapas tersebut untuk mencocok gigi berlubang.

 Selain manfaat diatas, bunga kamboja juga juga bermanfaat untuk :

1. Meredakan batuk
2. Mencegah pingsan yang diakibatkan oleh hawa panas
3. Menurunkan demam
4. Memperlancar buang air besar

 Bunga Kamboja kalau dimanfaatkan dengan baik ternyata mampu mengatasi berbagai penyakit yang menyerang tubuh kita. Selain itu bunga kamboja juga menjadi salah satu alternatif untuk obat tradisional alami yang baik dan ampuh.

Tampilkan Komentar